Manfaat Minyak Canola Untuk Memasak

Banyak masakan yang memerlukan minyak baik dalam proses memasaknya, bahkan sebagian besar perlu minyak. Minyak tersebut bisa didapatkan dari sayuran atau nabati atau dari lemak hewani. Minyak canola adalah salah satu minyak sayur yang juga bisa digunakan sebagai minyak goreng untuk memasak.

Apa itu minyak canola dan apa saja manfaat minyak canola untuk memasak, berikut penjelasannya. 

Apa itu Minyak Canola?

Minyak canola adalah minyak yang terbuat dari biji canola yang dihancurkan. Minyak ini digadang-gadang menjadi salah satu minyak terbaik untuk kesehatan jantung. Minyak canola memiliki lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan minyak lain yang biasa digunakan. Mengurangi lemak jenuh membantu menurunkan kadar kolesterol Anda.

Minyak canola dapat dipanaskan hingga berbagai suhu, dan memiliki rasa yang netral. Karena kelebihan itu, minyak canola menjadi minyak goreng favorit bagi banyak orang. Minyak canola secara luas dianggap sebagai minyak sehat karena kadar lemak jenuh yang rendah dan tinggi lemak tak jenuh tunggal.

Lebih baik membatasi jumlah lemak jenuh dalam diet Anda. Kelemahan utama minyak canola adalah merea tak berasal dari tumbuhan alami. mereka dibuat dengan persilangan dan sebagian besar minyak canola diproduksi dari tanaman yang dimodifikasi secara genetik (juga dikenal sebagai GMO).

Meskipun ini tidak serta merta membuat minyak menjadi pilihan yang tidak sehat, beberapa transgenik disemprot dengan bahan kimia yang dapat berbahaya bagi manusia, termasuk mereka yang sensitif.

Minyak ini sendiri masih mengandung banyak kontroversi karena kandungan yang didalamnya dan apakah aman atau tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Manfaat Minyak Canola

Minyak canola memiliki lemak tak jenuh yang sangat tinggi yang lebih sehat. Mereka lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 asam alfa-linolenat (ALA) daripada minyak lainnya. ALA sangat penting untuk ada dalam diet Anda karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya.

Studi menunjukkan bahwa ALA dapat membantu melindungi jantung melalui efeknya pada tekanan darah, kolesterol, dan peradangan. FDA memberi izin pada produsen minyak canola dengan memberi label produk mereka yang menyatakan klaim kesehatan yang memenuhi syarat, yaitu bukti ilmiah untuk mengganti lemak jenuh dengan jumlah minyak canola yang sama dapat mengurangi risiko penyakit jantung masih “terbatas dan tidak meyakinkan”.

Minyak Canola untuk memasak

Karena rasanya yang ringan, titik asap yang tinggi, dan tekstur yang halus, minyak canola adalah salah satu minyak goreng yang paling serbaguna. Anda dapat menggunakannya dalam beberapa hidangan dan metode memasak, seperti:

  • Sebagai minyak goreng untuk menumis dan memanggang
  • Dalam saus salad, saus, dan bumbu-bumbu
  • Untuk melapisi wajan saatu memanggang sebagai anti lengket 
  • Pengganti lemak padat, seperti margarin dan mentega dalam resep

Memanggang kue dengan Minyak Canola

Minyak canola ringan, bening, dan memiliki rasa ringan yang tidak mengganggu rasa makanan yang dipanggang. Ini menyatu dengan mudah dengan bahan lain sehingga masakan yang dihasilkan lembab dan bertekstur lembut.

Minyak Canola yang rendah lemak jenih dan tidak mengandung lemak trans juga bisa menggantikan minyak lain dalam resep kue atau masakan Anda. Tapi minyak ini akan lebih cocok untuk kue seperti bolu yang bertekstur lembut dibanding untuk kue kering. 

Salad dan Vinaigrette dengan Minyak Canola

Warna, tekstur, dan rasa yang ringan pada minyak canola sangat ideal untuk vinaigrette atau saus salad. Ini memungkinkan mulut terasa halus tanpa berat. Proporsi tradisional yang biasa digunakan, yaitu 3 sampai 4 bagian minyak untuk 1 bagian cuka, cobalah rasio 2:1. Blender minyak canola dan cuka, lalu tambahkan bumbu lain, seperti garam, merica, bawang putih, mustard, jahe. Anda juga bisa mengganti cuka dengan jus lemon, jeruk nipis atau jeruk untuk cuka.

Memanggang dengan Minyak Canola

Saat hendak memangang daging atau barbeque, Anda mungkin akan menambahkan bumbu-bumbu, seperti minyak, asam, dan rempah-rempah, garam, lada, dan sedikit pemanis. Minyak membantu makanan mempertahankan kelembapan, dan minyak canola dengan rasanya yang ringan memungkinkan rasa bumbu marinade (bawang putih, mustard, rempah-rempah) mendominasi rasa masakan.

Untuk menambah rasa, daging dapat diolesi dengan bumbu, tetapi berhentilah mengolesinya setidaknya 5 menit sebelum dimasak untuk menghilangkan kemungkinan bakteri dari daging mentah.

Jangan memasak daging tanpa lemak, unggas, dan makanan laut terlalu lama karena akan cepat kering. Bumbu berbasis minyak diperlukan untuk menjaganya tetap lembab dan berair selama memasak.

Manfaat minyak canola adalah salah satunya sebagai bahan masakan karena dinilai memiliki lemak jenuh yang sedikit dan tanpa lemak trans. Ini dapat digunakan untuk memanggang, menumis, atau menjadi bahan membuat mayonaise. 

Meski demikian, minyak canola juga dinilai memiliki kadar omega 6 yang tinggi sehingga penggunaannya masih kontroversial. Anda dapat mencari alternatif lain untuk memasak dengan beberapa minyak sehat lainnya, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat untuk menggoreng, dan minyak biji rami atau minyak kenari untuk membuat dressing salad.

Temukan lebih banyak tentang minyak canola di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Anda juga dapat berdiskusi seputar topik ini bersama dokter. Download aplikasinya sekarang di App Store atau Play Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *