Tips Memilih Panti Jompo yang Tepat, Apa Saja Syaratnya?

Panti jompo adalah tempat yang memiliki fasilitas perawatan pribadi bagi para lansia. Menurut Health in Aging, umumnya panti ini diisi oleh lansia berusia 85 tahun ke atas dan mayoritas berjenis kelamin wanita.

Selain itu, lansia yang menjalani hari tuanya di panti jompo yang sering disebut juga panti wreda biasanya tidak memiliki pasangan, entah itu karena bercerai, pasangan meninggal dunia, atau bahkan memang tidak pernah menikah. 

Beberapa lansia yang tinggal di panti wreda sebenarnya memiliki keluarga. Akan tetapi, ada beberapa alasan yang menjadikan panti jompo merupakan pilihan yang tepat untuk merawat lansia, antara lain

  • Mengalami disabilitas yang membuat lansia tidak bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri (berjalan, mandi, buang air kecil, dan sebagainya).
  • Menderita gangguan mental tertentu, seperti demensia pada lansia yang lebih dikenal dengan sebutan pikun

Anda mungkin berpikir jika panti wreda tidak memiliki fasilitas memadai untuk merawat anggota keluarga yang sudah lanjut usia. Faktanya, zaman yang semakin berkembang membuat tempat ini juga kian layak dan nyaman untuk ditinggali oleh para lansia. Nah ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari panti jompo yang bisa jadi pertimbangan Anda.

1. Fasilitas medis yang baik

Beberapa panti jompo tidak hanya menawarkan layanan perawatan pribadi, tapi juga layanan medis yang didukung oleh sejumlah elemen berikut ini.

  • Tenaga medis (dokter, perawat) yang cakap
  • Alat-alat medis ortopedi (untuk pemeriksaan tulang, otot, dan persendian tubuh)
  • Pemberian obat-obatan
  • Perawatan luka dan cedera
  • Layanan terapi pernapasan
  • Layanan terapi pasca operasi
  • Layanan terapi mental

2. Lebih terkontrol

Para lansia yang tinggal di sana tentunya akan lebih terkontrol ketimbang mereka tinggal di rumah. Pihak panti tentu saja sudah mengatur segala sesuatunya dengan baik guna menunjang perawatan lansia. Mulai dari kegiatan harian seperti olahraga untuk lansia, pemberian makanan untuk lansia, jadwal minum obat, istirahat, dan lainnya, hal ini akan membuat lansia bisa menjalani masa tua yang teratur.  Jika seorang lansia memiliki kondisi kesehatan tertentu, hal ini tentu akan sangat membantu dalam mengoptimalkan masa pemulihannya.

Terlepas dari beragam fasilitas yang ditawarkan, panti jompo juga tentu memiliki kekurangan jika dibandingkan merawat lansia sendiri, seperti

  • Kegiatan telah diatur sedemikian rupa sehingga mungkin membuat lansia merasa tidak bebas
  • Jadwal yang ketat bisa membuat lansia merasa tidak nyaman, stres, atau bahkan depresi.
  • Beberapa lansia kerap menganggap jika panti jompo adalah pertanda jika mereka sudah tidak dipedulikan lagi oleh keluarga. Hal ini juga bisa memicu stres dan depresi
  • Ada kemungkinan panti wreda tidak memberikan layanan yang optimal sehingga justru membuat lansia tidak senang seperti saat di rumah sendiri.

Panti jompo untuk lansia memang memiliki kelebihan dan manfaat yang baik untuk menunjang kehidupan lansia dalam menjalani hari tua. Namun di sisi lain, tidak bisa dipungkiri bahwa tempat ini juga memiliki kekurangan. Berikut sejumlah tips memilih panti jompo untuk lansia yang perlu Anda ketahui.

3. Minta rekomendasi panti jompo

Anda bisa minta teman, keluarga, kerabat yang berpengalaman menitipkan lansia. Ini untuk memastikan agar panti yang nantinya Anda pilih memiliki kualitas pelayanan yang baik.

4. Sesuaikan dengan kondisi medis lansia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa panti jompo menyediakan fasilitas medis untuk mengobati penyakit yang diderita oleh lansia. Apabila lansia sedang mengalami suatu penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih panti yang dilengkapi oleh fasilitas medis yang dapat menunjang pengobatan atau pemulihan.

5. Cari lokasi yang strategis

Tips memilih panti jompo selanjutnya adalah, usahakan untuk memilih panti yang lokasinya dekat dari rumah, atau setidaknya strategis sehingga mudah untuk dijangkau. 

6. Perhatikan fasilitas yang diberikan

Pastikan juga untuk memperhatikan fasilitas dan layanan yang ditawarkan oleh panti wreda. Ini penting untuk menjamin anggota keluarga yang hendak dirawat sementara di sana merasa nyaman dan aman.

Selain mempertimbangkan dari kelebihan dan kekurangannya, Anda pun perlu lebih teliti dalam memilih panti jompo untuk orang tua atau kerabat terdekat. Anda juga bisa berdiskusi dengan keluarga dan dokter sebelum mengambil keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *