Pemeriksaan Jantung dengan Obat Dobutamin

Dobutamin adalah obat yang dapat merangsang jantung dan membuat jantung seolah-olah berolahraga padahal kenyataannya seseorang tersebut tidak sedang berolahraga. Pada pemeriksaan ini, dobutamin akan disuntikkan ke tubuh seseorang dan setelahnya orang tersebut akan dimonitor secara ketat.

Jika Anda pernah melihat orang-orang sedang berlari di atas treadmill di rumah sakit, jangan salah kaprah dulu. Hal yang Anda lihat itu, bukan orang yang sedang berolahraga untuk kebugaran tubuhnya, tetapi sedang menjalankan pemeriksaan fungsi jantung yang disebut sebagai stress test. Stress test dengan treadmill atau sepeda statis ini dirancang hanya untuk orang yang mampu melakukannya secara fisik.

Sedangkan, untuk orang yang tidak mampu secara fisik melakukan treadmill atau sepeda statis karena gangguan berjalan dan kelainan sendi, ada upaya lain yang dapat dijalankan.

Stress test

Stress test adalah sebuah pemeriksaan yang dirancang untuk menentukan apakah seseorang memiliki risiko penyakit jantung atau tidak. Fungsi dari tes ini untuk menilai seberapa kuat fungsi jantung seseorang ketika dipaksa melakukan aktivitas berat. Stress test tidak hanya dilakukan dengan menyuruh orang berlari di atas treadmill, namun juga bisa dilakukan dengan sepeda statis.

Adapun tujuan dokter menganjurkan seseorang menjalani stress test adalah untuk:

  • Untuk mengetahui gejala nyeri dada yang dialami seseorang apakah benar sumbernya dari jantung
  • Untuk mengetahui apakah obat jantung yang diberikan kepada seseorang efektif atau tidak
  • Untuk mendeteksi kelainan irama dan katup jantung.

Stress test dengan dobutamin

Ada pemeriksaan yang menyerupai stress test pada umumnya, namun tidak memakai treadmill atau sepeda statis. Pemeriksaan stress test ini menggunakan obat bernama dobutamine. Tujuannya ditujukan bagi orang-orang yang tidak mampu secara fisik berlari di atas treadmill atau menggenjot sepeda statis.

Prinsip pemeriksaan stress test dobutamin ini sama dengan stress test pada umumnya, yaitu memaksa jantung untuk bekerja keras. Pada semua jenis test ini, yang akan dimonitor antara lain irama jantung. Seberapa cepat denyut jantung, dan tekanan darah. Tujuan dilakukan stress test dengan dobutamin ini sama dengan tujuan stress test dengan treadmill atau sepeda statis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *