Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala untuk Rambut Berkilau

Bagi wanita khususnya, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga. Karena itu banyak wanita yang rela mengeluarkan uang demi melakukan perawatan rambut di salon. Namun untuk membuat rambut yang berkilau, Anda juga harus memerhatikan kesehatan kulit kepala. Karena kulit kepala yang bermasalah bisa memengaruhi rambut.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Memiliki masalah pada kulit kepala bisa berdampak pada penampilan rambut, seperti misalnya ketombe. Ketombe merupakan masalah yang membuat munculnya serpihan putih pada kulit kepala. Ketombe yang berwarna putih tentu akan sangat terlihat pada rambut hitam, bahkan pada kasus yang parah, serpihan ketombe bisa dengan mudah terlihat pada baju yang berwarna gelap. Hal tersebut tentu memengaruhi rasa percaya diri Anda. Orang berketombe juga cenderung memiliki rambut berminyak yang kerap kali terlihat lepek.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit kepala, seperti:

  1. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Lembut

Hindari produk perawatan rambut yang memiliki kandungan sulfat, alkohol atau wewangian untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda. Itu karena sulfat akan menghilangkan minyak alami di rambut dan mengangkat sel kulit mati yang akan membuat kulit kepala kering dan rentan terhadap iritasi.

Kulit kepala juga cenderung sensitif sehingga produk dengan kandungan alkohol dan wewangian akan menarik kelembaban dari rambut Anda. Sehingga rambut akan terasa kering dan rusak. Hal tersebut bisa menyebabkan peradangan yang membuat kulit kepala terasa kering, gatal dan iritasi.

Selain itu, hindari juga produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras seperti pewarna dan pemutih. Karena bisa membuat batang rambut dan kulit kepala mengalami kerusakan.

  1. Cuci Dengan Lembut

Cuci rambut Anda dengan lembut dan hindari menggosok kulit kepala dengan keras. Anda mungkin berpikir jika menggosok kulit kepala dengan keras akan membantu mengangkat kotoran atau ketombe dari kulit kepala. Nyatanya melakukan hal tersebut akan membuat kulit kepala Anda terluka dan lecet. Untuk menghindarinya, bersihkan kulit kepala dengan cara memijat. Hal ini juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

  1. Jangan Keramas Terlalu Sering

Keramas atau mencuci rambut terlalu sering akan menghilangkan minyak alami pada kulit. Hal tersebut akan membuat kulit kepala akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk membuatnya tetap terhidrasi sehingga rambut akan terlihat berminyak. Terlalu sering mencuci rambut juga bisa membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mencuci rambut setidaknya tiga sampai empat kali seminggu.

  1. Konsumsi Suplemen Omega-3

Omega-3 bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun juga bisa memberikan manfaat nyata untuk kesehatan kulit kepala. Kombinasi omega-3 dan minyak ikan mampu merangsang sirkulasi di kulit kepala. Bukan hanya itu saja, omega-3 juga mampu meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.

  1. Gunakan Scrub

Siapa bilang scrub hanya tersedia untuk tubuh? Nyatanya ada scrub yang khusus untuk kulit kepala. Scrub akan membantu mengelupas kulit kepala dan membantu menghilangkan sel-sel kulit berlebih, minyak dan ketombe. Scrub juga bisa melebarkan pembuluh darah di bawah kulit yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

  1. Konsumsi Antioksidan

Anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan untuk mencegah stres oksidatif. Stres oksidatif yang terjadi karena tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh, bisa menyebabkan masalah pada kulit kepala dan membuat rambut rontok. Anda bisa mendapatkan antioksidan dari dark chocolate, stroberi, blueberry hingga kale.

Kesehatan kulit kepala sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda. Gunakan produk yang tepat dan perlakukan rambut serta kulit kepala Anda dengan lembut untuk membuatnya tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *