Tips Sukses Mengenalkan Makanan Bayi 6 Bulan

Cara mengenalkan makanan bayi 6 bulan, sebenarnya susah-susah gampang. Salah satu langkah pertama dan terbaik dalam mengenalkan MPASI pada bayi adalah dengan mencontohkan sendiri nikmatnya makanan sehat dihadapannya.

Bayi yang melihat orang dewasa makan makanan enak dan menikmatinya cenderung lebih tertarik untuk mengikuti sebagai teladan mereka. Selain itu, coba simak beberapa tips lainnya saat mengenalkan makanan bayi 6 bulan.

1. Pilihlah waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk memberi makan bayi makan adalah ketika mereka sudah berusia 6 bulan. Akan tetapi, beberapa bayi dengan rekomendasi dari dokter diizinkan untuk mendapatkan MPASI sebelum menginjak usia 6 bulan. Pada saat menyusui, Anda dapat mencoba makanan padat saat persediaan ASI Anda mulai rendah (mungkin sore atau malam hari). Anda dapat menawarkan susu formula atau ASI untuk membangkitkan nafsu makan, kemudian kenalkan MPASI secara perlahan. Mulailah dengan satu kali makan per hari, lalu naik menjadi dua (pada saat pagi dan malam) untuk bulan berikutnya Anda dapat meningkatkannya. 

2. Pantau suasana hati bayi

Tidak semua bayi selalu memiliki mood yang bagus ketika makan. Anda harus paham betul perasaan atau suasana hatinya. Mereka bisa saja menolak hingga tidak mau makan ketika suasana hatinya sedang  tidak membaik. Oleh karena itu, pada tahap pengenalan makanan bayi 6 bulan, Anda sebaiknya membiasakan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, rileks dan tidak membuat bayi trauma dengan momen di meja makan.

3. Jangan terburu-buru

Banyak orangtua yang terburu-buru dan tidak sabar untuk memberikan MPASI pada anak. Padahal, tidak semua anak memiliki kesiapan yang sama. Anda harus melihat, apakah bayi sudah menunjukkan ciri-ciri siap untuk makan atau belum. Jika mereka masih menolak sendok yang diberikan, maka ia belum mau menerimanya. Anda harus mencobanya secara perlahan dan jangan memaksakannya.

4. Ajarkan anak duduk tenang

Mengenalkan makanan bayi 6 bulan tidak serta merta dapat berjalan mulus. Anda harus membentuk kebiasaannya, bahkan sebelum mereka menginjak usia 6 bulan. Biasakan anak untuk duduk di kursi makannya sambil menemani Anda makan bersama keluarga. Ia akan melihat bahwa momen makan adalah waktu yang paling menyenangkan. Anda juga harus menunjukkan wajah yang bahagia ketika melahap makanan, terutama sayur. Sehingga anak menjadi tergiur dan tidak sabar untuk ikut mencobanya.

5. Buat beberapa perkenalan

Sebelum mencoba memberikan MPASI pada bayi, Anda dapat melakukan beberapa perkenalan. Taruh sedikit makanan di atas meja atau nampan kursi makan si kecil dan beri kesempatan bayi untuk memeriksanya, meremasnya, menumbuknya, menggosoknya dan bahkan mungkin mencicipinya. Dengan begitu, ketika Anda melakukan pendekatan dengan menggunakan sendok, apa yang Anda tawarkan tidak akan asing sama sekali di mulutnya.

6. Ajak anak mencicipi

Mengenalkan makanan bayi 6 bulan dapat dimulai dengan mengenal konsep memberi makan dengan sendok. Pemberian MPASI bisa sedikit mengejutkan bagi bayi yang baru mencicipinya. ​​Mulailah dengan meletakkan sekitar seperempat sendok teh makanan dengan lembut di ujung lidah bayi. Jika itu tertelan, letakkan seperempat sendok teh berikutnya sedikit lebih jauh ke belakang lidahnya. Pada tahap awal, Anda harus perkirakan makanan yang masuk sama banyaknya dengan yang keluar. Pada akhirnya si kecil akan terbiasa menerima makan dengan sendok dan merespons rasa serta tekstur dengan mulut mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *