Tips Cara Merawat Bayi Prematur

Setiap orang tua pastinya menginginkan yang terbaik untuk buah hati. Namun, terkadang suatu kondisi atau alasan tertentu menyebabkan si kecil mendapatkan tantangan hidup, bahkan jauh sebelum ia melihat dunia. Bayi terlahir prematur merupakan salah satu tantangan tersebut. Yang disebut dengan lahir prematur adalah ketika bayi dilahirkan pada masa kehamilan kurang dari 37 minggu. Perlu diketahui bahwa masa kehamilan normal adalah sekitar 40 minggu, di mana pada masa tersebut organ tubuh bayi telah berkembang secara optimal. Lalu, apa yang terjadi pada bayi prematur dan bagaimana cara merawat bayi prematur? Artikel ini akan membahasnya dengan lebih mendetail. 

Memberi makan, mencegah penyakit, keamanan, cara merawat bayi prematur secara umum sedikit berbeda dibandingkan dengan bayi lain yang lahir pada masa kehamilan normal. Meskipun ia bukan anak pertama Anda, tentunya akan ada sedikit ketakutan tentang bagaimana cara merawat bayi prematur. Beberapa tips yang perlu Anda ketahui di antaranya adalah:

  • Memberi makan bayi prematur di rumah

Bahkan setelah bayi prematur diperbolehkan pulang setelah dirawat di NICU, bayi prematur mungkin masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan cukup kalori untuk bertambah berat badan dengan baik. Bayi prematur membutuhkan berat badan yang baik untuk mendukung pertumbuhan, namun mereka mungkin tidak cukup kuat untuk menyusu atau diberi makan lewat botol. Orang tua mungkin juga tidak tahu seberapa banyak dan seberapa sering bayi prematur perlu mendapatkan makan dan bagaimana cara merawat bayi prematur yang mudah mengantuk untuk makan dengan lebih baik. Konsultasi dengan dokter perihal masalah ini. Setiap bayi membutuhkan perawatan dan pemberian makan yang berbeda. 

  • Menjaga bayi prematur tetap sehat

Karena bayi prematur terlahir lebih dini, beberapa dari mereka akan lebih mudah sakit dibandingkan dengan bayi yang lahir penuh bulan. Bayi prematur berisiko lebih tinggi menderita berbagai kondisi kesehatan, seperti penyakit paru kronis, yang menempatkan mereka dalam risiko menderita infeksi pernapasan; sistem kekebalan tubuh belum matang, yang membuat mereka kesulitan dalam melawan infeksi. 

  • Mencegah SIDS pada bayi yang lahir prematur

Sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) merupakan sebuah tragedy yang sangat buruk. Sayangnya, bayi yang lahir prematur memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat SIDS dibandingkan dengan bayi yang lahir penuh bulan. Meskipun dokter belum tahu apa yang menyebabkan SIDS, mereka tahu bahwa kebanyakan kasus SIDS dapat dicegah dengan mengikuti praktik tidur yang aman. 

Merawat bayi prematur

Dokter sering mencegah bayi lahir prematur dengan memberi ibu obat-obatan tertentu untuk menunda persalinan. Jika kelahiran prematur tidak dapat dihentikan atau bayi perlu dilahirkan secara prematur, dokter kemudian akan mempersiapkan persalinan risiko tinggi. Pada hari-hari dan minggu-minggu pertama kehidupan bayi prematur, perawatan rumah sakit akan berfokus pada mendukung perkembangan organ vital. Bayi dapat diletakkan di inkubator dengan suhu yang terkontrol, dan peralatan pemantau akan memantau detak jantung, pernapasan, dan level oksigen darah bayi. Mungkin akan membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga bulan hingga bayi dapat hidup tanpa bantuan medis. 

Kebanyakan bayi prematur tidak dapat makan lewat mulut karena mereka belum birsa mengkoordinasikan pengisapan dan menelan. Cara merawat bayi prematur dengan kondisi ini adalah dengan memberi mereka nutrisi penting lewat IV atau menggunakan tabung yang dimasukkan lewat hidung atau mulut dan menuju ke lambung. Saat bayi sudah cukup kuat untuk mengisap dan menelan, memberi ia ASI secara langsung atau lewat botol biasanya sudah memungkinkan untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *