Selain Intrizin, Inilah Obat Untuk Mengatasi Alergi

Intrizin merupakan salah satu obat untuk mengatasi alergi yang termasuk dalam golongan obat keras. Intrizin mengandung cetirizine HCl. Kandungan ini memiliki peran untuk mengatasi alergi pada kulit seperti bintik kemerahan, biduran, dan juga obat yang bisa digunakan untuk mengatasi pembengkakan di tenggorokan atau saluran nafas akibat terjadinya batuk pilek.

Cetrizine HCl yang terdapat di dalam Intrizin berperan untuk mencegah pembentukan senyawa histamin yang menjadi penyebab dari munculnya rasa gatal pada alergi tersebut. Nah, Intrizin sendiri tersedia dalam bentuk sirup, tetes dan tablet.

Obat – obatan untuk mengatasi alergi seperti Intrizin ini terjual secara bebas di pasaran. Anda bisa menemukannya di apotek terdekat ataupun di marketplace kesehatan. Obat – obat ini tidak perlu dikonsultasikan dengan dokter tetapi jika Anda memiliki riwayat penyakit lainnya, sebaiknya diskusikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Berikut ini ada beberapa obat untuk mengatasi alergi Anda yang tidak memerlukan resep dari dokter dan bisa didapatkan di pasaran.

  1. Obat alergi antihistamin

Obat ini bekerja untuk menghambat produksi histamin yang dihasilkan oleh sistem imun untuk melawan alergennya. Bentuk dari zat inilah yang membuat hidung, mata, dan kulit Anda menjadi bengkak saat alergi muncul. Obat antihistamin sendiri terbagi menjadi dua yaitu generasi pertama dan kedua. Efek dari obat ini tidak bisa bertahan lama sehingga Anda harus meminumnya berulang kali sampai sembuh.

  1. Obat alergi dekongestan

Obat ini khusus untuk mengatasi gejala alergi yang terjadi pada hidung. Dekongestan bekerja dengan mengecilkan bengkak pada pembuluh darah di saluran pernapasan. Pembengkakan yang terjadi inilah yang membuat sel – sel hidung memproduksi lendir lebih banyak. Meski begitu, penggunaan semprotan hidung dekongestan ini tidak boleh dilakukan lebih dari tiga hari.

  1. Kortikosteroid

Untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi akibat reaksi terhadap alergi, Anda lebih baik menggunakan kortikosteroid. Obat ini juga akan sangat membantu Anda untuk meringankan hidung tersumbat, hidung berair, hingga gatal pada wajah.

  1. Mast cell inhibitor/stabilizer

Jika Anda mengalami gejala rhinitis alergi dan alergi mata, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan mast cell stabilizer. Obat ini juga bisa mengatasi Anda yang mengalami terkena gejala asma, anafilaksis dan eksim. Akan tetapi jika Anda mengonsumsi obat ini akan muncul efek samping seperti ruam pada kulit, iritasi tenggorokan sampai batuk.

  1. Obat lotion alergi calamine

Calamine adalah obat yang bekerja dengan mengeluarkan sensasi dingin saat bersentuhan dengan kulit yang sedang dalam kondisi meradang. Obat jenis ini biasanya terdapat campuran zinc oksida, besi oksida dan bahan – bahan inaktif yang telah dimurnikan, gliserin dan obat anti gatal.

  1. Leukotriene inhibitor

Leukotriene menjadi salah satu penyebab reaksi alergi selain histamin. Zat ini akan membuat saluran pernapasan menjadi lebih sempit dan membuat produksi lendir menjadi lebih banyak. Akibat kondisi ini, gejala alergi yang muncul adalah hidung mampet, bersin hingga sesak napas. Leukotriene inhibitor bekerja untuk menghambat pelepasan leukotriene yang ada di dalam tubuh.

Meski pun sangat membantu, obat ini juga memiliki efek samping seperti  sakit perut, sakit kepala hingga gejala mirip flu.Nah, itulah beberapa jenis obat yang bisa Anda dapatkan di pasaran selain Intrizin. Jadi, jika Anda mengalami alergi tidak perlu bingung lagi, obat apa yang harus Anda konsumsi.

Sebelum membelinya, cobalah untuk membaca petunjuk dan kandungan yang terdapat di dalam kemasan dan sesuaikan dengan kondisi alergi yang Anda alami. Jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara daring melalui SehatQ sekaligus membeli obatnya di website atau aplikasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *