Keunggulan dan Kelemahan KB Spiral

KB merupakan program pemerintah dalam skala nasional yang bertujuan untuk menekan angka kelahiran di Indonesia. Saat ini terdapat berbagai pilihan alat kontrasepsi atau metode Keluarga Berencana (KB) yang bisa Anda pilih. Salah alat kontrasepsi yang bisa Anda pilih yaitu  intrauterine device (IUD) atau KB spiral. Alat kontrasepsi ini berbahan dasar plastik fleksibel serta memiliki bentuk seperti huruf T. Penggunaan alat ini yaitu dengan cara dimasukan ke dalam rahim.

KB spiral merupakan salah satu alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang banyak diminati wanita Indonesia. Menurut beberapa ahli, Kb spiral meruapakan alat kontrasepsi yang dinilai paling aktif untuk mencegah terjadinya kehamilan. 

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memasang KB spiral, Anda perlu mengetahui jenis KB spiral yang ingin Anda pasang. Pilih jenis KB spiral yang menurut Anda nyaman untuk digunakan. KB spiral telah dipercaya dapat mencegah kehamilan hingga bertahun- tahun, namun jika Anda melepas alat ini masih ada kemungkinan kalo Anda akan hamil. Karena penggunaan KB spiral ini tidak memiliki pengaruh terhadap kesuburan Anda. Berikut jenis KB spiral yang bisa menjadi pilihan Anda.

KB Spiral Non Hormon atau Tembaga

IUD tembaga tidak memiliki kandungan hormone dan dipercaya lapisan tembaga pada alat ini mampu mencegah kehamilan hingga bertahin- tahun sejak pemasangan. KB spiral tembaga mampu menghancurkan dan menghambat sperma untuk bertemu sel telur. Sehingga dalam proses sel telur tidak dapat dibuahi oleh sperma. 

KB spiral ini bekerja dengan cara melepaskan unsur tembaga dengan perlahan-lahan dan menghentikan sel-sel sperma untuk masuk dan mencapai sel telur. Selain itu, KB spiral ini mampu meciptakan respon kekebalan yang kemudian menghancurkan dan mencegah sel telur berkembang Dengan demikian, sperma akan lebih sulit membuahi sel telur dan menciptakan kehamilan. KB spiral ini mampu bertahan hingga 10 tahun lamanya. 

KB Spiral hormonal

IUD hormonal merupakan KB spiral berbentuk T yang terbuat dari plastik yang dilapisi oleh hormon progestin. KB spiral ini melepaskan hormon progesteron yang membuat lendir serviks mengental. Dalam menghambat terjadinya pembuahan sel telur, KB spiral ini bekerja dengan cara  menipiskan lapisan rahim. Hal ini yang membuat sperma tidak bisa masuk ke rahim. KB ini juga bisa membuat leher rahim dipenuhi lendir yang lengket, sehingga sperma lebih sulit untuk masuk ke rahim.

Kelebihan dan Kelemahan KB Spiral

Setelah mengetahui jenis- jenis KB spiral, berikut kelebihan dan kelemahan pemasangan alat kontrasepsi IUD atau KB spiral.

Kelebihan KB Spiral

Selain memiliki keefektifan yang tinggi dalam mencegah kehamilan, KB spiral memiliki keunggulan lainnya seperti:

  • Pemakaiannya dapat dilepas kapan saja Anda mau dan tidak berpengaruh terhadap kesuburan Anda. 
  • KB spiral aman digunakan untuk ibu menyusui
  • Tidak memicu kenaikan berat badan seperti pil KB 
  • Bisa dipakai sebagai alat KB darurat jika dipasang dalam waktu 5 hari setelah hubungan seks tanpa alat pengaman
  • Dapat mencegah terjadinya kanker seviks dan kanker endometrium
  • Mampu meredakan nyeri haid dan  sakit yang diakibatkan endometriosis

Kelemahan KB Spiral 

Selain memiliki kelebihan yang unggul, KB spiral juga memiliki kelemahan diantara lain:

  • Dapat bergesernya posisi pemasangan KB spiral, yang mana dapat memicu terjadinya pembuahan sel telur.
  • Ketika pertama kali dipasang akan menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Setelah beberapa bulan pemasangan, Anda akan mengalami keluarnya bercak darah yang menyerupai flek  menstruasi.
  • Saat Anda menggunakan KB tembaga, menstruasi Anda akan terasa lebih deras dan disertai kram
  • Sedangkan penggunaan KB spiral hormon, menstruasi Anda akan keluar dengan volume yang sedikit atau bisa saja Anda tidak menstruasi.
  • Tidak mencegah kemungkinan tertularnya penyakit kelamin menular. Oleh karena itu, prnggunaan kondom saat berhubungan seks sangat penting. 

Itulah beberapa keunggulan dan kelemahan dari pemasangan KB Spiral atau IUD. Pertimbangkan hal- hal di atas sebelum Anda memutuskan untuk memasang alat kontrasepsi ini. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu mengenai niatan Anda menggunakan KB spiral, agar dokter juga bisa membantu menentukan alat kontrasepsi yang terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *