Cara Mengatasi Perut Panas Akibat Makan Makanan Pedas

Pada umumnya makanan pedas lebih menggugah selera kebanyakan orang, terlebih banyak menu dengan kekuatan rasa pedas yang memiliki daya pikat. Meskipun tidak sedikit orang yang mengonsumsi makanan pedas setelahnya merasakan sakit perut. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang mencari cara menghilangkan rasa pedas dengan cepat.

Cara ini diperlukan bagi seseorang yang menyukai makan pedas tetapi setelahnya justru merasakan perut menjadi panas. Rasa panas yang terasa di perut setelah makan pedas diakibatkan adanya kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa dilakukan dengan segera untuk mengatasi kondisi ini.

Cara Menghilangkan Rasa Pedas

  1. Minum Susu

Kebanyakan orang mungkin sudah mengetahui khasiat yang diberikan dari minum susu, salah satunya memang dapat dijadikan untuk mengatasi masalah pedas atau perut panas. Secangkir susu mampu menjadi obat untuk menetralkan asam dari makanan pedas yang dikonsumsi. Meski demikian, jangan mengonsumsi terlalu banyak.

  • Berbaring

Cara mengatasi perut panas akibat konsumsi makan pedas juga dapat dilakukan dengan berbaring, berbaring telentang dengan posisi lurus dengan menaruh bantal di bawah kepala agar posisi kepala berada 15-20 cm di atas kaki. Posisi tersebut diklaim mampu meringankan rasa panas di perut karena konsumsi makanan pedas.

  • Minum Teh Peppermint

Usai mengonsumsi makanan pedas, dapat langsung meminum teh pepermint untuk meredakan rasa pedas yang dirasakan. Peppermint mengandung zat anti-nyeri bisa mengurangi rasa nyeri dan perut panas. Untuk itu, jangan ragu untuk mengonsumsi teh peppermint yang panas ketika perut terasa panas usai makan makanan pedas.

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur sebelum dan sesudah makan makanan yang pedas, buah dan sayuran bisa meluruhkan capsaicin yang terkandung di dalam cabai. Kandungan yang menyebabkan rasa panas pada perut muncul setelah mengonsumsi makanan pedas.

  • Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga dapat mengatasi perut panas akibat makan pedas, yogurt membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Bakteri inilah yang mampu membantu melepaskan suhu panas dan membantu memperlancar pencernaan, tentu yogurt dapat menjadi pilihan tepat ketika seseorang merasa panas di perut karena terlalu banyak makan cabai.

  • Air Kelapa

Bukan rahasia umum jika air kelapa memiliki banyak khasiat, termasuk salah satunya mendinginkan perut panas akibat makan makanan pedas. Air kelapa mendinginkan perut karena memiliki sfat basa sehingga mampu membuat netral kadar asam dalam perut sekaligus mendinginkan lapisan perut.

  • Hindari Rokok, Alkohol dan Kafein

Merokok setelah makan pedas justru memperparah kondisi perut panas, hal itu dikarenakan merokok bisa melemahkan kinerja otot pada lambung yang berfungsi mencegah asam lambung naik ke tenggorokan. Sementara itu kafein dan alkohol juga dapat memberi efek yang sama ke perut ketika dikonsumsis setelah makan pedas.

Merupakan kondisi yang wajar ketika seseorang merasakan perutnya panas setelah makan pedas, makanan pedas akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan tubuh. Sensasi ini disebabkan karena zat capsaicin bersentuhan dengan lapisan lambung, sarafyang ada di bagian itu langsung mengirim sinyal rasa sakit dan panas.

Reaksi ini tidak berlaku untuk semua orang karena beberapa di antaranya sangat mungkin bisa untuk makana pedas dengan nyaman dan aman tanpa mengalami panas di perut, mulas atau kram perut. Beberapa cara menghilangkan rasa pedas di atas bisa diandalkan untuk mengatasi kondisi tidak nyaman yang muncul akibat itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *