HbA1c Tinggi, Ini 5 Tips Mengontrol Diabetes

HbA1c merupakan singkatan dari hemoglobin terglikasi. HbA1c kerap dijadikan sebagai tes untuk mengetahui seseorang terkena diabetes melitu atua tidak. Pasalnya lewat kadar HbA1c dapat diketahui glokasi yang terikat di aliran darah. Melihat kondisi diabetes dari HbA1c bahkan dipandang lebih akurat dibandingkan pengukuran kadar gula darah biasa. 

Normalnya ukuran HbA1c adalah di bawah 5,5 persen. Lebih daripada itu, orang tersebut bisa diindikasi mengalami diabetes ataupun pradiabetes. Diabetes sendiri merupakan suatu penyakit serius yang bisa berimbas ke rusaknya berbagai fungsi organ tubuh lainnya. 

Karena itulah ketika mendapati ukuran HbA1C Anda tinggi, sejumlah tindakan untuk mengontrol gula darah perlu dilakukan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk mencegah kadar gula darah terus menanjak sehingga makin membahayakan bagi tubuh. 

  1. Kurangi Asupan Karbohidat

Mulailah mengurangi konsumsi karbohidrat jika HbA1c Anda tinggi. Pasalnya, karbohidrat mengandung banyak gula yang bisa meningkatkan gula darah. Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa diet karbohidrat dapat menjadi cara jitu menurunkan kadar gula dalam darah secara signifikan. Namun, mengurangi bukan berarti menghilangkan. Anda tetap memerlukan asupan karbohidrat sebagai sumber energi, hanya saja kurangi volumenya. 

  1. Perbanyak Makan Serat 

Jika Anda jenis asupan yang mesti dikurangi, berarti ada pula yang mesti ditambah. Bagi Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan persentase hemoglobin terglikasi, disarankan Anda mengonsumsi lebih banyak serat yang bisa diperoleh dari sayur dan buah. Pasalnya, serat mampu memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Anda akan lebih mudah merasa senang dan tahan lama untuk tidak lapar karena asupan serat yang berlimpah. Alhasil, kadar gula darah pun bisa terkontrol. Sebagai informasi, asupan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.

  1. Minum Air Mineral 

Air mineral dapat membantu merehidrasi darah dan membantu ginjal untuk membuang kelebihan gula dalam tubuh. Karena itu secara langsung, konsumsi air yang cukup mampu membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Bahkan dalam sebuah studi yang ada dalam jurnal Diabetes Care, orang-orang ynag minum lebih dari 1 liter air mineral dalam sehari mampu memperkecil kemungkinan terkena penyakit diabetes sebesar 28 persen daripada mereka yang minum air mineral kurang dari setengah liter. 

  1. Rekreasi dan Meditasi 

Rekreasi maupun meditasi merupakan cara yang bisa Anda tempuh untuk menurunkan tingkat stres. Rasa stres yang berlebihan sendiri merupakan salah satu pemicu yan menyebabkan HbA1c menjadi tinggi. Ini karena saat stres, tuuh memproduksi hormone glucagon dan kortisol yang menyebabkan kadar gula darah naik.  Jadi jika Anda mulai merasa stres, cobalah untuk menurunkannya dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai lewat kegiatan yang rekreatif. Melakukan meditas yang menenangkan juga ampuh menurunkan tingkat stres Anda. 

  1. Olahraga Rutin 

Berat badan berlebih sangat berpengaruh pada potensi gula darah tinggi. Jadi, jika ingin menurunkan HbA1c, baiknya Anda juga memikirkan cara menurunkan berat badan. Olahraga menjadi jawabannya. Rutinlah melakukan olahraga minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing latihan minimal 20 menit. Olahraga yang teratur sehingga berat badan bisa turun terbukti menghindarkan seseorang dari kadar gula tinggi. Dalam sebuah studi didapati fakta, penurunan berat badan sebesar 7 persen dari sebelumnya bisa menurunkan risiko gula darah tinggi hingga 58 persen. Menakjubkan, bukan?

*** 

Anda memang perlu waspada jika mendapati nilai HbA1c Anda tinggi. Namun, jangan khawatir berlebihan terlebih dahulu. Cara-cara di atas terbukti efektif mengontrol gula darah sekaligus menurunkan HbA1c yang membuat panik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *