Jenis Penyakit yang Dapat Diobati dengan Acetin 600

Acetin 600 adalah obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi saluran napas yang ditandai dengan adanya lendir. Beberapa di antaranya adalah, bronkitis, emfisema, fibrosis kistik, dan bronkiektasis.”

Obat yang berbentuk tablet effervescent dan mengandung Acetylcysteine sebagai zat aktif utama di dalamnya. Dengan kandungan utama itu, acetin 600 bisa digunakan untuk mengencerkan dahak atau lendir yang terjadi pada beberapa penyakit.

Maka dari itu, acetin 600 yang diproduksi oleh Sanbe Farma ini diindikasikan untuk mengobati penyakit pada saluran pernapasan yang ditandai dengan munculnya hipersekresi dahak atau mukus. Berikut ini beberapa penyakit saluran napas yang dapat dibantu dengan mengonsumsi acetin 600.

  1. Bronkitis 

Bronkitis adalah penyakit yang bisa terjadi pada anak-anak hingga dewasa. Bronkitis terjadi apabila ditandai dengan infeksi pada cabang saluran pernapaan (bronkus) sehingga menyebabkan saluran napas meradang dan menghasilkan mukus atau lendir yang berlebihan.

Lendir ini pada dasarnya berfungsi untuk menangkap debu dan partikel yang bisa menyebabkan irirasi di saluran pernapasan. Akan tetapi, pada saat bronkitis terjadi hipersekresi mukus atau lendir, sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.

Dilihat dari penyebab dan jangka waktunya, bronkitis terbagi dalam dua jenis, yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis.

Bronkitis akut adalah fase lanjutan dari infeksi pernapasan atau flu. Munculnya penyakit ini pun karena adanya virus yang sama dengan pilek dan flu, dan biasanya bronkitis akut akan terjadi selama 5 hari hingga beberapa minggu.

Sedangkan pada bronkitis kronis sering terjadi di kalangan perokok, baik perokok pasif maupun aktif. Gejala batuk yang timbul pun lebih lama dibandingnkan bronkitis akut, yakni terjadi selama 3 bulan hingga 2 tahun.

Acetin 600 ini bisa dijadikan sebagai salah satu obat yang mengatasi dua jenis bronkitis tersebut. Hal ini dikarenakan acetin 600 menyembuhkan gangguan saluran pernapasan dengan munculnya lendir, sehingga bronkitis termasuk ke dalamnya. 

  1.  Emfisema 

Emfisema adalah gangguan saluran pernapasan lainnya yang bisa diobati dengan acetin 600. Sebab, emfisema merupakan penyakit paru-paru kronis yang ditandai dengan munculnya bartuk disertai dahak, sesak napas, mudah merasa lelah, dan lainnya.

Penyebab utama emfisema ini adalah sering terpapar iritasi udara secara jangka panjang, seperti asap rokok, polusi udara, hingga asap kimia.

Perlu Anda ketahui bahwa emfisema dan bronkitis kronis menjadi dua jenis penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang menjadi penyebab kemarian nomor 5 di dunia. Maka dari itu, selain mengobatinya dengan acetin 600, Anda juga harus memulai pola hidup sehat.

  1. Fibrosis kistik

Adanya lendir kental pada paru-paru dan sistem pencernaan adalah gejala utama fibrosis kistik. Penyakit terjadi karena adanya kelainan bawaan lahir dan bisa memburuk seiring waktu. Bahkan bisa menyebabkan paru-paru dan sistem perncernaan mengalami kerusakan.

Untuk mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien maka diperlukan adanya penangan medis. Dokter bisa meresepkan acetin 600 bila diperlukan selama masa perawatan.

  1. Bronkiektasis 

Penyakit yang berhubungan dengan lendir dan bisa dibantu dengan acetin 600 berikutnya adalah bronkiektasis. Bronkiektasis adalah kondisi ketika bronkus melebar, menebal, dan mengalami rusak permanen. 

Kerusakan ini bisa menyebabkan adanya penumpukan lendir dan bakteri sehingga bisa menyebabkan infeksi dan penyumbatan saluran napas.

Jadi, itu beberapa penyakit yang bisa diobati dengan acetin 600 untuk mengurangi lendir berlebihan. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda mendapatkan resep dokter terlebih dahulu karena obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras. 

Hal ini disebabkan karena bisa terjadi efek samping dan perhatian khusus pada beberapa kondisi, seperti ibu hamil dan menyusui, penderita asma bronkial, penderita gagal jantung kongestif, dan lainnya. 

Sedangkan efek samping yang terjadi bisa berupa reaksi alergi, mual, muntah, demam, pingsan, dan lainnya yang bisa berbeda pada setiap orang.

Maka dari itu, Anda harus mengonsultasikan kesehatan dan kondisi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi acetin 600 ini. 

Lalu perlu diperhatikan pula aturan pakai penggunaan obat ini. Gunakan acetin 600 dengan dilarutkan ke dalam ½ gelas air dan dikonsumsi setelah makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *