Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Coba dengan Bahan Alami Ini!

Bau ketiak kerap kali membuat siapa pun merasa tak nyaman, bahkan menghilangkan rasa percaya diri seseorang yang mengalaminya. Bau ketiak dan aroma yang tidak sedap tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, namun juga dapat mengganggu sekitar. 

Cara menghilangkan bau ketiak dengan bahan alami mungkin dapat Anda coba. Bahan-bahan berikut tentunya aman digunakan dan mungkin tidak akan menimbulkan iritasi atau bahaya pada ketiak Anda. berikut beberapa caranya. 

Cara menghilangkan bau ketiak

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel diperkaya oleh asam asetat dalam jumlah yang cukup. Selain itu, cuka sari apel memiliki karakteristik yang bersifat asam, yang dapat menghancurkan mikroba beracun dalam tubuh. Sifat antimikroba dan sifat asam dapat menghancurkan bakteri penyebab bau badan. Oleskan cuka sari apel langsung pada ketiak Anda pada malam hari dan bilas dengan air hangat di pagi hari.

  1. Jus tomat

Jus tomat terkenal karena fitur astrigen dan antioksidan yang signifikan, yang dapat membantu menghilangkan sekresi kelenjar keringat berlebih, serta bakteri permukaan tubuh. Anda dapat mencelupkan kain ke dalam jus tomat dan oleskan pada ketiak Anda, kaki dan bagian tubuh lain yang memiliki bau yang tidak sedap, untuk menutup pori-pori kulit dan menekan produksi keringat yang berlebih. 

  1. Baking soda

Soda kue atau baking soda dapat membantu menyerap kelembaban dari kulit dan mengurangi bau. Anda dapat mencampurkan soda kue dan jus lemon/perasan lemon dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan ke ketiak Anda selama beberapa menit, dan bersihkan. Sebagai alternatif, campurkan soda kue dan tepung maizena dengan perbandingan sama yang dapat berfungsi sebagai deodoran. 

  1. Jus lemon

Lemon bertindak sebagai antiseptik yang hebat, di mana dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau badan. Anda dapat mengoleskan jus dari setengan lemon ke ketiak Anda atau, jika Anda memiliki kulit sensitif encerkan dahulu dengan air. 

  1. Gram kasar

Garam batu atau kasar memiliki sifat pembersih yang kuat, yang dapat menghilangkan keringat berlebih dan mempengaruhi kerja mikroba yang tinggal di permukaan kulit. Anda cukup menambahkan beberapa kristal garam batu ke dalam bak atau ember berisi air hangat, aduk rata sampai larut sepenuhnya dan mandi dengan santai, agar keringat dan bau badan tetap terkendali. 

  1. Kantung teh hijau

Terkenal karena memiliki antioksidan dan potensi detoksifikasi, kantong teh hijau adalah berkah yang merupakan salah satu cara menghilangkan bau ketiak atau bau kaki. Caranya, celupkan beberapa kantong teh ke dalam air hangat dan setelah benar-benar basah, tekan pada daerah ketiak dan kaki masing-masing selama 5 menit dan bilas. Hal ini berfungsi untuk mengatur kelenjar keringat Anda dan mengurangi bau. 

  1. Witch hazel

Witch hazel adalah astringent yang dapat mengontraksi pori-pori kulit serta mengurangi produksi keringat. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan di bawah lengan Anda saat Anda berkeringat, dan ini akan bertindak seperti antiperspiran. 

Jadi, Anda dapat mencoba beberapa cara menghilangkan bau ketiak di atas. Jika memang beberapa cara tersebut tidak juga membantu Anda dalam mengurangi bau ketiak, ada baiknya untuk mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter dan mendapatkan solusi dari masalah Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *