Tes Corona dengan Rapid Test Antigen, Efektif atau Tidak?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi virus corona. Salah satu tes corona yang cukup umum dilakukan adalah rapid test antigen. Lantas, apakah tes jenis ini cukup efektif untuk mendeteksi keberadaan virus?

Sesuai namanya, rapid test memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan Covid-19 secara cepat. Jenis tes corona ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri apabila dibandingkan dengan jenis tes Covid-19 lainnya. 

Seberapa akurat tes corona dengan rapid test antigen?

Pemeriksaan corona dengan rapid test antigen memungkinkan Anda untuk melakukan pemeriksaan secara cepat. Tidak ada proses pengujian sampel di laboratorium yang biasanya bisa memakan waktu hinga beberapa hari. 

Hanya dalam hitungan menit saja, hasil dari tes ini sudah dapat Anda lihat. Karena kemudahan dan kecepatannya, rapid test antigen bisa dilakukan di rumah, apotek, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya. 

Perlu diketahui, antigen merupakan zat atau racun dalam darah yang memicu tubuh untuk melawannya, seperti bakteri atau virus. Adanya antigen dalam darah Anda akan memicu sel darah putih untuk berusaha melawan penyakit. Sel darah putih ini kemudian akan menghasilkan antibodi yang berfungsi untuk melawan antigen tersebut.

Tes corona dengan rapid test antigen dilakukan dengan mendeteksi keberadaan antigen tersebut. Apabila dibandingkan dengan tes laboratorium, rapid test antigen ini dianggap kurang efektif. 

Karena, tes laboratorium melibatkan pemeriksaan sampel dengan mendeteksi lebih banyak jumlah virus. Pada rapid test antigen, bisa saja pemeriksaan melewatkan kemungkinan adanya virus karena jumlahnya tidak tedeteksi sepenuhnya. 

Meski begitu, tes ini cocok digunakan untuk pemeriksaan sementara atau saat Anda memerlukan pemeriksaan secara cepat. Biasanya, orang-orang yang sudah melakukan rapid test antigen dianjurkan untuk tetap melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebagai upaya antisipasi. 

Bagaimana proses rapid test antigen?

Tes corona melalui rapid test antigen akan dilakukan dengan pengambilan sampel. Pengambilan sampel itu akan dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Memastikan tidak ada sumbatan pada hidung dengan menarik dan menghembuskan napas selama beberapa saat
  2. Mendongakkan kepala sedikit ke arah atas
  3. Petugas medis mengambil sampel menggunakan alat swab yang menyerupai cutton bud melalui lubang hidung 
  4. Sampel akan dioleskan ke alat strip khusus untuk pengujian antigen
  5. Tunggu selama beberapa menit, lalu lihat hasil pemeriksaan pada alat tersebut

Ada dua kemungkinan hasil dari tes corona ini, yaitu hasil positif maupun hasil negatif. Hasil positif menandakan bahwa ada virus corona yang terdeteksi di dalam darah Anda. Sementara, hasil negatif mengindikasikan sebaliknya. 

Akan tetapi, hasil ini tidak bisa dipastikan sepenuhnya. Terkadang, rapid test antigen bisa saja menunjukkan hasil positif meskipun sebenarnya Anda tidak terinfeksi corona. Hal ini bisa terjadi karena alat rapid test mendeteksi antigen dari virus lain yang ada di dalam tubuh Anda. 

Sementara, hasil negatif juga bisa saja menunjukkan hasil yang keliru. Karena, alat rapid test mungkin saja gagal mendeteksi virus karena jumlahnya hanya sedikit pada sampel yang diambil. Rapid test cocok dilakukan apabila Anda ingin melakukan pemeriksaan cepat dalam perjalanan, atau saat Anda ingin memastikan kesembuhan diri dari virus Covid-19. Tapi, apabila tes corona ditujukan untuk mendeteksi infeksi, mungkin Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan melakukan jenis tes lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *