Khasiat Utama Salep Betadine untuk Kulit

Luka bakar yang disebabkan karena terkena api, cairan panas, dan sinar matahari  akan memberikan rasa nyeri dan sakit luar biasa. Apabila penanganan yang dilakukan keliru, maka akan memperparah luka dan menghambat penyembuhan luka tersebut. Salep betadine bisa menjadi salah satu pertolongan pertama untuk menyembuhkan luka bakar tersebut.

Beberapa fakta mengenai luka bakar direkam oleh World Health Organization (WHO). Dari data setiap tahunnya di Amerika Serikat kurang lebih 2,5 juta orang mengalami luka bakar. Dari kelompok tersebut, 100.000 pasien dirawat di rumah sakit dan 200.000 pasien memerlukan penanganan rawat jalan. Setiap tahunnya sekitar 12.000 orang meninggal akibat luka bakar dan cedera inhalasi yang terjadi akibat luka bakar. Kasus tersebut bisa dipicu oleh aktivitas di dapur dan juga di pabrik.

Tingkatan pada luka bakar

Pada dasarnya luka bakar memiliki beberapa tingkatan. Memahami tingkatan ini berfungsi untuk mengetahui seberapa parah luka bakar tersebut. 

Tingkat pertama

Tingkat pertama pada luka bakar bisa juga disebut luka bakar superfisial. Luka pada tingkat pertama biasanya hanya memengaruhi bagian paling luar lapisan kulit atau disebut juga epidermis. 

Tingkat kedua

Tingkat kedua merupakan luka bakar yang satu tingkat lebih parah. Luka di tingkat dua ini tidak hanya melukai epidermis pada kulit, namun juga memberikan rasa sakit saat disentuh. Kulit akan berwarna merah terang, melepuh, bengkak dan juga mengkilap serta basah.

Tingkat ketiga

Pada tingkat ketiga, luka bakar tidak lagi berwarna merah namun berwarna kecokelatan dan terlihat hangus. Luka pada tingkatan ini tidak terasa sakit saat disentuh, karena telah merusak jaringan kulit dan saraf.

Tingkat keempat

Pada tingkat keempat, luka bakar telah menjalar menembus kulit dan tulang sehingga bisa disebut luka ini telah menjalar hingga ke bagian dalam kulit. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan perawatan medis yang intense. Pada kondisi yang paling parah, luka bakar bisa menyebabkan kematian.

Khasiat utama salep luka bakar untuk kulit

Setelah mengetahui tingkatan luka bakar, kamu perlu berhati-hati dan mengantisipasi diri saat beraktivitas di pabrik, dapur atau area yang bisa memicu api. Sebagai pertolongan pertama, salep betadine bisa memberikan khasiat untuk menyembuhkan dan mengobati luka bakar. Beberapa khasiatnya adalah sebagai berikut,

Mengeringkan luka bakar

Kandungan dalam salep yaitu iodine povidone akan mengeringkan luka bakar yang diderita oleh pasien. Luka bakar harus segera kering agar tidak lembab dan basah. Kondisi basah karena melepuh bisa menjadi sarang kuman. Maka, dengan salep tersebut, luka akan cepat kering.

Membunuh dan merusak kuman 

Sama dengan fungsi betadine antiseptik untuk luka karena jatuh, salep betadine juga berfungsi untuk membunuh dan merusak kuman atau bakteri. Kuman dan bakteri yang mati akan mengurangi dampak infeksi karena luka bakar. 

Meredakan rasa nyeri 

Luka bakar yang disebabkan percikan api, air panas, sinar matahari atau uap panas akan meninggalkan rasa nyeri luar biasa. Rasa nyeri tersebut merupakan respon yang diterima kulit karena suhu panas. Mengoleskan salep betadine bisa meredakan rasa nyeri sehingga akan menekan rasa sakit.

Melindungi kulit dari infeksi bakteri

Salep untuk luka bakar akan berfungsi sebagai protektor terhadap kulit yang rusak. Ketika kulit terbakar, bakteri dan kuman akan sangat mudah sekali hinggap di luka apabila tidak ditangani dengan benar. Mengaplikasikan salep tersebut akan melindungi bagian yang luka. 

Jadi sudah paham bukan bahwa luka bakar akan sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan tepat? Maka dari itu selalu sediakan salep khusus luka bakar agar kulit kamu tidak akan mengalami infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *