Manfaat Saat Makan Sayuran Mentah

Manfaat saat makan sayuran mentah. Sejak dulu, kita sering diberi tahu bahwa sayuran memiliki banyak sekali manfaat. Makan banyak sayuran dianggap akan membuat kita sehat.

Informasi tersebut memang benar, Sayur merupakan makanan yang baik untuk kesehatan dengan segudang manfaatnya.

Lalu, bagaimana dengan makan sayuran mentah? Apakah manfaatnya sama dengan sayuran yang diolah dan dimasak?

Memakan sayuran mentah memang salah satu opsi dalam menikmati sayuran. Dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia, kita sering menjumpai olahan sayuran mentah.

Sebenarnya, memakan sayuran secara mentah memiliki keuntungan. 

Meski memasak sayuran membantu agar lebih mudah dicerna dengan aroma yang lebih sedap, tapi beberapa kandungan dalam sayuran akan berkurang saat proses pemasakan.

Sehingga, dengan memakan sayuran secara mentah bisa membuat kandungan serta nutrisinya tetap terjaga.

Sayangnya tidak semua sayuran bisa disantap secara mentah. Ada beberapa efek yang berbahaya jika memakan sayuran dengan mentah.

Lalu, apa saja manfaat makan sayuran mentah?

Manfaat Makan Sayuran Mentah

Berikut adalah beberapa manfaat memakan sayuran mentah:

  • Menjaga keutuhan kandungan dan nutrisi yang tidak tahan panas, misalnya vitamin A, vitamin C, dan kandungan folat
  • Menjaga berbagai senyawa antioksidan
  • Memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, sehingga dapat membantu menjaga berat badan
  • Terhindar dari gula atau garam tambahan
  • Mencegah kanker
  • Memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi
  • Melancarkan pembuangan racun dalam tubuh
  • Mencegah penuaan dini karena kadar antioksidan tinggi yang menyumbang regenerasi sel dalam kulit

Jenis-Jenis Sayuran yang Boleh Dimakan Mentah

Beberapa sayuran memang bisa dimakan secara mentah, namun harus selalu ingat untuk mencuci hingga bersih dulu sebelum dikonsumsi. Berikut ini beberapa jenis sayuran yang bisa dimakan secara mentah:

Brokoli

Salah satu sayuran yang bisa dimakan secara mentah adalah Brokoli. Apabila dimakan secara mentah, Anda akan mendapatkan berbagai kandungan dan nutrisi.

Salah satunya adalah enzim myrosinase yang dapat membantu melawan zat-zat yang jadi penyebab kanker.

Bawang Bombay dan Bawang Putih

Kedua bawang ini memiliki kandungan-kandungan berharga yang akan hilang jika dipanaskan, Misalnya, sumber antioksidan untuk mencegah dan melawan kanker dan senyawa anti-pengentalan darah untuk jantung dan pembuluh darah.

Paprika Merah

Paprika merah mentah memiliki banyak manfaat dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab kanker, diabetes, alzheimer, dan penyakit berbahaya lainnya.

Kale

Sayuran hijau yang mengandung senyawa glukosinolat ini memiliki banyak manfaat untuk mencegah banyak penyakit. Sayangnya, kandungan-kandungan bermanfaat ini dapat menurun setelah dimasak atau dipanaskan. Namun, jangan konsumsi terlalu banyak ya.

Jenis-Jenis Sayuran yang Tidak boleh Dimakan Mentah

Meski beberapa jenis sayuran bisa dimakan mentah, ada beberapa jenis sayuran lain yang justru lebih maksimal manfaatnya apabila dimasak lebih dulu, bahkan sampai menghilangkan racunnya.

Berikut ini beberapa jenis sayuran yang tidak boleh dimakan secara mentah:

Kentang

Sayuran ini memiliki kandungan pati yang dapat menyebabkan masalah pencernaan apabila tidak dimasak. Salah satu efeknya adalah perut menjadi kembung dan bergas.

Wortel

Apabila dimasak, kandungan beta karoten dalam wortel akan meningkat. Selain itu, Anda juga bisa memasaknya dengan cara dikukus atau direbus.

Jamur

Jamur akan semakin bermanfaat ketika dimasak. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dalam jamur akan meningkat apabila dimasak.

Kacang Merah

Kacang merah apabila tidak dimasak hingga matang, justru dapat mengakibatkan kandungan racun di dalamnya tetap terjaga, Efek kacang merah yang tidak matang akan mengakibatkan mual, muntah, dan diare.

Demikian penjelasan mengenai manfaat makan sayuran mentah. Beberapa jenis sayuran memang lebih baik dimakan mentah karena kandungan nutrisinya akan menurun apabila dimasak. Namun, hal ini berlaku untuk beberapa jenis sayuran saja, jadi tetap perhatikan secara seksama ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *