Cek Kolesterol di Prodia Gading Serpong, Bagaimana Prosedurnya?

Tahukah Anda bahwa kadar kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke? Inilah mengapa penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kolesterol secara rutin di Prodia Gading Serpong.

Pemeriksaan kolesterol akan membantu Anda agar bisa memantau perkembangan kolesterol Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gambaran mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mencegah komplikasi kolesterol yang lebih serius.

Prosedur cek kolesterol di Prodia Gading Serpong

Pemeriksaan kolesterol umumnya memiliki prosedur yang serupa, baik itu pemeriksaan di rumah sakit maupun di laboratorium klinik seperti Prodia. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pemeriksaan ini, yaitu: 

  • Pengambilan sampel darah

Jenis tes yang pertama bisa dilakukan dengan menggunakan darah Anda sebagai sampel. Pihak laboratorium akan mengambil sejumlah darah dari lengan Anda menggunakan jarum. 

Darah tersebut akan dijadikan sampel dan digunakan untuk pengujian lebih lanjut di laboratorium. Biasanya, dibutuhkan waktu beberapa hari untuk mendapatkan hasil pengujian ini.

Anda mungkin akan diminta oleh pihak Prodia Gading Serpong untuk tidak makan selama 12 jam sebelum menjalankan tes ini. Karena, makanan yang Anda konsumsi akan memengaruhi kualitas darah Anda. 

  • Menusuk jari

Jenis tes ini cenderung lebih sederhana dan biasanya tidak harus dilakukan dengan pengujian di laboratorium. Sampel darah diambil dengan menusuk jari menggunakan alat khusus.

Kemudian, darah akan diteteskan di secarik kertas, lalu dimasukkan ke dalam mesin khusus. Mesin itu akan menunjukkan hasil kadar kolesterol Anda. Prosedur ini hanya memerlukan waktu beberapa menit.

Tapi, perlu diingat, tes jenis ini tidak bisa sepenuhnya dijadikan acuan untuk menentukan pengobatan. Jenis tes ini hanya bisa mendeteksi gejala awal dari kolesterol, tapi Anda tetap memerlukan tes darah di laboratorium untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti.

Siapa saja yang perlu melakukan cek kolesterol?

Sebenarnya, siapapun boleh melakukan cek kolesterol sekedar untuk memantau kondisi kolesterol dalam tubuh. Tapi, secara khusus, Anda dianjurkan untuk melakukan cek kolesterol di Prodia Gading Serpong apabila termasuk ke dalam faktor risiko berikut ini: 

  • Berusia di atas 40 tahun

Kolesterol tinggi lebih mungkin terjadi pada orang dewasa di atas usia 40 tahun. Oleh sebab itu, jika Anda sudah melewati usia ini, maka dianjurkan untuk melakukan tes secara rutin.

Anda bisa melakukan pemeriksaan kolesterol setiap dua tahun sekali jika Anda adalah pria dalam rentang usia 45-65 tahun, atau wanita dalam rentang usia 55-65 tahun. Jika sudah di atas 65 tahun, sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap satu tahun sekali.

  • Menderita penyakit arteri koroner

Anda lebih mungkin terkena kolesterol tinggi jika sejak awal sudah menderita penyakit arteri koroner. Penyakit ini bisa terjadi apabila Anda tidak aktif secara fisik, memiliki riwayat kolesterol dan serangan jantung secara genetik, obesitas, serta memiliki kebiasaan merokok.

  • Mengonsumsi obat penurun kolesterol

Jika sebelumnya Anda sudah terbukti memiliki kolesterol yang tinggi, Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan di Prodia Gading Serpong secara rutin. Ini penting untuk memantau dan mengevaluasi efektivitas pengobatan yang sudah dilakukan. 

Anda bisa melakukan pemeriksaan kolesterol meskipun belum berusia 40 tahun. Hal ini justru baik sebagai upaya pencegahan.

Jika Anda ingin melakukan cek kolesterol, maka pilihlah Prodia Gading Serpong sebagai laboratorium yang Anda tuju. Hasilnya bisa Anda bawa ketika akan berkonsultasi dengan dokter di lain waktu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *