Imunvit Plus Sirup: Dosis, Kegunaan, dan Aturan Pakai

Agar anak selalu terlindungi dari berbagai risiko penyakit, Ibu dan Ayah perlu mengajari mereka melakukan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Selain itu, pemberian suplemen juga bisa membantu menunjang kesehatan tubuhnya. 

Salah satu suplemen daya tahan tubuh yang disarankan yaitu Imunvit Plus Sirup. Imunvit Plus Sirup merupakan suplemen berbentuk cair yang terbuat dari ekstrak tanaman herbal yang telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tentunya ini sangat membantu, terutama jika si kecil tergolong orang yang aktif atau memiliki kondisi khusus.

Simak artikel berikut untuk mengetahui dosis, kegunaan, dan aturan pakai Imunvit Plus Sirup untuk buah hati Anda. 

Mengandung herbal tradisional

Imunvit Plus Sirup terbuat dari ekstrak Echinacea (Echinacea purpurea), tanaman berbunga pink yang masih tergolong dalam keluarga bunga daisy. Echinacea mengandung campuran senyawa aktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagian besar senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Echinacea juga telah lama digunakan untuk mencegah dan mengobati flu. 

Selanjutnya adalah ekstrak elderberry hitam. Saat ini, elderberry hitam banyak dikonsumsi sebagai suplemen untuk mengobati gejala pilek dan flu. Tapi secara historis, buah ini juga digunakan untuk mengobati demam. 

Suplemen ini juga dilengkapi dengan zinc picolinate dan selenium, dua mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Zinc berfungsi untuk meningkatkan fungsi imunitas serta menjaga kesehatan jantung. Dibandingkan dengan bentuk lainnya, zinc picolinate lebih mudah diserap tubuh sehingga efeknya akan terasa lebih cepat. Sedangkan selenium memiliki aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kelenjar tiroid.

Dengan kandungan tersebut, Imunvit Plus tak hanya berguna untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil tapi juga bermanfaat untuk:

  • Mencegah dan mengobati gejala pilek dan flu
  • Mempercepat proses pemulihan setelah anak jatuh sakit, terutama yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri
  • Meningkatkan daya tahan tubuh pada anak dengan kondisi kesehatan tertentu
  • Menurunkan berbagai risiko penyakit kronis

Bolehkah anak berusia 2 tahun diberikan Imunvit Plus?

Imunvit Plus aman diberikan pada anak berusia diatas 2 tahun dengan dosis sebanyak 2,5 ml (1/2 sendok takar), diberikan 3 kali sehari setelah makan.  

Imunvit Plus boleh diberikan ketika si kecil dalam kondisi sehat atau sakit. Namun jika anak mengalami kondisi di bawah ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya:

  • Memiliki penyakit kolagen
  • Pasien yang memiliki penyakit autoimun, seperti lupus, multiple sclerosis, dan psoriasis
  • Pasien infeksi tuberkulosis (TBC)

Anak yang sedang mengonsumsi obat-obatan atau suplemen tertentu juga disarankan untuk menanyakannya ke dokter mengenai keamanannya karena bahan-bahan dalam Imunvit Plus dapat menyebabkan interaksi obat yang dapat merugikan. 

Efek samping Imunvit Plus Sirup

Imunvit Plus mengandung ekstrak bunga Echinachea, Beberapa anak yang alergi terhadap serbuk sari bisa mengalami reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, bengkak, dan sesak napas setelah mengonsumsi Imunvit Plus. Untuk menghindari hal tersebut, jangan berikan Imunvit Plus pada anak yang alergi terhadap Imunvit Plus ataupun komponen lain dalam obat. 

Imunvit Plus juga dapat menyebabkan efek samping ringan seperti sembelit, mual, dan muntah. Dosis berlebih dapat menyebabkan nyeri pada ulu hati dan mengganggu fungsi hati. Karena itu gunakan Imunvit Plus secara bijak. 

Catatan

Imunvit Plus adalah salah satu suplemen daya tahan tubuh yang sering diresepkan dokter. Sebelum penggunaan, tanyakan lebih lanjut mengenai penggunaan obat seperti apakah boleh diminum setiap hari, pantangan, dan durasi penggunaan untuk menghindari risiko atau efek samping yang merugikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *