Apakah Berbahaya Ketika Pembuluh Darah Mata Pecah?

Perdarahan subkonjungtiva terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah tepat di bawah permukaan bening mata Anda (konjungtiva).   Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengalami pembuluh darah mata pecah sampai Anda melihat ke cermin.

Gejala yang paling jelas terlihat adalah bercak merah darah yang khas pada bagian putih mata Anda. Hal ini bisa terlihat cukup mengkhawatirkan dan mungkin menjadi lebih luas, jika Anda minum obat seperti aspirin atau warfarin yang mempengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal, tetapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Anda tidak akan merasakan sakit apa pun dan kondisi ini tidak akan mempengaruhi penglihatan Anda. Namun, beberapa orang mungkin mengalami perasaan penuh pada mata atau sensasi berpasir ketika mengalami pembuluh darah mata pecah.

Apa penyebab pecahnya pembuluh darah di mata? Pembuluh darah yang pecah di mata Anda dapat terjadi secara spontan dan mungkin tidak selalu diketahui penyebab pastinya, tetapi beberapa penyebab perdarahan subkonjungtiva dapat mencakup hal-hal seperti:

  • Pengencangan, batuk, atau bersin
  • Cedera pada mata
  • Operasi mata

Dalam kebanyakan kasus, perdarahan subkonjungtiva tidak memerlukan pengobatan apapun karena biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Jika Anda merasakan iritasi terkait, tanyakan apoteker Anda tentang tetes mata pelembab yang bisa digunakan.

Jika pembuluh darah yang pecah disebabkan oleh cedera mata, Anda harus menemui dokter mata untuk memastikan tidak ada kerusakan lain pada mata. 

Saat Anda mengalami perdarahan subkonjungtiva berulang, Anda harus menemui dokter umum untuk menentukan penyebab yang mendasari, yang dapat mencakup tekanan darah tinggi atau pembekuan darah yang buruk.

Pembuluh darah mata pecah atau perdarahan subkonjungtiva, merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Kondisi ini secara bertahap akan menjadi lebih ringan dan memudar setelah beberapa minggu. 

Pembuluh darah mata bisa pecah secara spontan, karena reaksi alami yang tidak dapat Anda kendalikan. Sebenarnya tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kondisi ini. Namun jika Anda memiliki kekhawatiran pada kondisi mata Anda, segera kunjungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *