Ketahui Layanan Tes Mata di Klinik Merial Health

Pemeriksaan atau tes mata yang merupakan salah satu layanan dari Klinik Merial Health ini pada umumnya melibatkan serangkaian tes untuk mengevaluasi atau menguji penglihatan Anda dan memeriksa penyakit mata. Dokter mata dapat menggunakan berbagai instrumen atau peralatan yang berfungsi untuk menyinari mata Anda dengan cahaya terang dan meminta Anda untuk melihat atau mencoba berbagai lensa. Setiap tes yang dilakukan selama pemeriksaan mata mengevaluasi aspek yang berbeda dari penglihatan atau kesehatan mata Anda.

Pemeriksaan mata penting untuk dilakukan untuk membantu mendeteksi masalah mata pada tahap paling awal sehingga lebih mudah untuk diobati. Pemeriksaan mata secara teratur dapat memberikan kesempatan kepada dokter mata untuk membantu Anda mengoreksi atau beradaptasi dengan perubahan penglihatan, serta memberi Anda tips untuk merawat mata Anda. Selain itu, tes atau pemeriksaan mata juga dapat memberikan petunjuk mengenai kesehatan Anda secara keseluruhan.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Mata

Beberapa faktor dapat menentukan seberapa sering Anda memerlukan tes mata, termasuk usia, kesehatan, dan risiko terkena masalah atau gangguan pada mata. Berikut adalah waktu yang tepat untuk melakukan tes mata

Anak-anak Usia 3 Tahun ke Bawah

Dokter anak dapat melakukan tes pemeriksaan untuk mata anak Anda yang bertujuan untuk memantau perkembangan mata yang sehat dan mencari adanya masalah mata ketika masa kanak-kanak yang paling umum terjadi, seperti mata malas, mata juling atau mata yang tidak sejajar. Pemeriksaan mata yang lebih komprehensif antara usia 3 dan 5 tahun akan mengidentifikasi masalah dengan penglihatan dan keselarasan mata.

Anak Usia Sekolah dan Remaja

Anda juga perlu untuk memeriksakan kesehatan mata anak Anda sebelum mereka memasuki taman kanak-kanak. Dokter anak nantinya juga dapat memberikan saran mengenai seberapa sering pemeriksaan mata harus dilakukan setelah itu.

Dewasa

Secara umum, jika Anda sehat dan tidak memiliki gejala masalah penglihatan, American Academy of Ophthalmology merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata lengkap pada usia 40 tahun, ketika mulai terjadi beberapa perubahan penglihatan dan penyakit mata. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter mata kemudian dapat merekomendasikan seberapa sering Anda harus menjalani pemeriksaan mata di waktu yang akan datang. Jika Anda berusia 60 tahun atau lebih, lebih baik untuk memeriksakan kesehatan mata setiap satu atau dua tahun.

Periksakan mata Anda lebih sering jika Anda:

  • Memakai alat bantu melihat seperti kacamata atau lensa kontak.
  • Memiliki riwayat keluarga penyakit mata atau kehilangan penglihatan.
  • Memiliki penyakit kronis yang menempatkan Anda pada risiko penyakit mata yang lebih besar, seperti diabetes.
  • Minum obat yang memiliki efek samping serius pada mata.

Prosedur Tes Mata

Saat Anda melakukan tes mata di klinik seperti Klinik Merial Health, pada umumnya nanti akan ada petugas medis atau teknisi yang akan melakukan bagian awal dari pemeriksaan, seperti mengambil riwayat kesehatan Anda dan memberikan tes mata awal. Pemeriksaan mata biasanya melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Pengukuran ketajaman visual untuk mengetahui apakah Anda memerlukan alat bantu penglihatan seperti kacamata atau lensa kontak untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda.
  • Pengukuran tekanan mata. Anda akan diberikan setetes zat yang membuat mati rasa di mata. Untuk memudahkan dokter memeriksa bagian dalam mata, kemungkinan besar dokter akan memberi Anda obat tetes mata untuk melebarkan mata.
  • Evaluasi kesehatan mata. Setelah obat tetes mata mulai bekerja, dokter mata dapat menggunakan bantuan alat seperti beberapa lampu atau pencitraan untuk mengevaluasi bagian depan mata dan bagian dalam setiap mata.

Dokter juga dapat menggunakan beberapa tes untuk memeriksa penglihatan Anda dan penampilan serta fungsi semua bagian mata Anda.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan layanan pemeriksaan mata, Anda bisa melakukannya di rumah sakit atau klinik terdekat di kota Anda seperti Klinik Merial Health yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika No.312a, RT.9/RW.4, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630. Klinik Merial Health memiliki jam operasional mulai hari Senin sampai Minggu pukul 08.00 sampai 20.00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *