Cara Keratin Dalam Smoothing Rambut

Smoothing rambut adalah salah satu perawatan di salon bagi wanita yang menginginkan rambut mereka terlihat lurus, lembut, dan berkilau.

Keratin adalah suatu jenis protein yang membuat rambut, kulit, dan kuku. Keratin juga dapat ditemukan di organ dan kelenjar tubuh bagian dalam. Keratin merupakan sebuah protein yang melindungi, dan kurang rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan sel jenis lain yang diproduksi oleh tubuh. Keratin dapat diambil dari bulu, tanduk, dan wol dari hewan yang berbeda dan digunakan sebagai bahan dari kosmetik rambut. Karena keratin adalah struktur inti dari rambut, banyak orang percaya bahwa suplemen, produk, dan perawatan keratin dapat membantu memperkuat rambut, digunakan untuk smoothing rambut, dan membuatnya tampak lebih sehat. 

Metode dan penggunaan

Orang-orang yang menggunakan keratin untuk smoothing rambut melaporkan bahwa rambut mereka menjadi lebih halus dan mudah ditata. Efek yang dihasilkan pun berbeda-beda, tergantung apakah rambut Anda sehat sejak awal, seberapa tebal rambut alami Anda, dan jenis perawatan keratin apa yang Anda dapatkan. Keratin bekerja dengan cara melembutkan sel-sel yang saling tumpang tindih untuk membentuk helai-helai rambut. Lapisan-lapisan sel, yang dikenal dengan nama kutikula rambut, secara teori dapat menyerap keratin, menghasilkan rambut yang terlihat penuh dan berkilau. Keratin juga diklaim mampu membuat rambut keriting menjadi tampak lebih lurus dan mudah ditata. Beberapa cara mendapatkan manfaat dari keratin dapat Anda peroleh melalui metode-metode sepert:

  • Perawatan keratin di salon

Kadang disebut dengan perawatan keratin dari Brazil, metode yang membutuhkan cukup banyak waktu ini menggunakan keratin dalam beberapa langkah. Pertama, krim yang mengandung formaldehyde dioleskan ke rambut sebelum dikeringkan dan diluruskan menggunakan hairdryer. Setelah perawatan dioleskan, Anda diminta untuk menjaga agar rambut tetap kering selama beberapa hari. Ketika Anda kembali mengunjungi salon agar zat kimia tersebut dapat dibersihkan, Anda akan mendapatkan perawatan lanjutan agar memperoleh efek tampak lurus. Perawatan ini diklaim dapat bertahan hingga 12 minggu. 

  • Serum, sampo, dan conditioner yang mengandung keratin

Serum, sampo, dan conditioner dengan kandungan keratin di dalamnya tidak dapat memberikan klaim yang serupa yang Anda dapatkan dari perawatan keratin salon. Namun, produk-produk ini dipercaya dapat membuat rambut lebih resisten terhadap kerusakan dan mampu memperbaiki rambut yang telah kering akibat panas dan pewarna rambut. Untuk menemukan produk dengan khasiat ini, pilihlah produk-produk yang bertuliskan “keratin hydrolysates” pada daftar bahan baku. Para peneliti mengambil kesimpulan dari penelitian mereka di tahun 2014 bahwa komponen aktif dalam keratin merupakan bahan yang menjanjikan bagi orang-orang yang ingin memiliki rambut lebih kuat. 

  • Suplemen keratin

Anda bisa menemukan suplemen keratin di toko-toko makanan kesehatan. Suplemen keratin hadir dalam bentuk bubuk atau kapsul. Perlu diingat bahwa ada risiko kesehatannya sendiri apabila Anda menggunakan suplemen keratin. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, suplemen keratin dapat membuat penumpukan protein di dalam tubuh. 

Risiko dan efek samping keratin

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan keratin sebagai alat smoothing rambut, perlu diketahui bahwa perawatan keratin di salon menggunakan formaldehyde dalam jumlah yang banyak. Orang-orang yang bekerja di salon rambut bahkan melaporkan bahwa mereka menderita mimisan dan memiliki masalah pernapasan setelah bersentuhan dengan produk-produk perawatan keratin dan menghirup asap produk dalam waktu yang lama. Kadar formaldehid tersebut melebihi standar keamanan nasional . Untuk alasan tersebut, wanita hamil diharapkan untuk menghindari perawatan jenis ini. Orang-orang dengan sensitivitas terhadap formaldehid atau memiliki masalah pernapasan juga harus menghindari perawatan keratin di salon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *