Teknik Pijat Bayi Aman Menggunakan Minyak Telon Zwitsal

Memberikan pijat untuk bayi bisa membawa berbagai manfaat. Sentuhan lembut tangan Anda akan membuat bayi merasa dicintai, nyaman, dan tenang. Selain memperkuat ikatan antara ibu dan anak, pijat bayi juga berguna untuk pertumbuhan dan mengatasi masalah kesehatan seperti kembung. Nah, saat ini Anda bisa melakukan pijat bayi sendiri di rumah dengan menggunakan minyak telon Zwitsal.

Minyak telon Zwitsal dapat mencegah gigitan nyamuk pada bayi.

Minyak telon Zwitsal memiliki kandungan minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa. Komposisinya dibuat dengan sangat tepat sesuai dengan kebutuhan bayi supaya minyak telon tidak terlalu panas di kulit bayi dan tidak menyebabkan iritasi. Ketika dioleskan pada perut dan dada, minyak telon Zwitsal akan membantu bayi merasa lebih hangat, membantu mengatasi perut kembung, serta memperlancar peredaran darah bayi. Oleh karena itu, sangat cocok digunakan sebagai pendamping untuk pijat bayi. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan yaitu cara memijat bayi dengan aman dan benar. Supaya bayi merasa nyaman ketika dipijat, ada beberapa teknik pijat yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

Pijat Bagian Kepala

Anda bisa memulai memijat bayi dari kedua sisi kepala menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar. Pijat secara perlahan dan lembut. Kemudian menuju pelipis, hidung, serta telinga. Sembari memijat, Anda bisa mengajak ngobrol si Kecil sambil sesekali mengusap kepalanya. Ini bermanfaat untuk membangun dan meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi.

Pijat Bagian Bahu dan Lengan

Selanjutnya, beralih memijat bagian bahu dan lengan. Setelah mengusap minyak telon Zwitsal pada telapak tangan Anda, pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan, lalu mulai memijat secara perlahan menggunakan tangan yang lain. Pijat dari pergelangan tangan ke atas bahu juga arah sebaliknya. Gunakan teknik gerakan memutar dari pangkal sampai pergelangan tangan. Selanjutnya, pijat dan gosok dengan lembut bagian punggung tangan, telapak tangan, dan jari-jari dengan ibu jari Anda. Lakukan secara bergantian pada lengan yang lain.

Pijat Bagian Perut dan Dada

Letakkan kedua telapak tangan Anda yang sudah diolesi minyak telon Zwitsal di dada bayi, lalu usap ke arah samping dengan lembut. Kemudian usap kembali ke arah sebaliknya dan ulangi hingga beberapa kali. Untuk bagian perut, pijat bayi secara lembut dengan gerakan melingkar mengikuti arah jarum jam. Selanjutnya, Anda bisa memijat perut bayi secara diagonal menggunakan ujung jari dari satu sisi ke sisi lainnya. Pastikan untuk terus melakukan kontak mata dengan bayi agar dia merasa nyaman.

Pijat Bagian Kaki

Sama seperti memijat bagian lengan, gunakan satu tangan Anda untuk memegang tumit bayi dan satu tangan lainnya untuk memijat bayi. Jangan lupa juga untuk menggunakan minyak telon Zwitsal untuk memberi kehangatan dan menjaga kulit bayi supaya tetap lembut. Mulai pijat dari atas paha hingga pergelangan kaki secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut dari arah sebaliknya dan ulangi sampai beberapa kali. Kemudian dilanjutkan dengan memijat punggung kaki dan telapak kaki serta jari-jari kaki dengan menggunakan ibu jari.

Pijat Bagian Punggung

Tahap terakhir, balikkan tubuh bayi Anda menjadi posisi tengkurap. Pijat punggung mulai dari leher hingga bagian pantat dan arahkan ujung jari Anda di kedua sisi tulang belakang. Kemudian, akhiri sesi pijat bayi dengan memberikan usapan panjang dari bahu hingga kaki dengan lembut. Anda juga bisa berterima kasih pada bayi setelahnya karena sudah mau dipijat dan menghabiskan waktu bersama.

Selain teknik di atas, perlu diingat waktu yang tepat untuk memijat bayi. Jangan memijat bayi setelah menyusuinya karena bisa menyebabkan bayi muntah. Tunggu sekitar 45 menit sampai satu jam setelahnya. Selalu ingat untuk melakukan pijatan menggunakan minyak telon Zwitsal secara perlahan dan lembut agar bayi nyaman. Memberi tekanan pada tubuh bayi dan terlalu kencang memijat bisa membuat bayi tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *