Panduan Simpel Memakai Masker Bedah Terbaik

Masker Bedah Terbaik

Masker seakan menjadi kebutuhan wajib pada masa pandemi seperti sekarang ini. Masker bedah terbaik pun kerap disarankan untuk penggunaan sehari-hari guna meminimalkan kemungkinan paparan virus Covid 19. 

Ada beberapa alasan mengapa masker bedah terbaik untuk menghadapi musim pandemi. Alasan terbesarnya adalah tingkat filter masker bedah yang mampu menangkal virus hingga 90 persen. Namun tentunya, manfaat tersebut baru Anda peroleh jika menggunakan masker bedah secara benar. 

Ya, jangan asal menggunakan masker bedah. Anda mesti betul-betul memperhatikan tata cara pemakaian dan pelepasan masker bedah untuk menghindari paparan virus. Di bawah ini adalah panduan simpel yang dapat Anda ikuti untuk memakai masker bedah terbaik pilihan Anda. 

  1. Awali dengan Cuci Tangan 

Anda tidak tahu apa yang terdapat di tangan Anda, bisa saja sudah ada bakteri atau virus yang menempel ketika Anda hendak memasang masker. Memaksakan untuk langsung memakai masker bedah terbaik sekalipun tanpa membersihkan terlebih dahulu tangan Anda hanya akan membuat virus dan bakteri berpindah dari tangan ke masker, kemudian ke wajah dan dalam tubuh Anda. 

Jadi, jangan lupa untuk mengawali pemakaian masker dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Cuci tanganlah menggunakan sabun dan air bersih setidaknya selama 20 detik. Keringkan tangan Anda dengan handuk kertas bersih barulah Anda bisa memegang masker untuk memakainya. 

  1. Periksa Terlebih Dahulu 

Masker bedah terbaik yang diproduksi oleh pabrik kompeten pun memiliki risiko mengalami kerusakan dalam proses produksinya. Masker yang rusak tentunya tidak bisa memberi perlindungan pada Anda untuk menghalau serangan virus maupun bakteri. 

Karena itu, biasakanlah untuk memeriksa masker terlebih dahulu sebelum memakainya. Hal-hal yang perlu Anda periksa, antara sobekan atau tali yang hilang atau lingkaran telinga yang hilang. Jika ada bagian yang rusak, lebih baik Anda membuang masker tersebut dan mengambil yang baru. 

  1. Jangan Menukar Sisi 

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dalam memakai masker bedah adalah peletakan sisi yang salah. Padahal, jika sisi bagian depan Anda taruh menghadap ke wajah, efektivitasnya untuk menghalau virus dan bakteri akan menghilang. 

Karena itu, pastikan Anda mengetahui mana bagian sisi masker yang seharusnya menghadap ke luar dan mana yang seharusnya menghadap wajah Anda. Sedikit contekan, umumnya bagian luar masker memiliki warna yang lebih gelap daripada bagian dalam.  

  1. Pastikan Tiada Rongga 

Virus dan bakteri tidak hanya bisa memapar Anda dari bagian depan. Mereka juga bisa menginfeksi Anda lewat samping, atas, bawah. Jadi kalau masker bedah terbaik Anda masih memiliki rongga di kanan-kiri ataupun atas dan bawah dari permukaan wajah, Anda masih belum aman dari infeksi virus dan bakteri!

Pastikan setiap memakai masker bedah ataupun masker lain seluruh bagian wajah dari daging sampai batang hidung tertutupi dengan baik. Jangan biarkan ada rongga di bagian samping atau atas dan bawah dari masker tersebut yang bisa menjadi celah masuknya virus maupun bakteri. 

  1. Lepaskan lewat Tali 

Memakai masker bedah terbaik bisa jadi melindungi Anda sepanjang Anda memakainya. Namun, ancaman terinfeksi virus maupun bakteri juga masih ada dalam proses pelepasan masker tersebut. 

Karena itu, Anda juga mesti berhati-hati ketika melepaskan masker bedah terbaik dari wajah. Jangan menyentuh bagian permukaan masker. Lebih baik Anda melepaskan masker dari bagian tali, tanpa menyentuh bagian permukaan luar atau dalam masker karena di dalam sana besar kemungkinan terdapat virus maupun bakteri. Pastikan pula Anda langsung mencuci tangan begitu melepaskan masker dan membuangnya. 

*** 

Memasang masker wajah terbaik tidak sulit, bukan? Memasang masker dengan tepat akan melindungi Anda dari serangan virus dan bakteri secara lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *