Klinik Ultra Medica Surabaya Menyediakan Layanan Tes Kesehatan Karyawan dengan Mudah

pertemuan dokter - medical check up employee potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Sumber foto: istockphoto.com

“Mengetahui kondisi kesehatan dengan medical check up secara berkala sangat penting dilakukan baik secara individual maupun perusahaan terhadap karyawannya. Sebab, dengan melakukan medical check up secara berkala di perusahaan juga akan meningkatkan kualitas pekerja dan juga perusahaan tersebut. Anda bisa melakukan tes kesehatan karyawan dengan menggunakan layanan Klinik Ultra Medica Surabaya.”

Salah satu program K-3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang harus dilakukan oleh sebuah instansi adalah melakukan tes kesehatan karyawan. Pemeriksaan kesehatan dengan tes kesehatan ini wajib dilakukan pada karyawan atau calon karyawan sebuah perusahaan.

Dengan melakukan tes kesehatan karyawan ini akan berguna untuk mendeteksi lebih awal kesehatan karyawan akibat faktor pekerjaan yang selama ini mereka jalani. Selain itu, perusahaan yang melakukan kegiatan ini secara rutin tiap tahunnya juga bisa melihat kemampuan karyawan dalam melakukan pekerjaan dari sisi kesehatan tubuhnya.

Dengan begitu, kinerja karyawan akan terjaga secara imbang antara kesehatan dan lingkungan kerja yang aman, dan tentunya akan menaikkan produktivitas perusahaan.

Sebagai salah satu klinik yang bisa memfasilitasi layanan medical check up, Klinik Ultra Medica Surabaya melayani tes kesehatan untuk beberapa pasien di bawah ini:

  • Personal, pemeriksaan yang diajukan menurut kehendak pribadi dan harus mendapat surat rujukan dari dokter 
  • Instansi, pemeriksaan yang dilakukan untuk karyawan secara berkala seperti yang sudah dimuat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi
  • TKI, pemeriksaan yang dilakukan bagi tenaka kerja Indoneisa yang akan berangkat ke luar negeri, baik besifat screening atau pemeriksaan secara menyeluruh
  • Kelautan, pemeriksaan bagi pelaut yang akan berlayar, khusunya yang bekerja sama dengan Dirjen Perhubungan Laut.

Sebagai bentuk penunjang layanan tes kesehatan di atas, Klinik Ultra Medica Surabaya memiiliki salah satu pelayanan berupa bus unit kesehatan on site yang bisa mendatangi perkantoran, pabrik, dan tempat lainnya guna menunjang tes kesehatan karyawan.

Jenis tes kesehatan karyawan

Ada beberapa jenis tes kesehatan yang dilakukan untuk para karyawan perusahaan, yakni:

  • Medical check up sebelum kerja, yakni dilakukan sebelum karyawan diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut
  • Medical check up berkala, yakni pemeriksaan dilakukan sekurang-kurangnya satu tahun sekali
  • Medical check up khusus, yakni tes kesehatan yang dilakukan pada golongan tertentu untuk mengetahui pengaruh pekerjaan terhadap karyawan, seperti karwayan yang berumur di atas 40, memiliki riwayat penyakit, dan lainnya.

Prosedur tes kesehatan untuk karyawan

Pada saat perusahaan bekerja sama dengan Klinik Ultra Medica Surabaya untuk melakukan medical check up, maka akan ada serangkaian proses yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya:

  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan

Tahap pertama tes kesehatan adalah pemeriksaan riwayat kesehatan yang akan ditanya oleh tenaga medis kepada Anda beberapa pertanyaan ini:

  • Kondisi medis di masa lalu hingga saat ini
  • Operasi atau prosedur medis yang pernah dilakukan
  • Obat, vitamin yang pernah atau sedang dikonsumsi
  • Tanda atau gejala yang dirasakan saat ini
  • Informasi gaya hidup sehat
  • Riwayat kesehatan keluarga
  1. Pemeriksaan tanda vital

Pemeriksaan selanjutnya yang akan dilakukan oleh Klinik Ultra Medica Surabaya adalah memeriksa beberapa tanda vital, seperti denyut jantung, suhu tubuh, tekanan darah, laju pernapasan, dan lainnya.

  1. Pemeriksaan fisik

Pada pemeriksaan fisik ini tergantung pada alasan pemeriksaan dilakukan, seperti:

  • Pemeriksaan leher dan kepala
  • Pemeriksaan paru
  • Pemeriksaan jantung
  • Pemeriksaan perut
  • Pemeriksaan kulit
  • Pemeriksaan saraf

Semua jenis pemeriksaan fisik di atas tentunya akan berfungsi untuk mengetahui efektivitas organ dan mendeteksi dini apakah terdapat gejala yang tidak disadari oleh karyawan.

Namun, terkadang ada beberapa perusahaan yang menambahkan pemeriksaan lainnya, seperti pemeriksaan penis dan testis pada karyawan laki-laki, dan juga pemeriksaan payudara dan organ kelamin pada karyawan wanita untuk mengetahui apakah tedapat infeksi atau peradangan.

Tes kesehatan juga harus disesuaikan dengan faktor risiko lingkungan kerja perusahaan. Misalnya, bagi perusahaan yang melibatkan faktor kebisingan, maka perusahaan harus melakukan tes kesehatan berupa pengecekan pendengaran untuk karyawan.

Itulah beberapa prosedur tes kesehatan yang umum untuk dilakukan. Klinik Ultra Medica Surabaya menerima layanan kerja sama untuk melakukan tes kesehatan karyawan maupun pribadi. Nantinya, Klinik Ultra Medica Surabaya akan menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *