Hal Berikut Sebabkan Benjolan Pada Penis

Ada beberapa jenis benjolan pada penis. Kebanyakan dari penyebab kondisi ini tidak berbahaya, seperti kista, kutil kelamin, dan jerawat pada penis. Namun, meskipun jarang dijumpai, benjolan pada penis dapat disebabkan oleh kanker. Adapun beberapa penyebab lain benjolan pada penis di antaranya adalah papula penis pria (pearly penile papules), Fordyce spot, angiokeratomas, dan lymphoceles. Artikel ini akan membahas hal-hal tersebut dengan lebih mendetail. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, penis bengkak bisa saja disebabkan oleh kanker penis.

Pearly penile papula

Papula penis pria tau pearly penile papula adalah salah satu penyebab benjolan pada penis. Pearly penile papula merupakan benjolan-benjolan kecil pada penis yang memiliki warna sama dengan kulit di sekitarnya. Tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan benjolan ini. Namun, kondisi ini tidak berbahaya. Pearly penile papula biasanya muncul di bagian kepala penis, dan meskipun pearly penile papula mirip dengan jerawat, kondisi ini tidak terasa gatal atau memproduksi cairan apapun. Benjolan juga tidak terlalu menonjol., dan akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Adapun beberapa gejala pearly penile papula diantaranya adalah terlihat dan terasa halus, benjolan sangat kecil, dengan diameter berukuran 1-4 milimeter, dan terbentuk secara berbaris pada daerah kepala penis. Pearly penile papula tidak berbahaya dan tidak membutuhkan perawatan medis khusus. Namun Anda dapat berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan perawatan untuk menghilangkannya. 

Fordyce spot

Fordyce spot adalah benjolan kecil yang dapat muncul pada penis atau jaringan di sekitarnya, misalnya pada skrotum. Tidak seperti pearly penile papula, Fordyce sport berwarna kuning dan tidak terbentuk dalam baris atau kelompok yang teratur. Hampir semua orang terlahir dengan Fordyce spot (sekitar 70 hingga 80 persen orang dewasa), namun Fordyce spot dapat berubah menjadi lebih besar dan terlihat ketika kelenjar minyak yang berhubungan dengan kondisi ini tumbuh ketika seseorang melewati masa pubertas. Fordyce spot tidak perlu diobati, dan biasanya akan hilang sendiri seiring berjalannya waktu. Namun pilihan pembersihan, seperti terapi laser, tersedia. Hubungi dokter kulit untuk informasi lebih lanjut seputar perawatan ini. 

Angiokeratomas

Penyebab benjolan pada penis lain adalah angiokeratomas. Ini merupakan sekumpulan benjolan kecil dan berwarna merah terang yang terjadi ketika pembuluh darah di dekat kulit membesar. Benjolan terasa kasar dan dapat berubah menjadi lebih tebal seiring berjalannya waktu. Tidak diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kondisi ini, namun kemungkinan penyebab utamanya adalah tekanan darah tinggi (hipertensi) atau kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di dekat penis, seperti hemoroid atau varicocele (pembesaran pembuluh darah di skrotum).  Angiokeratomas biasanya tidak akan hilang, namun kondisi ini umumnya tidak berbahaya. Namun, angiokeratomas dapat menjadi gejala sebuah kondisi fungsi sel yang disebut penyakit Fabry, terutama apabila angiokeratomas ditemani dengan gejala lain seperti pendarahan yang sering terjadi dan tidak biasa. Hubungi dokter apabila Anda melihat benjolan pada penis berwarna merah ini. 

Hubungi dokter apabila Anda melihat adanya benjolan pada penis setelah melakukan hubungan seksual yang tanpa menggunakan pengaman. Gejala lain yang dapat diperiksa oleh dokter di antaranya adalah rasa nyeri pada saat ereksi atau ejakulasi, rasa terbakar saat buang air kecil, perasaan seperti Anda perlu lebih sering kencing, cairan yang keluar dari penis dengan bau tidak sedap dan warna yang tidak biasa, luka terbuka atau berdarah pada penis, menggigil, demam, tubuh terasa sangat lelah, dan turunnya berat badan yang tidak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *