Manfaat Bubur Bayi Organik Bagi Si Kecil

Tumbuh kembang merupakan salah satu aspek terpenting bagi anak. Salah satu hal yang penting untuk menunjang tumbuh kembang anak adalah kecukupan nutrisi. Dengan pemenuhan nutrisi yang baik, tubuh anak memiliki energi yang cukup untuk menjalankan fungsi metabolisme serta melakukan pembelahan sel tubuh untuk melangsungkan proses tumbuh kembang.  Salah satunya adalah dengan memberikan bubur bayi organik.

Bubur bayi organik bantu penuhi kebutuhan gizi si kecil

Secara garis besar bahan makanan terbagi menjadi dua jenis, yaitu bahan makanan organik dan bahan makanan non organik. Suatu bahan pangan dapat dikategorikan ke dalam bahan pangan organik bila diproduksi dengan menggunakan sistem pertanian organik, tanpa memakai pestisida/herbisida buatan dan pupuk kimia, atau bukan merupakan tanaman yang dimodifikasi secara genetik. Maka dari itu pemberian bubur bayi organik yang dibuat sendiri memberikan manfaat yang bagi si kecil. 

Selain itu, tentu Anda bisa memastikan kebersihan makanan sehat untuk bayi karena mengolahnya dengan tangan sendiri. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan tangan dan peralatan masak yang Anda gunakan bersih, dengan mencuci dan membilasnya terlebih dahulu.
  • Bersihkan buah dan sayuran, lalu potong kecil-kecil.
  • Panggang atau kukus buah dan sayur menggunakan microwave hingga lunak.
  • Mengukus buah maupun sayur menggunakan microwave dapat mempertahankan nutrisi buah dan sayur.
  • Haluskan buah dan sayur meggunakan food processor atau blender.
  • Campurkan sedikit tambahan cairan seperti air, ASI atau susu formula pada adonan.
  • Jika Si Kecil sudah siap menyantap makanan bertekstur, buah dan sayur dapat dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  • Tempatkan makanan ke dalam wadah kedap udara, kemudian simpan di dalam lemari es atau freezer.
  • Hangatkan makanan ketika jam makan tiba, kemudian biarkan dingin sebelum dikonsumsi Si Kecil.

Cara sederhana lainnya untuk membuat bubur bayi organik, yaitu dengan menghaluskan buah sebagai pilihan rasa, seperti alpukat, pisang dan pir, yang kemudian bisa langsung dilahap Si Kecil.

Manfaat makanan organik sudah banyak diketahui. Dan terutama untuk bayi, penting untuk mempertimbangkan makanan yang ditanam secara organik. Berikut ini beberapa manfaat bubur bayi organik untuk Si Kecil.

  1. Rendah Kontaminasi Pestisida

Salah satu manfaat dari bubur bayi organik telah dikemukakan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Stanford menemukan bahwa bubur bayi organik mungkin memiliki risiko kontaminasi pestisida yang lebih rendah. Kurangnya paparan bahan kimia akan membuat bubur bayi organik menjadi pilihan yang lebih aman. Sebab, racun dalam pestisida dapat menyebabkan sejumlah masalah yang dapat memengaruhi perkembangan otak, kecepatan pertumbuhan, dan kesehatan secara keseluruhan.

  1. Kesehatan Fisik yang Lebih Baik

Menurut sebuah studi nutrisi dari Organic Fresh, ditemukan bahwa anak usia dua tahun yang mengonsumsi produk susu organik secara eksklusif memiliki lebih sedikit hanya sedikit memiliki riwayat eksim dan mengi.

  1. Ramah Lingkungan

Makanan non-organik disemprot dengan bahan kimia. Meskipun bahan kimia ini dirancang untuk tetap berada di tanaman, sebagian akan tersapu saat hujan dan terserap ke dalam tanah dan air tanah di sekitarnya, dan mempengaruhi kehidupan alami.

  1. Rasa Lebih Baik

Tidak peduli penelitian apa yang dikatakan tentang makanan organik, tidak dapat disangkal bahwa rasanya lebih enak. Saat memulai makanan padat, Anda pasti ingin langit-langit bayi menikmati rasa alami sejak hari pertamanya makan.

Hal lain yang harus diperhatikan saat menyajikan bubur organik adalah tidak memberinya gula maupun madu untuk bayi. Tidak sedikit orangtua yang mengira menambah gula ataupun madu akan mempertajam cita rasa makanan sehingga Si Kecil lebih mudah mengonsumsi bubur organik.Faktanya memberikan madu malah memperbesar risiko keracunan makanan yang disebut sebagai kondisi botulisme. Botulisme adalah penyakit yang disebabkan racun bakteri Clostridium botulinum. Gejala penyakit ini dapat muncul sekitar 12-36 jam setelah mengonsumsi makanan yang tercemar. Jadi, jika Anda ingin memberikan bubur bayi organik untuk si kecil tetap memperhatikan cara membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *