Apa yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Bronkitis Pada Anak?

Jika anak sedang sakit, sebagai orangtua tentu ingin agar anak segera sembuh. Apalagi saat mengalami batuk tanpa henti disertai dengan bronkitis pada anak. Biasanya kita akan mencari sesuatu yang untuk menghentikannya seperti dengan minum obat batuk. Namun, terkadang obat batuk memiliki efek samping seperti mengantuk pusing padahal sebenarnya terdapat beberapa cara lain yang dapat membantu si Kecil untuk merasa lebih baik dan tetap aman.

Gejala bronkitis pada anak

Ada beberapa gejala bronkitis pada anak yang biasa terjadi. Perlu diingat bahwa setiap anak tidak memiliki gejala yang sama. Berikut gejala tersebut:

  1. Hidung berair (umumnya sebelum batuk muncul)
  2. Tidak enak badan, ditandai dengan rewel dan kelelahan
  3. Menggigil dan kedinginan
  4. Demam ringan disertai sedikit demam dengan suhu badan mencapai lebih dari 37.5 Celsius
  5. Nyeri pada punggung dan otot yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada anak
  6. Bersin
  7. Radang tenggorokan
  8. Batuk

Tips agar anak tetap nyaman selama sakit

Bronkitis pada anak tentunya dapat disembuhkan dan diatasi dengan beberapa cara, seperti:

  • Menghindari hal yang dapat mengganggu pernapasan

Menjauh dari zat-zat, seperti asap rokok, asap kimia, debu, dan polusi udara. Jangan biarkan anak terpapar asap rokok, baik di rumah atau di lingkungan luar.

  • Beristirahatlah dengan cukup

Istirahat sebanyak mungkin, terutama selama beberapa hari pertama. Jika anak bantuk di malam hari hingga terbangun, gunakanlah bantal tambahan untuk menopang kepalanya.

  • Minum dalam jumlah banyak

Ketika bronkitis, sangat penting untuk mengencerkan dahak sehingga pada batuk dan bernapas lebih mudah. Jika anak lebih tertarik pada makanan daripada minuman, Anda juga dapat menawarkan beberapa jenis makanan dengan kadar air yang tinggi untuk membantu menjaga mereka agar tetap terhidrasi.

  • Bernapas dengan menggunakan uap air

Ada cara lain untuk mengencerkan dahak agar dahak dapat dikeluarkan dari tubuh lebih cepat. Semangkuk uap dibuat dengan cara merebus air dalam ketel dan tuangkan air ke dalam mangkuk yang besar. Dekatkan kepala anak Anda ke uap air tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *