Bukan Hanya Terapi, Atasi Depresi dengan Obat Antidepresan Alami

Ketika seseorang mengalami depresi, upaya pengobatan yang paling umum adalah melalui terapi. Akan tetapi, selain terapi, sebenarnya depresi juga bisa diatasi dengan obat antidepresan alami.

Macam-macam obat antidepresan alami untuk atasi depresi

Obat antidepresan alami bisa membantu Anda untuk lebih cepat pulih dari gejala depresi Anda, khususnya jika digunakan bersamaan dengan terapi. Berikut ini beberapa rekomendasi bahan alami untuk digunakan sebagai antidepresan:

  • Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 merupakan kandungan alami yang bisa digunakan untuk atasi depresi. Asam lemak ini tergolong sebagai jenis lemak yang sehat dan bisa ditemukan pada ikan salmon, trout, dan sarden.

Selain dari makanan, asam lemak omega-3 sebagai antidepresan juga tersedia dalam bentuk suplemen. Terkadang, suplemen ini disebut juga dengan kapsul minyak ikan.

Anda juga bisa menambahkan asupan ikan dalam makanan sehari-hari Anda. Makan ikan tiga kali dalam seminggu bisa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 tanpa bantuan suplemen.

  • Ginseng

Ginseng merupakan bahan alami yang menjadi bahan natural khas dari negara-negara di Asia. Suplemen ginseng didapatkan dari akar keriput tanaman ginseng. 

Penggunaan ginseng untuk kesehatan telah dilakukan sejak lama oleh para ahli pengobatan tradisional dari Tiongkok. Ginseng dipercaya bisa membantu meningkatkan kejernihan mental dan energi serta mengurangi efek stres.

Beberapa orang mengasosiasikan khasiat ginseng dengan solusi potensial untuk energi yang rendah dan motivasi yang dapat mengatasi depresi. Akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

  • Folat

Kandungan folat juga merupakan zat yang diperlukan tubuh Anda, salah satunya untuk mengatasi dan mencegah depresi. Mengonsumsi 500 mikrogram asam folat telah terbukti bisa meningkatkan efektivitas obat antidepresan lainnya.

Cara terbaik untuk meningkatkan kadar folat Anda adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat. Makanan ini termasuk kacang-kacangan, lentil, sereal, sayuran berdaun gelap, biji bunga matahari, dan alpukat.

Anda juga bisa membeli suplemen asam folat khusus di apotek. Hal ini bisa dilakukan jika Anda tidak ingin mengonsumsi makanan alami yang mengandung asam folat. 

  • Kamomil

Kamomil seringkali digunakan sebagai bahan alami untuk membuat teh herbal. Kandungan alami ini juga bisa berperan sebagai obat antidepresan alami Anda.

Kamomil merupakan bunga dari tanaman Matricaria recutita. Berdasarkan penelitian, kamomil terbukti efektif dalam mengatasi depresi dan gangguan kecemasan yang dialami oleh seseorang. 

Penelitian ini telah membuktikan bahwa kamomil bisa menghasilkan kelegaan yang lebih signifikan dari gejala depresi daripada plasebo. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut lagi untuk memastikan dampak kesehatan dari penggunaan kamomil ini.

  • St. John’s Wort

St. John’s Wort merupakan suplemen herbal yang sering dianjurkan untuk para penderita depresi. Suplemen ini telah digunakan untuk tujuan medis selama bertahun-tahun di seluruh dunia.

Mengonsumsi St. John’s Wort dipercaya bisa berkontribusi dalam meningkatkan kadar serotonin. Serotonin ini merupakan zat kimia yang memberikan perasaan nyaman di otak. Hal ini membuat St. John’s Wort bisa bekerja sebagai obat antidepresan alami

Akan tetapi, suplemen ini juga bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu efek pengobatan antidepresan dari obat lainnya. Penggunaan St. John’s Wort hingga saat ini masih banyak menuai pro dan kontra.

Masih ada beberapa bahan herbal lainnya yang bisa dijadikan sebagai obat antidepresan alami. Obat ini bisa membantu mempercepat penyembuhan Anda bila dibarengi dengan terapi dan pengobatan resmi dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *