Ajak Bayi Bepergian? Bawa Tisu Basah Sweety dan Perlengkapan Ini

Mengajak bayi bepergian bukan perkara yang simpel. Ada berbagai perlengkapan yang mesti Anda siapkan agar proses bepergian bersama sang buah hati tidak berujung “bencana”, contohnya kekurangan baju ganti ataupun tidak bayi tidak nyaman dengan udara di suatu tempat. 

Masalahnya, kebanyakan orang hanya memperhatikan perlengkapan besar untuk bepergian si kecil, seperti stroller ataupun car seat. Sebaliknya, hal-hal esensial seperti tisu basah yang aman seperti tisu basah Sweety ataupun pakaian yang cukup kerap dilupakan. 

Jadi sebenarnya, apa saja perlengkapan penting yang sebaiknya Anda siapkan dengan matang sebelum mengajak bayi keluar rumah, apalagi untuk waktu seharian atau menginap? Berikut ini adalah hal-hal yang patut Anda catat untuk tidak lupa dimasukkan ke dalam tas bayi Anda. 

Pakaian Ganti 

Jangan berpikiran bahwa pakaian ganti yang mesti Anda bawa untuk si kecil sama dengan jumlah pakaian ganti untuk Anda. Jika Anda hanya membutuhkan 1—2 pakaian ganti dalam sehari, bayi Anda mungkin membutuhkan berkali-kali lipat. Setidaknya supaya aman, sediakan pakaian ganti 4—6 pasang untuk tiap bepergian seharian. Jika menginap, kalikan saja jumlah tersebut dengan total Anda menginap bersama si kecil. 

Popok 

Popok sangat penting digunakan pada si kecil ketika bepergian. Soalnya, akan sangat ribet jika Anda harus mengganti bawahan bayi tiap kali ia buang air kecil. Popok sekali pakai lebih direkomendasikan untuk mengajak si kecil bepergian. Ini akan membuat Anda lebih praktis guna langsung membuangnya ketika popok tersebut penuh dan menggantinya dengan yang baru. Cucian Anda di rumah pun tidak akan menumpuk ketika pulang nanti. Terkait jumlahnya sendiri, pastikna Anda membawa lebih banyak popok dibandingkan pakaian ganti anak. 

Tisu Basah dan Kering 

Sediakan banyak tisu basah dan tisu kering untuk membuat proses bepergian dengan sang buah hati menjadi lebih mudah dan nyaman. Anda perlu tisu kering maupun tisu basah untuk membersihkan makanan si kecil, mengelap keringatnya, maupun menjadi “pembilas” sementara dalam proses penggantian popok si kecil. Khusus untuk tisu basah, pastikan Anda memilih yang tidak mengandung pewangi maupun parfum. Tisu basah Sweety dapat menjadi salah satu pilihan karena selain bebas dua bahan tersebut, tisu basah ini juga lembut dan tebal sehingga efisien saat Anda mengelap si kecil. 

Tisu Antibakteri 

Jangan lupa membawa tisu antibakteri untuk membersihkan khususnya bagian tangan dan kaki si kecil. Bukan tidak mungkin, kegiatan bepergian Anda akan membuatnnya bersentuhan dengan banyak bakteri yang bisa termakan ketika ia mengisap tangan maupun kaki. Di sisi lain, tidak disarankan memberikan hand sanitizer bagi anak untuk membersihkan area tangannya. Jadilah, tisu antibakteri adalah pilihan ideal. 

Selimut Bayi 

Anda perlu membawa selimut bayi khususnya ketika bepergian ke daerah yang cukup dingin. Jangan cuma satu, setidaknya bawalah 2—3 selimut bayi tiap kali sesi bepergian seharian maupun untuk menginap. Selain guna menghangatkan tubuh bayi, selimut juga bisa menjadi kain penutup saat Anda menyusui ataupun lap si kecil ketika ia bersendawa. 

Makanan dan Camilan Bayi 

Selain susu, makanan dan camilan bayi sebaiknya Anda sediakan setiap kali si kecil hendak Anda ajak bepergian. Ini khususnya merupakan perlengkapan penting bagi bayi yang sudah memasuki tahap makanan pendamping ASI (MPASI). Makanan dan camilan yang agak banyak juga bisa menjadi pengalih bayi dari kebosanan selama perjalanan. 

Obat-obatan 

Bukan mengharapkan yang buruk, namun risiko bayi mendadak tidak enak badan ketika sedang bepergian itu nyata adanya. Karena alasan inilah, Anda sebaiknya menyiapkan perlengkapan kesehatan standar. Obat berjenis ibuprofen maupun acetaminophen yang khusus untuk bayi sebaiknya disiapkan di tas. Plester kompres demam pun sebaiknya tidak luput Anda bawa untuk menjadi pertolongan pertama ketika bayi Anda mulai demam. 

Tidak sulit bukan melengkapi berbagai perlengkapan bepergian si kecil di atas dalam satu tas? Namun selain fokus pada tisu basah Sweety dan kawan-kawannya, tidak ada salahnya pula Anda juga membawa gendongan maupu stoller untuk mempermudah mobilitas dalam membawa sang buah hati ke mana-mana. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *