Penasaran Cara Menentukan HPL USG? Ini Faktanya

Waktu kelahiran menjadi waktu yang paling dinanti-nanti oleh ibu yang sedang hamil. Berbagai cara menentukan hari perkiraan lahir (HPL) pun dicoba guna bisa menebak kapan bisa bertemu dengan sang janin dan apa saja persiapannya. Salah satu metode yang kerap digunakan adalah cara menentukan HPL USG. 

Menentukan waktu HPL dengan tes ultrasonografi dianggap sebagai cara yang paling akurat. Pasalnya lewat USG-lah, dapat dievaluasi mengenai kondisi janin, ukuran, cairan ketuban, juga plasenta yang mengarah ke perkiraan lahir. 

Meskipun demikian, ada sejumlah fakta menarik mengenai cara menentukan HPL USG. Lewat beberapa fakta di bawah, Anda dapat mengerti pentingnya rutin melakukan tes USG sekaligus alternatif apa yang bisa dilakukan untuk menentukan HPL. 

Awal Lebih Akurat 

Banyak orang berpikir lebih baik melakukan tes USG untuk mengecek janin setelah kandungan cukup besar. Alasannya agar bisa melihat bentuk janin secara lebih sempurna. Khusus untuk cara menentukan HPL USG, tidak disarankan pikiran demikian. Ini karena penentuan waktu lahir lewat USG akan lebih akurat jika dilakukan ketika kandungan masih kecil. 

Rentang usia kehamilan yang disarankan untuk melihat HPL lewat USG adalah pada trimester pertama sampai pada usia kehamilan 20 minggu. Dari kisaran tersebut, waktu tertepat menentukan HPL lewat USG adalah sebelum minggu kedelapan. 

Margin of Error 

Anda mungkin sudah cukup percaya diri mengenai ketepatan HPL setelah melakukan cara menentukan HPL USG sejak awal-awal kehamilan. Namun, seberapa cepat pun Anda melakukan tes ini, margin of error akan penghitungan USG tetap ada. 

Rata-rata margin of error dari pengecekan HPL lewat USG berkisar 10—11 hari. Namun dalam sebuah penelitian ditemukan, wanita yang melakukan pengecekan HPL USG pada trimester pertama hanya mengalami perbedaan waktu kelahiran sekitar 5 hari. 

Dapat Terus Berubah 

Cara menentukan HPL USG tidaklah semudah penetapan waktu lahir begitu Anda melakukan tes USG. Umumnya, dokter akan meminta Anda menunggu dan melakukan tes USG lagi di waktu mendatang dalam rentang waktu sebelum 22 minggu. Barulah pada usia kehamilan 22 minggu, dokter akan membicarakan perihal HPL kepada Anda secara lebih serius. 

Ini terjadi karena USG menentukan HPL dengan berbagai ukuran, mulai dari perkembangan janin sampai plasenta. Perkembangan janin pun tidak sama antara satu dengan yang lain dan terus bertumbuh. Kondisi ini paling berpengaruh terhadap perubahan waktu HPL yang tertampil di USG. Pada pemeriksaan terakhir terkait HPL pada usia kandungan 22 minggu, dokter umumnya akan membandingkannya dengan hasil tes USG yang pertama kali Anda lakukan. 

Abdomen atau Vagina 

Ada dua metode USG yang umum dilakukan pada ibu hamil. Pertama adalah USG di abdomen atau perut. Lalu yang kedua adalah tes USG lewat vagina atau yang dikenal sebagai USG transvaginal. Kedua metode ini dapat menjadi cara menentukan HPL USG. Namun khusus untuk transvaginal, metode ini hanya dapat dilakukan ketika usia kandungan masih kecil. 

Metode USG transvaginal umum dilakukan kepada perempuan dengan usia kandungan 7—10 minggu. Dokter lebih menyarankan metode USG ini karena dinilai lebih akurat dalam menggambarkan kondisi janin. Penggambaran yang lebih akurat akan berimbas ke lebih tepatnya waktu lahir yang dapat diperkirakan. 

Dapat Meleset 

Meskipun menggunakan alat USG yang paling canggih sekalipun, HPL yang tertampilkan bisa saja tidak akurat dan meleset jauh dari perkiraan. Besaran nilai melesetnya bahkan bisa jauh dari margin of error. Kondisi ini terjadi apabila ada kelainan perkembangan janin. Waktu yang meleset jauh pun dapat terjadi apabila cara menentukan HPL USG dilakukan lewat dari 18 minggu. 

Karena alasan-alasan tersebutlah, hasil dari USG tidak selalu dijadikan oleh dokter untuk menentukan HPL. Beberapa dokter tetap lebih merekomendasikan penentuan HPL lewat hari pertama haid terlahir yang ditambah dengan 280 hari. Namun, cara menentukan HPL USG juga akan tetap menjadi pertimbangan, khususnya bagi ibu hamil yang memiliki jadwal menstruasi tidak teratur. 

*** 

Cara menentukan HPL USG hanya satu dari banyak cara mempertimbangkan hari kelahiran sang buah hati. Ada banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk melakukan persiapan kelahiran. Namun, selalu konsultasikan semuanya dengan dokter Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *