Ketahui Penyebab Hidung Terasa Panas dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda pernah merasakan hidung terasa panas? Kondisi ini pastinya pernah dirasakan oleh siapa saja tanpa mengenal usia. Penyebabnya pun terbilang cukup beragam. Saat kondisi tersebut menyerang, sensasi panas tidak hanya dirasakan pada bagian lainnya. Beberapa bagian tubuh lainnya ikut merasakan, mulai dari mata, tenggorokan, sampai saluran sinus.

Tak jarang kondisi hidung yang terasa panas sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda penyakit yang cukup serius, lho. Selain itu, ada juga beberapa penyebab sederhana yang mungkin tidak diketahui oleh penderitanya. Jika segera diatasi, tentunya Anda tidak perlu khawatir aktivitas menjadi terganggu saat kondisi melanda.

Penyebab Seseorang Mengalami Hidung Terasa Panas

Sering mengalami rasa panas di area hidung? Ada beberapa penyebab yang harus diketahui, terutama jika Anda sering mengalami kondisi tersebut. Berikut beberapa penyebabnya dari yang ringan sampai berat.

  1. Mengalami Demam

Penyebab pertama yang pastinya sering dialami oleh penderita adalah saat sedang demam. Saat demam, suhu tubuh akan meningkat sehingga menyebabkan tubuh terasa panas. Tidak hanya tubuh, tapi bagian lainnya akan terasa panas. 

Mulai dari mata, hidung, sampai area lainnya. Hal ini karena situasi yang panas bisa menyebabkan rasa panas di bagian indra penciuman. Selain itu, berada di area yang panas juga menyebabkan sensasi panas di hidung, lho.

  1. Alergi

Penyebab kedua seseorang merasakan rasa panas di hidungnya bisa disebabkan oleh alergi. Hal ini karena rinitis alergi dipicu oleh beberapa hal. Contohnya polusi, debu, dan serbuk sari. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa penyebab lainnya yang bisa menyebabkan timbul rasa panas di hidung. Mulai dari bahan kimia, aroma tertentu, dan perubahan cuaca.

  1. Terkena Virus

Ada lagi penyebab yang bisa Anda ketahui dari kondisi hidung panas karena terkena virus. Misalnya virus flu, influenza, infeksi hidung, infeksi tenggorokan, infeksi paru-paru, sampai infeksi virus corona. Adanya virus yang masuk ke indra penciuman, maka akan menciptakan sensasi atau rasa panas.

  1. Mengalami Penyakit Tertentu

Seseorang yang sering mengalami rasa panas di bagian hidungnya bisa saja mengalami penyakit tertentu. Misalnya sinusitis atau polip hidung. Jadi, jika Anda sering mengalami kondisi ini, jangan diabaikan, ya.

Cara Mengatasi Hidung Terasa Panas

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, jika cara di bawah ini tidak membantu, ada baiknya untuk langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan tepat.

  1. Melakukan Kompres

Saat hidung Anda terasa panas dan mengganggu, cobalah untuk meredakannya dengan kompres. Gunakan air dingin atau es batu untuk mengompres di area hidung. Selain itu, pastikan untuk menggunakan handuk atau kain untuk melapisi es atau air dingin.

  1. Menjaga Pola Makan dan Tidur

Cara mengatasi hidung yang sering terasa panas bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan tidur. Tujuannya untuk membuat tubuh tetap sehat dan tidak rentan terkena penyakit. Alhasil, Anda pun tidak akan merasakan atau mengalami kondisi yang cukup mengganggu tersebut.

Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan yang pedas, berminyak, dan digoreng. Tujuannya untuk mengurangi rangsangan secara berlebihan terhadap indra penciuman sehingga tidak memunculkan rasa panas.

  1. Mengunjungi Dokter

Jika rasa panas yang dialami pada hidung semakin parah, Anda bisa mengunjungi dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik atau obat tertentu sesuai dengan kondisi yang dialami.

Itulah beberapa penyebab seseorang mengalami hidung terasa panas. Jika Anda sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, tentunya tidak akan mengalami kondisi di atas, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *