Bahan Alami yang Cocok Digunakan untuk Kulit Wajah Kering

Bahan Alami yang Cocok Digunakan untuk Kulit Wajah Kering

Banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah kering seperti faktor lingkungan, kesalahan penggunaan kosmetik, hingga kondisi akibat penyakit tertentu. Jika dibiarkan terus menerus tanpa perawatan, risiko iritasi dan luka di kulit wajah kering bisa saja terjadi. Selain itu, kulit wajah kering membuat pengaplikasian kosmetik tidak optimal.

Perawatan menggunakan bahan alami bisa menjadi solusi alternatif untuk melembabkan wajah kering. Bahan-bahannya mudah didapatkan serta harganya relatif murah.    

  1. Minyak zaitun

Minyak yang sangat terkenal sebagai bahan pengobatan di wilayah Mediterania ini memiliki banyak khasiat seperti sumber antioksidan, lemak pelarut vitamin A, D, E, dan K, anti-bakteri, serta sebagai pelembab kulit. 

Wajah sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu agar bebas dari kotoran, lalu oleskan minyak zaitun secara merata. Sebuah studi menyebutkan bahwa penggunaan sunscreen setelah pengaplikasian minyak zaitun akan memaksimalkan efek antioksidan di kulit. 

Masker minyak zaitun bisa dibuat dengan mencampurkan bahan alami lain seperti putih telur, madu, atau oat agar semakin menambah efek lembut dan hidrasi pada wajah.

Anda perlu memilih minyak zaitun dengan kualitas terjamin. Sebab, sebanyak 73% produk extra-virgin olive oil yang terkenal di Amerika Serikat terbukti tidak memenuhi standar. 

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa mampu menghidrasi kulit kering. Sebuah penelitian membandingkan minyak kelapa dengan mineral oil yang biasa digunakan sebagai bahan pelembab. Setelah 2 minggu pemakaian, hasil menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki efektivitas yang sama dengan mineral oil.

Minyak kelapa juga mampu menghaluskan tekstur kulit bersisik dan gatal pada penderita eksim. Menjaga kulit tetap terhidrasi sama dengan menjaga skin barrier sehingga melindungi kulit dari bakteri dan mencegah luka eksim. Pilih minyak kelapa dengan jenis virgin coconut oil untuk perawatan kulit kering

  1. Alpukat

Kandungan vitamin E, potassium, lechitin, dan nutrisi lain pada alpukat dapat melembabkan kulit wajah kering. Lapisan terluar kulit mampu dengan mudah menyerap nutrisi yang terdapat dalam alpukat serta membantu membentuk kulit baru.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan buah alpukat. Lalu ambil dagingnya dan aplikasikan ke wajah dengan cara dipijat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. 

Jika Anda menginginkan kepraktisan, gunakan produk minyak alpukat kemasan sebagai masker dan diamkan selama satu malam. Bilas saat pagi hari. 

Untuk kulit kering dengan tingkat keparahan tinggi, campurkan daging alpukat yang telah dihancurkan dengan minyak zaitun. Aplikasikan ke wajah sebanyak 2 kali sehari. Apabila ingin menambahkan aroma wewangian, bisa juga ditambahkan satu atau dua tetes minyak lavender. 

  1. Madu

Dalam perawatan kulit wajah kering, sebaiknya pilih madu mentah tanpa campuran pemanis ataupun lainnya. Kandungan gula alami yang terdapat pada madu mampu meningkatkan kadar air dalam kulit dan mengurangi efek kering di wajah meskipun setelah dibilas.

Sebelum mengoleskan madu ke wajah, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi. Biasanya alergi madu disertai dengan indikasi alergi lain seperti alergi serbuk sari, seledri, atau racun lebah. Oleh karena itu, apabila Anda terindikasi salah satu dari ketiga alergi tersebut, bisa jadi Anda juga alergi terhadap madu. Cara praktis untuk menguji kulit terhadap alergi madu yakni dengan mengoleskannya ke bagian tubuh yang jarang terlihat. 

  1. Gel aloe vera

Banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan gel aloe vera sebagai bahan dasarnya. Tak hanya kulit kering, gel aloe vera juga bisa digunakan untuk menghidrasi kulit berminyak. Untuk menjaga kelembaban kulit, sebaiknya oleskan gel aloe vera setelah mandi agar mengunci kadar kelembaban kulit. 

Gel aloe vera dapat dicampur dengan minyak zaitun menjadi masker yang cocok untuk kulit super kering. Diamkan masker selama satu malam dan bilas dengan air maka wajah Anda seketika menjadi lembut dan lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *