Lipitor, Solusi Turunkan Kolesterol Jahat

Lipitor adalah obat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh penyebab penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Obat ini merupakan produk dari Pfizer, perusahaan farmasi global asal AS, dan obat ini cocok bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol jahat, dan ingin meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh secara praktis.

Kandungan dan komposisi

Obat penurun kolesterol ini mengandung avorstatin calcium sebesar 20 mg. Avorstatin adalah zat aktif yang termasuk penghambat enzim produsen kolesterol, yaitu statin. 

Cara kerja zat aktif ini adalah dengan menghambat statin, LDL, trigliserida, dan apolipoprotein-B. Menurunnya jumlah kolesterol jahat dalam tubuh akan menurunkan risiko aterosklerosis atau menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain dalam arteri yang bisa menghambat aliran darah.

Termasuk jenis apakah obat ini?

Obat anti kolesterol jahat ini merupakan obat keras yang berarti tidak bisa dan tidak boleh diperjualbelikan secara bebas di sembarang toko obat atau minimarket.

Adapun obat hanya dijual di toko obat khusus, dan jika Anda ingin menggunakannya harus berdasarkan rekomendasi dari dokter terlebih dahulu karena efek samping parah yang dapat dihasilkan.

Bagaimana cara pemberiannya? Berapa dosisnya?

Tablet antikolesterol ini dapat diberikan bersama atau tanpa makanan, dengan dosis 1 kali sehari, baik pada dewasa dan anak-anak usia 10-17 tahun.

Untuk dosis ini agar segera diperhatikan supaya sesuai serta tidak melampaui sehingga Anda tidak mengalami efek samping yang memang tidak menyenangkan.

Siapa yang tidak boleh mengonsumsi obat ini?

Mereka yang tidak boleh mengonsumsi adalah mereka yang mempunyai hipersensitivitas terhadap kandungan obat, penyakit hati aktif, mengalami kenaikan pada serum transaminase lebih dari batas normal, dan ibu hamil serta menyusui.

Adakah efek sampingnya?

Tentu saja ada karena ini adalah obat keras yang bisa menimbulkan efek samping parah jika pemakaian tidak sesuai anjuran. 

Adapun efek samping Lipitor adalah Anda akan mengalami kram dan nyeri otot, masalah fungsi hati, memicu risiko diabetes, nyeri otot, dan pikun.

Apabila Anda mengalami efek samping atau gejala yang mengarah pada efek samping di atas segera hentikan pemakaian dan hubungi dokter untuk konsultasi dan tindakan medis terbaik.

Yang perlu Anda perhatikan saat konsumsi obat

Jangan mengonsumsi alkohol saat pengobatan karena bisa berdampak pada tubuh akibat efek samping yang dihasilkan.

Apabila Anda merasakan efek samping yang parah setelah konsumsi, dan Anda sedang beraktivitas segera hentikan aktivitas karena hal tersebut dikhawatirkan dapat mempengaruhi konsentrasi dan kinerja Anda serta dapat membahayakan jiwa.

Apabila Anda terlewatkan dengan dosis harian, segera ganti dengan dosis baru di waktu berikutnya. Jangan menggandakan dosis sama sekali karena bisa berdampak pada efektivitas obat atau Anda terkena efek samping parah.

Apabila obat sudah habis terpakai atau memasuki masa kedaluwarsa segera hentikan pemakaian dan buang ke tempat sampah khusus untuk menghindari penyalahgunaan.

Simpanlah obat di tempat yang kering dan sejuk, jangan terpapar matahari langsung, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Obat penurun lemak lainnya

Anda juga dapat mencoba obat penurun lemak lainnya apabila obat dari Pfiezer ini tidak begitu efektif. Adapun obat-obat itu adalah Statin, Ezetimibe, dan Bile Acid Sequestrants.

Berapa harganya?

Lipitor tablet dibanderol di kisaran Rp 17.000, dan Anda bisa mendapatkannya di toko obat khusus namun sebelum mendapatkannya Anda perlu rekomendasi dari dokter terlebih dahulu apakah obat tersebut cocok dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *