Coba Menu Sarapan Sehat Ini Sebelum Memulai Aktivitas

Banyak sekali orang yang beralasan tak punya waktu sehingga seringkali melewatkan sarapan di pagi hari. Padahal ada banyak sekali manfaat sarapan bagi tubuh. Menyiapkan sarapan juga tidak begitu sulit. Dengan memilih menu sarapan sehat yang simpel dan mudah, sumber energi untuk memulai aktivitas harian akan terpenuhi.

menu sarapan pagi

Manfaat Sarapan Pagi

Orang dewasa yang teratur sarapan di pagi hari, kebutuhan akan vitamin dan mineral akan terpenuhi, berat badan terkontrol, serta sedikit lemak dan kolesterol. Berikut manfaat dari sarapan, yaitu:

  • Melindungi tubuh dari penyakit
  • Membuat Anda lebih fokus mengerjakan berbagai aktivitas harian
  • Membantu menurunkan berat badan karena membuat Anda tidak merasa lapar di siang hari sehingga lebih mudah mengontrol nafsu untuk tidak makan berlebihan
  • Memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan, seperti kebutuhan gizi menyeluruh, asupan serat, vitamin A, B, C, kalsium, dan nutrisi lainnya
  • Memperbaiki dan meningkatkan mood, sebab perut lapar membuat suasana hati menjadi tidak baik dan menyebabkan stres.

Menu Sarapan Sehat untuk Awali Hari

Setelah tahu ada banyak sekali manfaat sarapan, sebaiknya mulai sekarang rutinlah untuk menyiapkan waktu 10 menit di oagi hari untuk sarapan. Berikut menu sarapan sehat yang bisa Anda coba:

  1. Buah-buahan

Buah-buahan, apapun jenisnya, mengandung serat, rendah kalori, kaya akan vitamin, dan potasium. Satu gelas atau mangkok potongan buah mampu memenuhi kebutuhan 80-130 kalori tubuh untuk memulai aktivitas harian.

  • Oatmeal

Mungkin menu yang satu ini sudah sering dikonsumsi di pagi hari sebagai sarapan. Selain kaya serat, oatmeal akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga mengandung antioksidan dan dapat menurunkan tekanan darah.

  • Telur

Menu sarapan sehat satu ini simpel dan sangat mudah dibuat. Konsumsi telur di pagi saja sudah cukup membuat Anda merasa kenyang yang lebih lama. Telur memang dikenal sebagai makanan yang sangat bergizi. Mengkonsumsi telur di pagi hari membuat keinginan makan terlalu banyak kalori di siang hari jadi berkurang.

Anda dapat mencoba membuat 3 scramble egg dengan 1,5 roti putih. Ini sudah memenuhi 22% energi dari karbohidrat, 55% energi dari lemak, serta 23% energi dari protein.

  • Yogurt

Yogurt memang terkenal sebagai makanan sehat dan kaya akan protein yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Produk susu dan yogurtini juga dapat mengontrol berat badan sebab kadar hormon PYY dan GLP-1 yang berfungsi membuat rasa kenyang akan meningkat.

  • Beri

Buah beri memang sudah dikenal bermanfaat bagi kesehatan dan ampuh mencegah dari berbagai penyakit. Beri mengandung berbagai macam mineral seperti zinc, zat besi, copper, mangan, hingga selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan.

Buah seperti rasberi, stroberi, bluberi, hingga beri hitam mengandung sedikit gula namun kaya serat. Rutin konsumsi buah beri ini dapat menjaga dan mengurangi peradangan, menjaga sel pelapis pembuluh darah. Inilah mengapa buah beri cocok untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan sehat.

  • Teh Hijau

Teh hijau disebut minuman paling sehat di dunia yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Minuman ini juga kaya antioksidan yang punya segudang manfaat seperti melindungi jantung, otak, serta saraf dari kerusakan. Selain itu juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bahkan minuman ini disebut resep umur panjang pada masyarakat Jepang.

  • Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan mood dan membuat Anda lebih fokus. Sehingga minum kopi untuk memulai hari adalah pilihan yang tepat. Setidaknya, maksimal dalam sehari dosis yang aman minum kopi sekitar 4 gelas.

  • Biji Chia

Salah satu sumber serat terbaik adalah dari biji chia. Kandungan antioksidan pada biji chia dapat melindungi tubuh dari radikal bebas selama proses metabolisme. Biji chia sangat cocok dimasukkan dalam menu sarapan sehat. Biji chia ini juga dapat mengurangi risiko terserang penyakit kronis, misalnya penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, hingga alzheimer dan parkinson.

  • Kacang Tanah

Nyemil kacang tanah memang mengenyangkan dan bergizi. Ternyata juga bisa dijadikan sebagai sarapan sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Kandungan dalam kacang tanah bermanfaat bagi kesehatan, seperti potasium, magnesium, serta lemak tak jenuh tunggal.

  1. Protein Kocok

Menu sarapan sehat terakhir yang juga cukup mudah dibuat adalah smoothies atau shake dari gabungan ggandum, telur, dan kacang kedelai agar lebih mudah diserap oleh tubuh. Ini akan membuat Anda lebih lama merasa kenyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *