Lanugo Adalah Rambut Halus Tipis pada Bayi, Bisakah Dialami oleh Orang Dewasa?

Lanugo adalah rambut halus dan tipis yang menutupi tubuh bayi baru lahir. Ini merupakan rambut pertama yang muncul dari folikel rambut manusia saat ia masih dalam kandungan Anda. 

Lanugo umumnya ditemukan pada bayi yang lahir prematur, tetapi tidak menutup kemungkinan juga terdapat pada bayi yang lahir dengan usia cukup. Rambut-rambut ini muncul di bagian lengan, dahi, pipi, punggung, bahu atau pun area tubuh yang memiliki folikel rambut.

Bukan sekadar rambut biasa, lanugo punya kegunaan bagi bayi, di antaranya sebagai berikut ini.

  1. Mengatur suhu tubuh bayi

Lanugo berfungsi untuk mengatur suhu tubuh bayi dengan menahan panas tubuh dan membantu bayi merasa hangat selama dalam kandungan Anda.

  1. Melindungi kulit

Selama dalam kandungan, bayi dilingkupi oleh cairan ketuban yang berpengaruh terhadap kulit dan temperatur tubuhnya. Lapisan berwarna keputihan yang tebal yang disebut vernix caseosa yang menyelubungi tubuh bayi, melindungi bayi dari efek cairan ketuban. Vernix caseosa membutuhkan lanugo agar dapat menempel pada tubuh bayi.

  1. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan bayi

Studi membuktikan bahwa pergerakan lanugo pada kulit bayi berperan dalam pelepasan hormon. Pelepasan hormon ini berfungsi untuk mengurangi stres dan merangsang pertumbuhan bayi di dalam rahim.

Lanugo adalah rambut halus yang mulai tumbuh pada usia 4-5 bulan bayi dalam kandungan atau minggu ke-16 hingga 20. Di usia kandungan 28 minggu, pertumbuhan lanugo mencapai titik puncaknya dan akan rontok dengan sendirinya. Saat bayi semakin mendekati hari kelahirannya, lanugo perlahan-lahan akan menghilang. 

Namun, kondisi ini tidak mutlak. Banyak bayi yang lahir dengan usia kandungan normal yang masih membawa lanugo pada tubuhnya selepas kelahiran. Anda tidak perlu khawatir, karena lanugo bisa hilang dengan sendirinya dan berganti dengan vellus hair.

Wujud vellus hair hampir sama dengan lanugo, tetapi lebih tebal dan terlihat. Ini adalah jenis rambut yang menutupi tubuh bayi hingga masa kanak-kanak.

Lanugo pada bayi baru lahir tidak membutuhkan perawatan dan tidak perlu dihilangkan. Bahkan meskipun menurut Anda lanugo di tubuh Si Kecil terlalu banyak. Anda tidak perlu khawatir, bulu-bulu halus ini akan hilang atau rontok dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu pertama setelah lahir. Memijat kulit bayi dengan lembut setelah lahir juga dapat membantu pelepasan lanugo dari kulit bayi. Meskipun cara ini cukup efektif, bukan berarti tanpa risiko.

Jika lanugo belum juga hilang setelah bayi berusia enam bulan, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Awasi jika lanugo berubah warna menjadi lebih gelap dibandingkan ketika bayi baru dilahirkan. Apalagi jika lanugo tidak hilang bahkan setelah Si Kecil berusia beberapa tahun, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh gangguan makan (eating disorder) dan tidak boleh diabaikan.

Jika rambut halus masih saja tumbuh di beberapa bagian tubuh orang dewasa, hal ini bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius. Tumbuhnya rambut halus secara berlebihan di tubuh orang dewasa ini dikenal dengan hipertrikosis lanuginosa. 

Kondisi ini ditandai dengan tumbuhnya rambut halus di sekitar alis, dahi, telinga, dan hidung orang dewasa. Kebanyakan penyebab hipertrikosis lanuginosa pada orang dewasa tidak diketahui secara pasti.

Pengobatan yang diberikan tergantung dari tingkat keparahan penderita hipertrikosis lanuginosa serta faktor penyebabnya. Beberapa pengobatan umum yang bisa dilakukan, seperti ini.

  • Penggunaan krim eflornithine

Penggunaan krim ini bertujuan untuk memperlambat pertumbuhan rambut secara berlebihan.

  • Metode waxing

Waxing juga bisa Anda gunakan sebagai alternatif penghilangan rambut halus di tubuh orang dewasa. Namun, sebelum melakukannya, konsultasikan ke dokter kulit Anda.

  • Metode laser dermatologi

Metode ini sering digunakan untuk menghapus tato dan menghilangkan tanda lahir. Selain itu, metode laser juga diketahui bisa menghilangkan rambut halus yang tumbuh pada orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *