Waspada Dislokasi Lutut bagi Para Penyuka Olahraga Lari

Bagi penggemar olahraga lari atau bahkan sangat getol mengikuti ajang marathon run, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah dislokasi lutut.

Di samping manfaat olahraga lari yang cukup beragam bagi kesehatan organ tubuh, seperti paru-paru, menguatkan tulang dan otot, serta mengurangi berat badan tubuh, ternyata seseorang juga rentan mengalami dislokasi lutut.

Mengenal dislokasi lutut

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap cabang olahraga memiliki risikonya masing-masing, sama seperti olahraga lutut. Risiko dislokasi lutut sepertinya sudah umum di kalangan para pelari. Namun, apakah Anda telah mengetahui benar seperti apa dislokasi lutut ini?

Dislokasi lutut merupakan suatu kondisi yang mana terjadi pergeseran pada bagian tempurung lutut dari posisi normalnya. Salah satu ciri yang umumnya paling dikenali dari kondisi ini, yaitu terdapat bagian lutut yang mencuat keluar dari tempat asalnya.

Kondisi ini tentunya cukup mengkhawatirkan. Terlebih, kondisi ini juga diikuti dengan bengkak di sekitar area lutut dan juga rasa sakit luar biasa ketika menggerakkan kaki.

Bagaimana mengatasi dislokasi lutut?

Walaupun memang terdengar seperti kondisi yang serius, nyatanya tidak semua kasus dislokasi lutut perlu mendapatkan penanganan dengan operasi. Walaupun begitu, berkonsultasi dengan dokter tentu perlu dilakukan.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa nyeri akibat dislokasi lutut adalah dengan mengompresnya menggunakan kantong pemanas dan es batu. Jika Anda tidak memiliki kantung pemanas, maka Anda dapat menggunakan botol yang sudah tidak terpakai kemudian mengisi botol tersebut dengan air hangat. Rasa panas dari air hangat membantu melemaskan otot-otot. Sedangkan, rasa dingin dari es batu dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada lutut.

Bagaimana menghindari cedera saat berlari?

Melakukan pemanasan dan juga peregangan sesaat sebelum berlari, akan membantu Anda mengurangi risiko mengalami cedera yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga perlu memilih sepatu olahraga yang mendukung rasa nyaman ketika dipakai berlari untuk waktu yang lama. Penting juga bagi Anda untuk memelajari teknik berlari yang benar agar terhindar dari cedera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *