Kondisi Inikah Yang Jadi Membuat Kulit Melepuh?

Kulit melepuh adalah kondisi munculnya kantung berisi cairan di antara lapisan kulit paling luar atau epidermis. Cairan pada kulit yang melepuh ini bisa berupa serum, plasma, darah, ataupun nanah, tergantung pada letak kemunculannya. Walaupun muncul tanpa sebab, sebenarnya ada hal-hal yang menjadi penyebab kulit melepuh yang Anda alami tetapi tidak disadari.

Saat kulit melepuh tanpa sebab terjadi, Anda akan merasa nyeri, tidak nyaman, dan merasa terganggu karena kemunculannya. Meski pada umumnya kulit melepuh bukan menandakan kondisi yang serius dan tidak membutuhkan penanganan medis, sebaiknya Anda tetap perlu waspada jika ini terjadi tanpa sebab yang jelas. Kulit melepuh dapat terbentuk dengan cepat. Maka dari itu, kadang-kadang Anda mungkin tidak menyadari kemunculannya.

Meski kulit melepuh bisa muncul tanpa penyebab, tetapi tetap ada hal yang dapat menjadi pemicu dari kondisi ini. Ini beberapa faktor pemicu yang bisa menyebabkan kulit melepuh.

  1. Adanya gesekan berulang

Gesekan berulang menjadi salah satu pemicu kemunculan kulit melepuh tanpa sebab yang mungkin Anda alami. Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki. Kulit melepuh pada tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lainnya. Sementara pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat Anda berjalan atau berlari.

  1. Terpapar bahan kimia

Kulit melepuh tanpa sebab bisa pula terjadi karena paparan bahan kimia. Kulit melepuh akibat terpapar bahan kimia dikenal dengan dermatitis kontak. Beberapa bahan kimia yang menyebabkan kemunculan kulit melepuh, antara lain kosmetik, deterjen, zat pelarut, nikel sulfat (yang umum digunakan dalam proses pelapisan logam), dan lainnya.

  1. Suhu ekstrem

Paparan suhu ekstrem juga mungkin menjadi pemicu kulit melepuh tanpa sebab yang tidak Anda sadari. Misalnya, suhu yang terlalu panas ketika kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas serta terpapar sinar matahari. Selain itu, suhu yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kulit melepuh. Contohnya, ketika Anda terlalu berada di cuaca dingin atau memegang benda dingin. Pada kasus-kasus tersebut, kulit melepuh tanpa sebab muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu yang secara tiba-tiba pada kulit.

  1. Gigitan serangga

Pemicu kulit melepuh tanpa sebab berikutnya adalah gigitan serangga. Umumnya, jenis gigitan serangga berupa tungau kecil akan meninggalkan lengkungan lecet di permukaan kulit tangan, pergelangan tangan, ketiak, hingga kaki. Selain itu, gigitan kutu dan kutu busuk juga bisa menyebabkan munculnya lepuhan kulit di kulit.

  1. Pembuluh darah pecah di permukaan kulit

Kulit melepuh tanpa sebab bisa jadi karena pembuluh darah pecah di permukaan kulit. Akibatnya, darah keluar menuju celah-celah di antara lapisan kulit sehingga menyebabkan terbentuknya lepuhan yang berisi darah.

  1. Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa jadi penyebab kulit melepuh. Jika lepuhan kulit yang muncul tergolong banyak dan berkelompok, maka bisa jadi Anda mengalami herpes atau cacar air. Lepuhan kecil di kulit yang bening dan muncul dengan cepat mungkin menandakan kondisi dishidrosis. Apabila kulit melepuh tanpa sebab disertai dengan gejala lain, seperti kulit mengelupas, mengeras, dan pecah-pecah maka Anda mengalami eksim.

Pada beberapa orang, kulit melepuh tanpa sebab bisa saja terjadi karena penyakit autoimun dan atau penyakit genetik. Misalnya, pemfigoid bulosa, dermatitis herpetiformis, atau epidermolisis bullosa.

Jika kulit melepuh tanpa sebab yang Anda alami bukan diakibatkan oleh hal-hal di atas, segera periksakan diri ke dokter guna mendapatkan diagnosis penyebab dan penanganannya dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *