Manfaat Konsumsi Balsamic Vinegar Agar Tubuh Lebih Sehat

Pernahkah Anda mendengar produk bahan makanan bernama balsamic vinegar atau cuka balsamik? Mungkin balsamic vinegar terasa asing bagi sebagian orang, namun siapa sangka jika cuka balsamik ini sering digunakan untuk makanan. Penggunaan untuk salad dressing cukup banyak digemari masyarakat. Dalam pembuatannya, cuka balsamik harus mengalami proses yang sangat panjang. Terbuat dari jus anggur yang kemudian difermentasi selama berbulan-bulan, warna dari cuka balsamik yaitu coklat tua dengan rasa asam yang unik. Tak heran jika harga dari cuka yang satu ini cukup mahal. Lantas, apakah ada manfaat dari cuka balsamik ini?

Manfaat balsamic vinegar untuk makanan

Seperti yang diketahui sebelumnya, cuka balsamik seringkali digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Tentunya penggunaan balsamic vinegar pada makanan bisa memberikan manfaat tersendiri. Salah satunya adalah meningkatkan citarasa sehingga lebih lezat dan unik ketika dirasakan lidah.  Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang mengandung cuka balsamik bisa memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Pasalnya, cuka ini bisa menjadi sumber nutrisi untuk kebutuhan tubuh akan kalsium, fosfor, asam asetat, kalium hingga magnesium. Selain itu, cuka balsamik pun bisa dijadikan menu diet sehat Anda karena bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat cuka balsamik untuk tubuh

Tidak hanya mampu memberikan citarasa yang khas, cuka balsamik pun bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Apa sajakah itu?

  1. Menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang sedang mengontrol asupan kolesterol, maka tidak usah khawatir sebab tubuh cocok sekali mengkonsumsi cuka balsamik ini. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya bisa mengurangi atau menghilangkan kolesterol jahat. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa cuka balsamik bisa  memberikan efek positif pada oksidasi LDL dan lemak.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Selain mampu menurunkan kolesterol, cuka balsamik juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Bagi Anda yang memiliki masalah gula darah tinggi karena diabetes, maka baik mengonsumsi makanan yang mengandung cuka balsamik. Pasalnya, cuka ini punya efek antiglikemik yang bisa membantu menjaga stabilitas gula darah dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan luka

Meskipun belum ada penelitian medis secara resmi, namun banyak pihak yang mengklaim bahwa cuka balsamik bisa membantu menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan sifat cuka yang mengandung sifat antijamur, antivirus, serta antibakteri sehingga ketika dioleskan pada luka bisa membantu penyembuhan dan mencegah infeksi.

  1. Menyehatkan kulit

Siapa yang tidak ingin punya kulit sehat? Tentunya semua orang menginginkan kulit mereka sehat dan terhindar dari berbagai macam masalah. Siapa sangka, cuka balsamik ini bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah kulit karena kandungan antioksidan dan asam asetat. Beberapa manfaatnya untuk kulit adalah seperti mencegah kemunculan jerawat, penuaan, dan sebagainya. Cara nggunaannya bukan dengan dioleskan melainkan dikonsumsi sebagai pelengkap makanan lain. 

  1. Menyehatkan sistem pencernaan

Adapun manfaat lain dari cuka balsamik untuk tubuh adalah bisa menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan aktif asam asetatnya yang kaya bakteri probiotik bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan khususnya usus. Tak hanya itu, mengonsumsi cuka balsamik bisa membantu proses pencernaan seperti buang air besar jadi lebih normal, teratur, dan lancar.

Selain beberapa manfaat tersebut, balsamic vinegar pun baik dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Konsumsi cuka balsamic dapat memberikan dampak baik bagi jantung. Meskipun begitu, cuka ini pun tidak diperkenankan untuk dikonsumsi terlalu banyak. Konsumsi sewajarnya dan pastikan dijadikan sebagai pelengkap makanan agar manfaatnya bisa terasa dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *