Konsumsi Pil Tuntas dan Kenali Penyebab Terlambat Datang Bulan

Pil Tuntas bisa menjadi salah satu solusi bagi Anda yang kerap mengalami gangguan menstruasi atau haid tidak teratur. Datang bulan yang tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk kehamilan. Meskipun hamil adalah kemungkinan alasan utama untuk terlambatnya menstruasi, mungkin ada faktor yang terkait dengan kesehatan atau gaya hidup Anda yang menyebabkan keterlambatan tersebut. Berikut ini beberapa kondisi lainnya yang mungkin menyebabkan Anda mengalami mensturasi tidak teratur.

1. Menyusui

Haid Anda mungkin tidak muncul setelah bayi lahir, tetapi jangan khawatir! Jika Anda menyusui si kecil, telat menstruasi adalah hal yang normal. Disebut sebagai amenore laktasi, ini adalah fase yang mengganggu ritme siklus menstruasi Anda. Setelah beberapa bulan, periode bulanan Anda akan segera kembali ke jalurnya.

2. Penurunan berat badan atau penambahan berat badan

Apakah Anda kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, setiap perubahan berat badan dapat memengaruhi siklus bulanan Anda. Masalah kesehatan umum yang terkait dengan berat badan dan menstruasi tidak teratur termasuk gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia, dan diabetes yang tidak terkontrol. Jika Anda menduga ini mungkin menjadi masalah bagi Anda, segera temui dokter.

3. Terlalu banyak latihan

Melakukan olahraga ke dalam jadwal Anda setiap hari memang bagus, tetapi olahraga yang berlebihan dapat menurunkan kadar estrogen, yang merupakan hormon yang mengatur proses reproduksi wanita. Banyak atlet mengalami amenore sekunder, yang berarti mereka tidak mengalami menstruasi selama enam bulan atau lebih, dari latihan keras.

4. Stres 

Sedikit stres dalam hidup mungkin baik-baik saja, tetapi stres kronis dapat membuat tubuh Anda tidak seimbang. Stres mengaktifkan hormon kortisol dan mendorong tubuh Anda ke mode bertahan hidup. Jika Anda mengalami stres berkepanjangan, tubuh dapat menyebabkan amenore dan akan mencegah menstruasi.

5. Perubahan jadwal tidur

Beralih ke shift malam atau bepergian ke zona waktu lain dapat mencegah siklus menstruasi Anda dimulai. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Endocrinology, setiap gangguan pada ritme sirkadian Anda — jam internal yang mengatur proses seluler penting — dapat menyebabkan Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur.

6. Pengobatan

Jika Anda menggunakan obat baru, salah satu efek sampingnya mungkin adalah menstruasi yang tidak teratur. Sebuah studi tentang efek antipsikotik pada menstruasi menemukan bahwa amenore terjadi karena kadar prolaktin tidak seimbang. Selain itu, beberapa obat pengendalian kelahiran, seperti IUD, implan atau suntikan, dapat menghentikan menstruasi Anda saat menggunakannya.

7. Disfungsi tiroid

Masalah dengan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, dapat mengganggu siklus menstruasi Anda. Tiroid menghasilkan hormon yang membantu mengatur proses tubuh, dan jika kehilangan keseimbangan, itu dapat menyebabkan Anda terlambat haid. Untungnya, ada pengobatan yang efektif untuk gangguan tiroid, jadi temui ahli endokrin untuk tes darah jika menurut Anda ini mungkin menjadi masalah bagi.

8. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sedikit yang diketahui tentang apa yang menyebabkan penyakit ini, tetapi sekitar lima juta wanita di Amerika Serikat mungkin terkena PCOS. Seperti disfungsi tiroid, PCOS dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda, menyebabkan menstruasi yang terlewat.

9. Perimenopause

Jika Anda memasuki perimenopause—tahap pertama menopause—Anda mungkin melihat menstruasi Anda lebih jarang terjadi. Menurunnya haid disebabkan oleh penurunan hormon estrogen.

Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, Anda tidak sendirian. Sekitar sembilan sampai 14 persen wanita dipengaruhi oleh ketidakteraturan menstruasi. Dengan pengecualian kehilangan menstruasi saat menggunakan beberapa alat kontrasepsi, tidak normal untuk tidak menstruasi selama beberapa bulan dan dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Kunjungi dokter jika periode tidak teratur atau konsumsi Pil Tuntas untuk membantunya ,dijamin Pil Tuntas ampuh dalam menangani permasalahan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *