Seberapa Efektifkah Pil KB Darurat Mencegah Kehamilan?

Alat kontrasepsi sering kali digunakan pada saat berhubungan seksual dalam mencegah kehamilan. Beberapa alat kontrasepsi yang sering digunakan, seperti kondom, IUD hingga pil KB darurat. Beberapa alat kontrasepsi tersebut memiliki efektifitas yang berbeda-beda dalam mencegah kehamilan. 

Lalu bagaimana dengan efektivitas atau seberapa baikkah pil KB darurat dapat bekerja? Nah, artikel berikut akan membahas bagaimana alat kontrasepsi ini efektif dalam mencegah kehamilan dan bagaimana cara kerjanya!

Apa itu pil KB darurat?

Alat kontrasepsi darurat atau pil KB darurat merupakan salah satu cara untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seks tanpa kondom. Kontrasepsi ini sering kali disebut pil pencegah kehamilan, pil kontrasepsi darurat adalah pil yang dapat diminum hingga 120 jam (5 hari) setelah berhubungan seks tanpa kondom. Beberapa jenis kontrasepsi darurat bekerja paling baik bila diminum dalam 72 jam (3 hari) setelah berhubungan seksual. 

Fakta singkat kontrasepsi darurat

  • Kontrasepsi darurat dapat mencegah lebih dari 95% kehamilan jika diminum dalam 5 hari setelah hubungan seksual
  • Kontrasepsi darurat dapat digunakan dalam situasi berikut: Hubungan seksual tanpa pelindung, kekhawatiran tentang kemungkinan kegagalan kontrasepsi, penggunaan kontrasepsi yang salah, dan kekerasan seksual jika tanpa perlindungan kontrasepsi. 
  • Metode kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) yang mengandung tembaga dan pil kontrasepsi darurat
  • IUD bantalan tembaga adalah bentuk kontrasepsi darurat paling efektif yang tersedia

Seberapa efektifkah pil KB darurat mencegah kehamilan?

Sulit untuk mengetahui berapa banyak kehamilan yang dicegah oleh pil darurat, karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti berapa banyak wanita yang akan hamil jika mereka tidak meminumnya. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa dari 1.696 wanita yang menerima pil KB darurat dalam 72 jam setelah berhubungan seks, 37 wanita menjadi hamil dan 1.659 tidak. 

Dari 203 wanita yang meminum pil darurat antara 72 dan 120 jam setelah berhubungan seks tanpa kondom, terdapat tiga kehamilan. Namun, jika Anda tidak menginginkan kehamilan, penting untuk langsung menggunakan kontrasepsi darurat setelah berhubungan seks. Semakin cepat menggunakannya setelah berhubungan maka akan semakin efektif penggunaannya. 

Apakah pil KB darurat mempengaruhi menstruasi? 

Setelah meminum pil kontrasepsi darurat, kebanyakan wanita akan mengalami menstruasi normal pada waktu yang diharapkan. Namun, Anda mungkin mengalami menstruasi lebih lambat atau lebih awal dari biasanya. 

Jika menstruasi Anda terlambat lebih dari tujuh hari, atau sangat ringan atau lebih pendek waktunya, segera hubungi dokter untuk memeriksakan lebih lanjut, apakah ada kehamilan atau tidak. 

Apakah pil KB darurat dapat membantu mencegah PMS?

Tidak. kontrasepsi darurat tidak dapat melindungi Anda dari Penyakit Menular Seksual (PMS). Pasangan yang berhubungan seks harus selalu  menggunakan kondom untuk melindungi dari PMS bahkan saat menggunakan metode kontrasepsi lain. 

Adakah efek samping dengan kontrasepsi ini?

Pil KB darurat dapat menyebabkan beberapa efek samping kecil selama beberapa hari, termasuk:

  • Mual 
  • Muntah
  • Nyeri payudara
  • Sakit kepala
  • Perdarahan vagina yang tidak teratur
  • Kelelahan 

Ini biasanya kecil, dan sebagian besar membaik dalam 1 hingga 2 hari. Periode menstruasi seorang gadis mungkin tidak teratur untuk sementara setelah dia menggunakan pil kontrasepsi darurat. 

Pil KB darurat dapat Anda gunakan untuk mencegah kehamilan karena keefektifannya. Jadi tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan pil KB di rumah Anda untuk digunakan pada saat diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *