Resep Cemilan Ibu Hamil yang Mudah Dibuat di Rumah

Rasa lapar yang sering melanda ibu hamil adalah hal yang umum terjadi selama kehamilan. Rasanya makanan yang masuk tidak pernah bisa memuaskan perut. Cemilan bisa jadi penyelamat, tapi hati-hati karena kudapan yang tidak menyehatkan bisa meningkatkan risiko obesitas pada ibu hamil. 

Dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat, ibu bisa membuat sendiri cemilan ibu hamil yang menyehatkan di rumah. Tentu saja cemilan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan harian dan membawa manfaat bagi ibu dan bayi. 

  1. Sereal gandum, sederhana dan mudah dibuat

Siapa bilang sarapan adalah waktu yang paling pas untuk mengonsumsi sereal? Sereal juga tak kalah enak dinikmati di sela-sela makan pagi dan siang. Apalagi dengan campuran susu rendah lemak yang bisa membuat ibu lebih berenergi.

Pilihlah sereal gandum utuh dengan kandungan gula kurang dari 10 gram dan minimal 3 gram serat per sajian. Lalu campurkan dengan susu rendah lemak favorit ibu (bisa rasa coklat atau vanila). Menambahkan beberapa iris buah segar juga bisa membuat tampilan semangkuk sereal jadi lebih cantik dan lezat dinikmati.  

  1. Smoothie buah dan susu: Lezat, sehat, dan mengenyangkan

Resep cemilan ibu hamil sederhana selanjutnya adalah smoothie. Ibu bisa membuat smoothie dari satu atau lebih buah dengan rasa yang lebih nikmat. Misalnya, pisang beku, almond, dan susu ketika ibu mual. Atau jika ingin lebih kaya rasa, cobalah haluskan ceri beku dengan bubuk kakao, mangga dengan nanas, atau buah beri dan selai kacang. 

  1. Yogurt dan buah, kombinasi probiotik terbaik

Ibu hamil sering berhadapan dengan gangguan pencernaan, terutama sembelit. Mengonsumsi makanan yang tinggi probiotik seperti yogurt dapat membantu melancarkan BAB. Apalagi jika ditambah dengan buah-buahan yang tinggi serat. Selain sistem pencernaan, ibu bisa mendapat banyak manfaat dari kombinasi keduanya.

Pilih yogurt polos (tanpa gula dan penambah rasa), lalu campurkan dengan potongan buah segar seperti mangga, apel, atau buah beri. Ibu juga bisa menambahkan sedikit granola untuk mendapatkan sensasi crunchy sekaligus meleleh ketika dimakan. 

  1. Buncis panggang, rasanya tak semenyeramkan yang dibayangkan

Jika ibu mengidam makanan gurih, sebaiknya coba buncis panggang. Kudapan ini memiliki rasa renyah dan gurih seperti keripik. Bedanya, buncis lebih kaya akan protein, serat, dan zat besi. 

Untuk membuatnya, pilih buncis berukuran agak besar lalu cuci terlebih dahulu. Marinasi dengan minyak zaitun, sedikit garam dan lada, atau dengan bumbu favorit ibu. Setelah itu panggang dengan microwave atau teflon hingga gurih. Santap dengan tomat ceri dan beberapa kubus keju feta agar lebih nikmat.

  1. Telur rebus

Telur mengandung protein dan sumber vitamin D yang baik untuk membantu membangun tulang dan gigi bayi dalam rahim. Telur rebus bisa dijadikan sebagai camilan, namun karena mengandung kolesterol sebaiknya batasi konsumsi telur sebagai kudapan saat hamil.

  1. Susu hangat kayu manis, pas dinikmati saat dingin

Segelas susu hangat paling pas diminum ditengah musim hujan. Susu merupakan sumber kalsium yang baik, dan menurut National Sleep Foundation susu bisa membantu menenangkan tubuh. Campurkan sedikit bubuk kayu manis untuk memberikan rasa manis yang berbeda. Ibu juga bisa mencoba rempah lain seperti pala atau kapulaga. 

Selain keenam inspirasi kudapan di atas, ibu juga bisa membuat sendiri resep cemilan ibu hamil menyehatkan dari makanan favorit ibu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *