Ikuti Resep Obat Dokter dengan Benar untuk Pencegahan Narkoba

“Penggunaan obat yang sesuai resep dokter menjadi hal yang harus dipatuhi oleh seorang pecandu obat. Berikut ini strategi yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan narkoba.”

Cara terbaik dalam pencegahan narkoba ialah dengan tidak menyentuh hingga menggunakannya sama sekali. Perlu diingat, apabila dokter Anda meresepkan obat yang berpotensi mengakibatkan kecanduan, Anda perlu waspada dan berhati-hati saat mengonsumsi obat tersebut. 

Selalu ikuti resep dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun, apabila Anda merasa sangat perlu untuk mengonsumsi lebih dari dosis obat yang dianjurkan, selalu konsultasikan dengan dokter Anda. 

Saat penggunaan narkoba kambuh lagi, bagaimana cara pencegahannya?

Setelah kecanduan narkoba, Anda sangat berisiko terjerumus kembali dalam pola kecanduan tersebut. Kemungkinan terburuknya, jika Anda mulai menggunakan narkoba, kemungkinan besar Anda akan kehilangan kendali atas penggunaannya lagi. 

Bahkan, jika Anda sudah menjalani pengobatan dan Anda tidak menggunakan obat untuk beberapa waktu. Karena itu, tetaplah dengan rencana perawatan Anda. 

Secara rutin, teruslah pantau keinginan Anda. Hal itu dilakukan sampai Anda merasa sudah pulih dan dan tidak perlu mengambil langkah untuk tetap bebas dari narkoba.

Dengan begitu, peluang Anda untuk bebas narkoba akan jauh lebih tinggi. Jika diperlukan, teruslah menemui terapis atau konselor Anda untuk mengontrol konsumsi obat sesuai resep dokter.

Yang perlu diingat, hindari situasi yang berisiko tinggi. Jangan sampai kembali pada lingkungan tempat Anda mendapatkan narkoba. 

Jika Anda menggunakan obat lagi, segeralah mencari bantuan untuk mendapatkan penanganan yang benar. Apabila hal itu terjadi, bicarakan dengan dokter atau orang yang profesional yang bisa menangani kesehatan mental Anda. 

Untuk penanganannya, kapan harus ke dokter?

Apabila obat-obatan terlarang yang Anda konsumsi di luar kendali atau mengakibatkan masalah yang fatal, segeralah pergi untuk mencari bantuan. Semakin cepat Anda mendapatkan bantuan, itu akan makin berpeluang besar bagi Anda untuk mendapatkan penanganan dengan benar dan pemulihan jangka panjang.

Bicaralah kepada dokter utama Anda atau seorang profesional yang ahli dalam bidang kesehatan mental. Misalnya, dokter spesialis dalam pengobatan kecanduan atau psikiatri kecanduan, bisa juga konselor alkohol dan obat-obatan yang berlisensi.

Buatlah janji dengan dokter jika terjadi hal-hal berikut


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mendapatkan penanganan dari dokter untuk pencegahan narkoba.

– Anda tidak bisa berhenti menggunakan obat-obat terlarang

– Anda harus menggunakan obat meskipun menimbulkan kerugian 

– Penggunaan narkoba telah mengakibatkan perilaku tidak aman seperti berbagi jarum suntik atau melakukan seks bebas tanpa menggunakan pengaman

Kapan harus mencari bantuan darurat?

Apabila Anda belum siap untuk menemui dokter, segera hubungi bantuan atau hotline agar Anda bisa mendapatkan tempat yang tepat untuk menjalani serta mempelajari pengobatan. Selain itu, carilah bantuan darurat jika Anda atau seseorang yang Anda kenal telah menggunakan obat-obat terlarang mengalami efek berikut ini.

  • Overdosis
  • Mengalami kesulitan bernapas
  •  Menunjukkan perubahan kesadaran
  • Memiliki tanda-tanda kemungkinan serangan jantung seperti nyeri dada atau tekanan
  • Mengalami kejang-kejang

Bagaimana jika terjadi reaksi fisik dan psikologis yang mengganggu?

Lakukan intervensi

Secara umum, orang yang berjuang dengan kecanduan obat-obatan terlarang akan menyangkal bahwa penggunaan narkoba mereka bermasalah, tapi enggan untuk mencari pengobatan. Karena itu, melakukan intervensi memberikan kesempatan bagi orang yang disayangi atau orang terdekat bisa membuat perubahan.

Hal itu perlu diterapkan sebelum keadaan menjadi lebih buruk dan bisa memotivasi seseorang untuk mencari atau menerima bantuan yang tepat.

Perlu ditegaskan bahwa intervensi harus direncanakan dengan hati-hati dan dapat dilakukan oleh keluarga dan teman-teman terdekat dengan berkonsultasi ke dokter atau seorang profesional di bidangnya. 

Tentunya, hal tersebut juga melibatkan keluarga dan teman hingga rekan kerja yang sangat peduli dengan orang yang berjuang dengan kecanduan obat-obatan terlarang.

Selama intervensi, orang-orang tersebut berkumpul untuk melakukan percakapan langsung dari hati ke hati terkait konsekuensi kecanduan dan meminta orang yang kecanduan obat tersebut untuk menerima pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *