6 Penyebab Mata Berair dan Cara Mengatasinya

Air mata memiliki banyak fungsi untuk menjaga mata agar tetap terlumasi serta bisa melindungi mata dari benda asing seperti debu yang masuk ke mata. Namun, seringkali seseorang juga mengalami kondisi mata berair dalam jumlah banyak dalam waktu yang lama. 

Mata berair normal terjadi ketika ada benda asing yang masuk dan bisa mereda dengan sendirinya. Namun bisa juga keluar secara terus-menerus karena beberapa kondisi, salah satunya karena mata kering. Sehingga membuat air mata keluar terus-menerus untuk melumasi mata yang kering. 

Penyebab mata berair

Mata berair terjadi karena kelenjar yang mengeluarkan minyak pada mata tidak bekerja dengan maksimal, sehingga membuat mata jadi cepat kering dan merangsang produksi air mata secara berlebih.

Alergi

Mata berair bisa disebabkan karena alergi terhadap serbuk sari, jamur, debu, hingga bulu hewan peliharaan. Keluarnya air mata berlebih merupakan reaksi mata jika ada benda asing yang bisa menyebabkan gatal hingga kemerahan. 

Mata berair yang disebabkan karena alergi biasanya disertai juga dengan beberapa gejala seperti bersin, mampet, dan juga pilek.

Saluran air mata tersumbat

Kerja saluran air mata yakni mengalir keluar dari kelenjar air mata dan menyebar ke seluruh permukaan mata, hingga keluar. Namun, jika saluran air mata tersumbat, maka air mata akan menumpuk dan bisa menyebabkan mata mengeluarkan air mata berlebihan.

Selain itu, air mata yang menumpuk karena penyumbatan bisa menyebabkan infeksi sehingga akan keluar cairan lengket seperti belek. 

Masalah pada eyelid

Eyelid atau kelopak mata memiliki fungsi yang penting, yakni melumaskan mata saat mata berkedip, sehingga mata tetap lembab dan tidak kering. 

Namun, terkadang kelopak mata juga mengalami masalah seperti ektopion dan entropion yang membuat mata jadi berair. 

Ektropion adalah kondisi kelopak mata yang melorot sehingga tidak menyentuh bola mata, sehingga tidak bisa melembapkan mata dengan maksimal. 

Sedangkan, entropion adalah kondisi kelopak mata dan bulu mata melengkung ke dalam, sehingga menyebabkan gesekan pada mata yang memicu munculnya air mata berlebih. 

Selain itu, masalah pada kelopak mata juga bisa disebabkan karena bintitan, yakni munculnya benjolan pada kelopak mata, sehingga membuat produksi air mata berlebih. 

Goresan mata

Beberapa benda asing yang masuk pada mata seperti kotoran, pasir, dan juga kontak lensa bisa menggores bagian kornea mata, bahkan bisa menyebabkan kornea robek. 

Kondisi ini juga disebut keratitis yakni kondisi mata yang berair, kering, serta kemerahan. Jika semakin parah, lebih baik kamu segera menemui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Masalah pada bulu mata

Dalam beberapa kasus, bulu mata bisa tumbuh ke dalam sehingga bisa menyebabkan gesekan pada area bola mata dan menimbulkan infeksi pada mata. Gesekan ini menyebabkan trikiasis, sehingga mata mudah berair. 

Kelenjar minyak bermasalah

Kelenjar kecil yang ada di tepi kelopak mata disebut kelenjar meibomian yang memproduksi minyak untuk menjaga kesehatan mata. 

Minyak pada kelenjar ini juga digunakan untuk mencegah mata cepat kering. Jika tersumbat, maka air mata akan mudah keluar dan bisa meningkatkan risiko infeksi pada mata. Kamu bisa mengompres dengan air hangat, agar kelenjar bisa bekerja dengan normal. 

Cara mengatasi mata berair

Umumnya, kondisi mata berair akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan serius. Namun, jika air mata terus keluar, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Biasanya, dokter akan memberikan beberapa pengobatan seperti:

  • Obat tetes mata
  • Antibiotik
  • Obat untuk alergi

Untuk pengobatan rumahan, sebaiknya kamu melakukan beberapa treatment ini:

  • Mengompres mata dengan handuk basah selama beberapa kali sehari untuk mengatasi saluran yang tersumbat
  • Menggunakan kacamata hitam untuk menghindari terpapar dari sinar UV saat kamu beraktivitas di luar
  • Hindari mengucek mata dengan tangan kotor

Nah itu dia beberapa penyebab mata berair dan cara mengatasinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *