Menghindari Masalah Kesehatan dengan Cara Menaikkan Hb Ibu Hamil

Hb atau hemoglobin adalah unsur penting di dalam mekanisme tubuh manusia. Fungsinya mungkin bisa menjadi berkali-kali lipat ketika seseorang tengah mengandung. Masalahnya, banyak ibu hamil memiliki jumlah Hb yang rendah. Cara menaikkan Hb ibu hamil penting agar kelangsungan kehamilan terjamin dan bebas dari masalah kesehatan yang mungkin timbul.

Kekurangan hemoglobin berpotensi besar menyebabkan anemia. Anemia membuat sirkulasi oksigen di dalam tubuh terganggu. Pasalnya, hemoglobin ini adalah protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh. Pada ibu hamil, terganggunya sirkulasi oksigen bisa memberi dampak bagi janin yang tengah dikandungnya.

Di antara masalah turunan dari anemia atau masalah kesehatan lantaran kurangnya kadar hemoglobin tersebut, yang bisa dialami oleh ibu hamil, di antara adalah:

  • Tubuh yang Mudah Lemas

Hb rendah pada ibu hamil juga dapat menyebabkan tubuh lebih mudah untuk menjadi lemas. Hal ini terjadi akibat tubuh yang kekurangan oksigen, sehingga tubuh menjadi kekurangan energi. Gangguan ini dapat mengurangi produktivitas harian karena tubuh sulit untuk digunakan secara maksimal. Maka dari itu, masalah ini perlu segera diatasi agar ibu hamil dapat melakukan aktivitas dengan normal.

  • Sesak Napas

Ibu hamil yang mengalami Hb rendah juga dapat merasakan sesak napas. Masalah ini timbul akibat kandungan oksigen yang kurang pada paru-paru. Dengan begitu, seseorang akan bernapas lebih cepat agar kebutuhan oksigennya terpenuhi. Nah, jika ibu kerap mengalami napas yang terbilang cepat dari biasanya dan mengalami sesak napas, ada baiknya untuk segera memeriksakan ke dokter terkait risiko Hb yang rendah.

  • Berat Badan Lahir Rendah

Selain dirasakan oleh ibu hamil, janin juga dapat terdampak oleh masalah Hb tersebut. Disebutkan jika gangguan anemia defisiensi zat besi jika tidak segera diatasi dan menjadi lebih parah saat kehamilan, terutama di dua trimester pertama, maka peningkatan risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah bisa terjadi. Maka dari itu, pastikan ibu selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

Sebenarnya menaikkan kadar Hb pada ibu hamil terbilang mudah. Seseorang tinggal mengonsumsi sejumlah makanan tententu. Umumnya, Hb rendah atau anemia pada ibu hamil dapat dipetakan menjadi 3 penyebab utama, yakni kekurangan zat besi; kekurangan asam folat; dan kekurangan vitamin B12.

Jika ibu hamil mengalami anemia karena kekurangan zat besi, mereka dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, mulai dari daging merah, ikan, hingga telur. Adapun produk nabati yang bisa mningkatkan hemoglobin adalah produk kedelai, buah-buahan kering, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Cara menaikkan Hb ibu hamil ini tentu mudah sekali dipenuhi, sebab hampir sebagian besar makanan “normal” yang dikonsumsi orang Indonesia sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi syarat tersebut. Tinggal kembali lagi ke tiap-tiap individu, mereka mau dan mampu untuk memenuhinya atau tidak.

Sementara ibu hamil yang anemianya disebabkan kekurangan asam folat, mereka tinggal mengonsumsi nasi, daging, bayam, alpukat, hingga selada. Selain dapat menaikkan kadar hemoglobin, memenuhi asam folat juga baik bagi perkembangan janin, utamanya untuk perkembangan otak janin.

Adapun ibu hamil yang mengalami anemia karena kekurangan vitamin B12, produk olahan susu, mulai dari keju hingga yogurht sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka.  Sebenarnya, masing-masing nutrisi tersebut saling berkaitan dalam menyebabkan anemia. Hampir sebagian besar bahan makanan yang disebutkan di atas pun sudah mengakomodir ketiga nutrisi penting tersebut.

Artinya dengan sekali konsumsi, ibu hamil bisa langsung mendapatkan tiga nutrisi penting untuk kehamilan tersebut sekaligus. Namun, perlu diketahui bahwa ada masalah-masalah kesehatan lain yang mungkin menyebabkan anemia pada ibu hamil. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Mungkin, dari sana dokter juga akan memberikan cara menaikkan Hb ibu hamil menurut sudut pandang medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *