Cara Memilih Piyama Hamil yang Nyaman

Saat hamil, tentu banyak para ibu yang mengeluh mengenai ukuran pakaian yang berubah secara drastis. Hal ini wajar terjadi karena selama masa kehamilan karena seiring bertambahnya usia kandungan dan perkembangan janin, Anda akan mengalami penambahan berat badan yang signifikan. Oleh karena itu, para ibu tentu harus menggunakan pakaian yang nyaman digunakan sehari-hari, seperti piyama hamil. Pilihlah piyama hamil yang berbahan lembut dan menyerap keringat agar membuat Anda nyaman seharian.

Piyama hamil dapat membuat tidur kamu nyenyak
  1. Cara Memilih Piyama yang Tepat Berdasarkan HPL Bayi 

Selain mengonsumsi makanan yang kaya gizi, para Ibu juga perlu memilih pakaian yang tepat untuk digunakan selama masa kehamilan. Sebelum membeli piyama khusus untuk ibu hamil, cobalah untuk memperhatikan kondisi perut Anda yang makin membesar dari waktu ke waktu. 

Umumnya, perut Anda akan terlihat besar saat usia kehamilan memasuki minggu ke-24 atau bulan keenam. Saat inilah yang tepat bagi para Ibu untuk mempertimbangkan membeli pakaian khusus untuk hamil. 

Pilihlah pakaian yang berukuran besar agar muat dipakai hingga masa kelahiran. Jika Anda berencana untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi, pertimbangkan juga memilih pakaian piyama yang busui friendly. Pilihlah piyama hamil berkancing depan atau yang memiliki bukaan khusus menyusui (breastfeeding pocket). 

  1. Pilihlah piyama hamil berdasarkan fungsi dan desain 

Saat ini, ada banyak piyama hamil yang lebih menekankan pada kenyamanan saat digunakan. Namun, penting juga untuk Anda memperhatikan desain dan fungsi masing-masing piyama yang ada di pasaran. Berikut ini jenis-jenis piyama berdasarkan desain dan fungsinya.

  1. Piyama daster

Ketika perut Anda semakin membesar, Anda akan merasa kesulitan menggunakan celana panjang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai daster. Pakaian model ini hanya berupa one piece sehingga mudah dipakai dan nyaman digunakan. 

Saat Anda ingin mengunjungi rumah sakit untuk bersalin, dokter biasanya akan menyarankan Anda memakai pakaian yang nyaman, termasuk daster. Tujuannya untuk mempermudah dokter dalam melakukan pemeriksaan. 

  1. Piyama dengan kancing 

Ketika memilih piyama hamil, Anda dapat memilih piyama yang memiliki kancing di bagian depan karena busui friendly. Pakaian jenis ini akan memudahkan Anda memberikan ASI 

  1. Piyama berlengan longgar : Memudahkan proses pemeriksaan kehamilan

Pilihlah piyama berlengan panjang atau pendek yang berukuran besar atau longgar. Hindari lengan pakaian yang terlalu ketat karena dapat mempersempit gerak Anda dan menyulitkan dokter saat pemeriksaan, seperti pengambilan darah, infus, atau memandikan bayi.

Selain itu, selama kehamilan, secara tak terduga lengan Anda akan membesar dengan sendirinya yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Jadi, sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang memiliki ukuran kerah, lengan, dan perut yang longgar agar Anda leluasa bergerak

Tips Memilih Piyama yang Nyaman

Pemilihan bahan yang pas untuk piyama hamil merupakan hal yang sangat penting. Saat hamil besar, Anda akan sering buang air kecil di malam hari. Jika sudah melahirkan, tentu Anda akan sering menyusui buah hati. Oleh karena itu, pilihlah pakaian yang nyaman digunakan, yaitu:

  • Bahan yang lembut
  • Pilihlah pakaian dengan bahan yang ringan 
  • Pilih pakaian yang bahannya mudah dibersihkan 
  • Pilihlah pakaian yang longgar agar Anda leluasa dalam bergerak
  • Pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat. Hal ini karena metabolisme pada ibu saat hamil dan melahirkan akan meningkat daripada biasanya sehingga keringat lebih banyak keluar, terutama saat cuaca panas. Anda dapat memilih baju berbahan katun karena sejuk dan dapat menyerap keringat dengan baik. Salah memilih bahan pakaian dapat menyebabkan iritasi pada kulit Ibu akibat tumbuhnya bakteri dan jamur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *