Beberapa Opsi Sayuran Berwarna Merah

Sayuran berwarna hijau bukanlah satu-satunya sayuran sehat di luar sana. Menurut Mayo Clinic, sayuran berwarna merah, seperti tomat dan paprika, dapat membantu mengurangi resiko diabetes, osteoporosis, dan kolesterol tinggi.

Sayur-sayuran berwarna merah alami itu sehat dan tinggi nutrisi, sumber vitamin yang bagus dan produk yang sempurna untuk mengkonsumsi antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

Fitonutrien yang memberi warna merah pada keindahan sayur-sayuran ini juga memiliki manfaat kesehatan yang kuat. Warna yang lebih pekat, seperti rona gelap pada bit, biasanya berarti sayuran lebih kaya fitonutrien ini termasuk antioksidan, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini telah terbukti membantu mencegah kanker, melawan penyakit kronis, dan memperkuat sistem kekebalan.

Sayuran berwarna merah mendapatkan rona dan nutrisi tambahan dari likopen dan antosianin. Likopen adalah antioksidan yang terbukti dapat mengurangi resiko penyakit jantung, melindungi mata, melawan infeksi, dan melindungi dari kerusakan akibat asap tembakau.

Para peneliti juga mempelajari potensi perlindungannya terhadap kanker prostat dan tumor lainnya. Antosianin dipercaya dapat melindungi hati, meningkatkan penglihatan, serta menurunkan tekanan darah dan peradangan.

Menurut National Cancer Institute, terlepas dari manfaatnya, 95 persen orang dewasa tidak mendapatkan cukup sayuran berwarna merah dan oranye. Untuk mendapatkan cukup asupan sayuran berwarna merah yang banyak manfaatnya, berikut beberapa sayuran yang bisa Anda jadikan pilihan:

  • Bit

Bit adalah salah satu sayuran kaya antioksidan. Mereka juga merupakan sumber potasium, serat, folat, vitamin C, dan nitrat. Untuk hasil terbaik, cobalah memanggang bit dengan sedikit minyak yang menyehatkan jantung dan menumis sayuran untuk kandungan vitamin A, C, dan K yang tinggi. Anda juga dapat minum jusnya, tetapi para peneliti merekomendasikan untuk berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

  • Kubis merah

Meskipun sayuran ini bisa tampak lebih ungu daripada berwarna merah, kubis berbagi banyak manfaat dengan saudara kandungnya seperti kubis Brussel, dan brokoli. Warnanya yang dalam berasal dari antosianin, antioksidan kuat yang dapat menurunkan resiko gangguan otak, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Kubis merah dikemas dengan vitamin dan mineral serta sumber serat, vitamin B6, kalium, dan mangan yang bagus.

  • Paprika merah

Sayuran manis ini memiliki dosis vitamin A harian Anda, tiga kali lipat dosis harian vitamin C Anda, dan hanya 30 kalori. Paprika merah adalah pilihan yang bagus untuk fungsi kekebalan tubuh yang sehat dan kulit yang bercahaya. Konsentrasi vitamin C yang tinggi membantu melindungi dari infeksi. Kunyah mentah atau dimasak untuk mendapatkan vitamin B6, vitamin E, dan folat.

  • Tomat

Dari saus pasta hingga salad caprese segar, tomat memberikan manfaat tersembunyi. Tomat adalah sumber likopen, vitamin C, dan kalium yang bagus. Menurut National Institutes of Health, sekitar 85 persen likopen dalam makanan kita berasal dari tomat segar dan produk tomat. Sementara semua varietas memberikan manfaat nutrisi, tomat yang dimasak dengan sedikit minyak memudahkan tubuh Anda menyerap likopen.

Sayuran berwarna merah merupakan bagian penting dari makanan sehat. Pastikan untuk memasukkannya setiap hari, tetapi jangan lupa untuk memakan seluruh sayur dengan berbagai macam warna. Menurut penelitian, orang yang makan berbagai macam sayuran dan buah-buahan memiliki resiko lebih rendah terkena beberapa penyakit kronis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *