Bahaya! Tipe Diabetes ini Bisa Menyerang Anak-Anak

Beberapa tipe diabetes tak hanya menyerang orang dewasa saja. Namun, juga dapat menyerang anak-anak usia 4-7 tahun, hingga usia remaja 10-14 tahun. Penanganan sedini mungkin diperlukan, agar dapat mengembalikan kesehatan anak.

Diabetes adalah kondisi dimana pankreas tidak dapat berfungsi dengan normal, akibat terjadinya proses autoimun. Sehingga, sel pada pankreas yang seharusnya bekerja memproduksi insulin, menjadi terhambat. 

Hal ini berakibat pada menumpuknya gula dalam darah yang nantinya dapat meningkatkan kadar gula darah seseorang dan mengakibatkan seseorang menderita diabetes. Nah diabetes ini dibagi ke dalam beberapa tipe untuk membedakan penyebab, dampak, dan penangannya. Ada dua tipe diabetes yang sudah sering orang dengar, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. 

Namun, ternyata diabetes ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja lho, tetapi bisa juga menyerang anak-anak di bawah usia 14 tahun. Apa saja sih penyebab dan bagaimana cara mencegahnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Diabetes tipe 1 dapat menyerang anak-anak

Kondisi pada tipe 1 ini terjadi akibat sistem imun manusia yang menyerang pankreas (autoimun) menyebabkan rusaknya sel beta yang memproduksi insulin. Sehingga tubuh sulit dalam memproduksi insulin dan memerlukan injeksi insulin dari luar untuk membantu metabolisme tubuh tetap bekerja dengan baik. Insulin ini sangatlah penting karena perannya yang bekerja memproses glukosa agar menjadi energi. Sehingga gula darah tidak menumpuk dalam darah. 

Diabetes tipe 1 jaranglah terjadi jika dibandingkan dengan tipe 2. Terdapat sebanyak 10 persen penderita tipe 1 di seluruh dunia yang penderitanya paling banyak terjadi pada anak-anak.

Meskipun umumnya, tipe 1 menyerang ke segala usia. Namun, anak di usia rentang 4-14 tahun lebih rentan terkena penyakit diabetes tipe 1.

Genetik atau keturunan menjadi faktor utama anak bisa menderita diabetes tipe 1 ini. Apabila Anda mempunyai keluarga yang riwayatnya diabetes, kemungkinan akan mengalami diabetes 1, hal ini akan risiko terhadap keturunan Anda. 

2. Diabetes tipe 2 pada anak

Kondisi yang terjadi pada = tipe 2 ini sama halnya dengan tipe 1. Namun, bedanya diabetes tipe 2 sel beta pada pankreas masih bisa memproduksi insulin, hanya saja jumlahnya yang kurang dari kebutuhan tubuh dan juga insulin berfungsi secara tidak sempurna, menyebabkan glukosa tidak terproses dengan baik.

Biasanya, tipe 2 banyak dialami oleh orang dewasa. Namun, saat ini tipe 2 juga mulai banyak dialami oleh anak-anak maupun remaja. 

Selain disebabkan oleh keturunan dan pola hidup, anak juga bisa terserang diabetes gestasional. Diabetes ini terjadi ketika ibu yang sedang hamil memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi yang nantinya bisa berisiko kepada anak yang dilahirkannya. Beberapa risiko yang mungkin berdampak pada anak seperti, ketika lahir nantinya anak berisiko tinggi menderita penyakit tipe 2, anak bisa mengalami cacat lahir, bahkan anak bisa lahir dalam keadaan meninggal dunia.

3. Pencegahan Agar Anak Tidak Terkena Diabetes

Pada diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah, karena penyakit ini disebabkan dari keturunan dan faktor genetik. Namun, tipe 2 terdapat kemungkinan lebih tinggi untuk dicegah. Hal ini dikarenakan tipe 2 kebanyakan disebabkan oleh pola hidup seperti, berlebihannya berat badan (obesitas), pola makan yang tidak teratur. Beberapa cara yang dapat dicoba untuk mencegah diabetes, seperti:

  • Menjaga dan mengatur pola makan. Mulai dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang menyehatkan. Memakan makanan rendah lemak yang kaya akan nutrisi
  • Rutin melakukan aktivitas fisik. Olahraga bisa menjadi salah satu pencegahan diabetes. Banyak bergerak membantu tubuh untuk mengurangi adanya resiko kenaikan berat badan. Selain berolahraga, bisa juga dengan berjalan-jalan bersama keluarga, teman, maupun hewan peliharaan.
  • Hindari atau kurangi konsumsi minuman kalengan yang kandungannya tinggi akan gula. Konsumsi makanan maupun minuman yang tinggi akan kandungan gulanya, bisa meningkatkan kadar gula darah yang tinggi dan menyebabkan bertambahnya berat badan yang tidak terkontrol dan bisa berlebihan. Beberapa makanan maupun minuman tinggi kadar gula seperti, permen, camilan, soda, dan berbagai minuman dan makanan kemasan instan.

Mengingat bahayanya penyakit diabetes yang dapat menyerang anak-anak dan remaja. Sebaiknya mulai menjaga pola makan dan pola hidup sedari dini untuk mencegah terkenanya penyakit diabetes ini. Yuk, jaga kesehatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *