Mencegah Rambut Bayi Rontok, Apa Bisa?

Rambut bayi rontok kerap kali membuat Anda sebagai orang tua menjadi stres. Akan banyak asumsi yang berkeliaran di benak Anda mengenai penyebab kerontokan rambut sang buah hati. Walaupun sebenarnya, sampai usia 6 bulan, kerontokan rambut bayi wajar terjadi akibat gesekan ataupun karena kondisi tubuh yang terlalu panas. 

Kekhawatiran Anda tidak sampai di situ. Anda pun mulai berpikiran berlebihan mengenai ancaman kebotakan yang bisa menyerang bayi jika rambutnya terus rontok. Daripada dipusingkan dengan berbagai asumsi tersebut, apakah tidak lebih baik Anda memikirkan cara bagaimana mencegah atau mengurangi rambut bayi rontok? 

Kenyataannya, risiko rambut bayi rontok bisa dicegah dengan cara-cara yang sebenarnya sangat simpel. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi rambut bayi rontok yang tidak jarang bikin panik. 

  1. Jangan Keramas Tiap Hari 

Siapa yang punya kebiasaan mengeramasi buah hatinya setiap dia mandi, bahkan bisa mencapai 2 kali dalam sehari? Kebiasaan yang satu ini justru tidak menyehatkan dan menebalkan rambutnya. Melakukan keramas tiap hari pada bayi justru berpotensi menimbulkan rambut bayi rontok. Ini karena keramas yang terlalu sering mudah membuat rambut dan kulit kepala mengering sehingga menjadi lebih rapuh. Frekuensi ideal untuk bayi keramas sendiri adalah sekitar 2-3 hari sekali. 

  1. Gunakan Sampo Ringan

Sampo bayi tentu tidak boleh disamakan dengan sampo orang dewasa. Anda harus menggunakan sampo bayi yang ringan sehingga rambut rontok bayi bisa dicegah. Bahan kimia pada sampo kenyataannya memang berisiko menimbulkan kerontokan. Semakin berat formulasinya, semakin besar risiko kerontokan. Sementara itu, jika Anda menggunakan sampo bayi berformulasi ringan, kerontokan rambut bisa diminimalkan. Ciri-ciri sampo bayi ringan umumnya yang bisa digunakan langsung pula untuk tubuh, sekaligus memiliki busa yang sedikit. 

  1. Hindari Penggunaan Minyak 

Anda mungkin ingin membuat rambut bayi terlihat rapi, berkilau, dan keren. Anda pun memutuskan menggunakan minyak atau baby’s hair lotion untuk menciptakan keinginan tersebut. Tanpa disadari, penggunaan beragam minyak dan losion akan membuat rambut bayi terlalu lengket dan cenderung mempermudah kerontokan rambut bayi terjadi. Tidak ingin seperti itu, bukan? Jadi mulai sekarang, Anda sebaiknya menyetop penggunaan minyak rambut untuk bayi. 

  1. Pijat Lembut Kepala Bayi

Melakukan pijatan lembut di kepala bayi ketika ia sedang mandi atau keramas akan sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut bayi rontok. Bayi yang cenderung diberi pijatan lembut di area kepala lebih jarang menemui keluhan rambut rontok yang membuat Anda panik. Memijat kepala bayi bisa dilakukan dengan gerakan kedua tangan melingkar di area atas kepala bayi. Pastikan tenaga yang Anda gunakan seminimal mungkin. Ingin mencobanya sendiri? 

  1. Hati-hati Pilih Sisir 

Rambut bayi rontok nyatanya bisa juga dipicu oleh sisir yang biasa Anda gunakan untuknya. Sisir dengan bulu yang terlalu kasar atau keras akan mudah menarik rambut bayi sehingga kerontokan sulit dicegah. Coba ganti sisir untuk bayi Anda dengan model bulu yang lebih halus. Pastikan pula bagian ujung bulu sisi tidak tajam sehingga tidak berisiko mengelupas kulit kepala yang ujung-ujungnya akan menyebabkan rambut bayi rontok semakin parah. 

  1. Kurangi Frekuensi Menyisir 

Tidak hanya keramas yang terlalu sering yang bisa membuat rambut bayi rontok. Terlalu sering menyisir rambut bayi juga rentan menyebabkan kerontokan. Maksimal, rambut bayi disisir adalah dua kali dalam sehari. Semakin banyak Anda menyisir rambut bayi agar terlihat rapi, akan semakin banyak rambut bayi yang rentan tercabut. 

  1. Pakai Topi saat Keluar

Memakaikan topi pada bayi saat sedang berkegiatan di luar ruangan bukan hanya untuk gaya-gayaan. Salah satu fungsi topi pada bayi adalah menghindari kepalanya dari angin. Lebih daripada itu, pemakaian topi juga bisa mencegah rambut bayi rontok. Pasalnya, kondisi panas yang berlebih di ruangan akan mudah membuat rambut kering dan rapuh sehingga kerontokan terjadi. 

Tidak sulit bukan mencegah rambut bayi rontok? Tapi jika rambut bayi terus rapuh secara parah, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter karena ada kemungkinan bayi Anda mengalami gangguan hormon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *