Berapa Total Biaya untuk Melakukan Imunisasi Dasar Lengkap?

Memberikan imunisasi dasar lengkap tentunya merupakan kewajiban orangtua pada si kecil. Hal ini dilakukan untuk mencegah terserangnya penyakit yang bisa berdampak pada kecacatan bahkan kematian saat di masa tumbuh kembangnya. 

Vaksin yang diberikan pun terdapat beberapa jenis. Selain itu harga imunisasi dasar lengkap untuk balita ini juga cukup beragam, sesuai dengan vaksin yang akan diberikan pada bayi. Ada yang gratis dan mendapat subsidi dari pemerintah, ada juga yang harus bayar.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk imunisasi dasar lengkap ini? Berikut daftarnya.

Imunisasi Polio

Agar anak terlindung dari penyakit polio, orangtua bisa melakukan imunisasi polio. Polio termasuk jenis penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan juga berdampak pada tumbuh kembang mereka. 

Vaksin polio ini harganya mulai dari 85 ribu hingga 300 ribu rupiah. 

Imunisasi BCG

Bakteri penyakit tuberculosis akan menyerang saluran pernapasan, otot, kelenjar getah bening, otak, tulang, hingga ginjal. 

Untuk mencegah terserangnya penyakit ini pada buah hati kita, bisa dilakukan imunisasi BCG. Vaksin ini diberikan pada bayi yang baru lahir dan disarankan untuk diberikan pada bayi paling lambat di usia sebelum 3 bulan. 

Paling optimal vaksin ini diberikan pada usia sebelum 2 bulan. Harga dari imunisasi BCG ini yakni sekitar 250 ribu hingga 375 ribu rupiah. 

Imunisasi Hepatitis B

Melindungi anak dari penyakit menular hepatitis B, imunisasi hepatitis B ini perlu dilakukan dan menjadi salah satu imunisasi dasar lengkap yang wajib diberikan pada anak. 

Vaksin ini bisa diberikan pada bayi yang usianya kurang dari 24 jam setelah dilahirkan. Imunisasi Hepatitis B bisa mencegah terjadinya penyakit yang menyerang organ hati. 

Untuk harga dari vaksin ini sekitar 90 ribu sampai 120 ribu rupiah.

Imunisasi Campak

Untuk mencegah penyakit campak, anak bisa diberikan imunisasi campak. Sebab penyakit ini bisa mengakibatkan pneumonia, diare, hingga radang otak. 

Harga imunisasi campak ini yakni sebesar 130 ribu hingga 155 ribu rupiah. 

Imunisasi DPT

Ini merupakan vaksin kombinasi yang diberikan agar anak terhindar dari tiga penyakit mematikan yakni difteri yang merupakan penyakit yang membuat bayi kesulitan bernapas, lumpuh, hingga mengalami gagal jantung. 

Sementara pertusis adalah batuk rejan yang akan membuat bayi batuk parah hingga tak bisa bernapas, tak jarang juga bisa menyebabkan kematian. 

Lalu tetanus yakni penyakit yang membuat otot kaku dan mulut tak bisa digerakan. Vaksin DPT ini dibanderol mulai dari 135 ribu hingga 300 ribu rupiah.

Ada pula beberapa jenis imunisasi tambahan yang dibutuhkan oleh si kecil, yakni:

  • Hib (Influenza Tipe B) yang harganya mulai dari 215 ribu hingga 219 ribu rupiah.
  • Vaksin PCV yang dihargai sebesar 400 ribu sampai 800 ribu rupiah.
  • Imunisasi Hepatitis A, harganya kisaran 350 ribu hingga 550 ribu rupiah. 
  • Rotavirus yang memiliki harga mulai dari 280 ribu hingga 400 ribu rupiah.
  • Vaksin influenza harganya sekitar 165 ribu hingga 290 ribu rupiah.
  • Vaksin MMR (Gondong, campak, Rubella) dibandrol sekitar 165 ribu hingga 475 ribu rupiah.
  • Imunisasi Tifoid mulai dari harga 150 ribu hingga 400 ribu rupiah.
  • Vaksin Varisela atau cacar air yang harganya sekitar 450 ribu sampai 630 ribu rupiah. 

Harga tersebut adalah kisaran harga mulai dari harga termurah hingga mahal. Biaya vaksin ini biasanya juga memiliki harga berbeda-beda di setiap daerah maupun rumah sakit.

Gratis imunisasi dasar lengkap

Mengingat Imunisasi Dasar Lengkap adalah salah satu program pemerintah, maka hal ini sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah, sehingga bisa dilakukan secara gratis di Puskesmas. 

Pastikan kamu sudah memiliki BPJS Kesehatan dan dalam keadaan aktif, ya. Kalau tidak punya, kamu pun tetap mendapatkan imunisasi dengan harga murah, yakni cukup membayar sekitar Rp2 ribu hingga Rp5 ribu.

Mengingat imunisasi adalah hal yang sangat penting terutama untuk melindungi tubuh bayi dari berbagai penyakit, maka jangan tunda imunisasi dan segera lakukan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *