Cara Menggunakan Kompres Dingin yang Tepat

Kompres dingin adalah kompres yang digunakan untuk mengurangi inflamasi atau peradangan, seperti saat terjadinya pembengkakan atau untuk menghentikan perdarahan. Pasalnya, kompres dingin dapat menghambat sirkulasi darah sehingga dapat meringankan rasa sakit dan memar. Kompres dingin bisa Anda dapatkan di apotek atau supermarket terdekat. Kompresi ini pun bisa Anda buat sendiri di rumah. Caranya dengan membungkus es batu dengan handuk atau membahasi handuk dengan air dingin.

kompres dingin

Kompres dingin dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat terjadi cedera ringan yang terjadi secara tiba-tiba atau akut, seperti keselo atau pun kram otot. Kompres ini dapat dengan efetif digunakan segera setelah cedera terjadi hingga 48 jam kemudian. Kompres dingin juga dapat digunakan untuk meringankan demam, sakit kepala, nyeri ambeien hingga alergi.

Selain itu, kompres dingin juga bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. meskipun demikian, Anda perlu hati-hati saat menggunakannya pada bayi. Pasalnya, suhu dingin mungkin terlalu kuat untuk bayi. Jika ingin menggunakan kompres pada bayi, maka leibh baik gunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air deingin bukan es batu.

Setelah membeli atau membuat kompres dingin, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakannya agar manfaatnya optimal. Pada kondisi cedera akut, gunakan kompres dingin dengan cara berikut ini:

  • Segera istirahatkan area yang mengalami cedera.
  • Gunakan kompres yang mengandung es atau sesuatu yang beku, contoh seperti kemasan ice pack, es batu yang dibungkus kain, atau handuk basah yang dibekukan kemudian dimasukkan ke dalam plastik bersegel.
  • Tempelkan kompres dingin pada area tersebut sesegera mungkin setelah cedera terjadi. Cara ini dapat membantu mengurangi inflamasi, perdarahan, dan memar.
  • Jika bisa, bebat area cedera yang sudah ditempelkan kompres dingin dengan sesuatu yang elastis seperti kain. Bila tidak, biarkan area ini dalam kondisi diam selama beberapa menit namun jangan lebih dari 20 menit. Ganti kompres secara berkala setiap 10-20 menit.
  • Usahakan untuk mengangkat area cedera lebih tinggi dari posisi jantung. Contohnya, bila cedera terjadi di pergelangan kaki, berbaringlah dengan menyangga pergelangan kaki dengan beberapa bantal. Cara ini dapat membantu meringankan bengkak.

Anda juga bisa mengompres dingin sebanyak yang Anda mau dalam 48 hingga 72 jam setelah cedera terjadi. Namun jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik dalam 72 jam, Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Pada gangguan lain, seperti sakit kepala dan demam, kompres dingin yang digunakan boleh tidak mengandung es. Kain atau handuk yang dicelup air dingin kemudian diperas sudah bisa menjadi kompres dingin. Cara penggunaan kompres dingin pun sedikit berbeda. Anda cukup menempelkan kain atau handuk dingin tersebut di area dahi atau kepala atau area nyeri lainnya, seperti mata bila alergi, area dubur bila ambeien, ataupun area sendi bila nyeri asam urat. Celup kembali handuk ke air dingin dan peras kemudian tempelkan saat kompres tidak terasa dingin lagi. Ulangi terus cara ini hingga kondisi membaik. Dalam menggunakan kompres dingin, ikuti aturan dan petunjuk yang telah disebutkan di atas untuk mendapatkan manfaat optimal tanpa efek samping

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *