6 Bentuk Dukungan Orang Tua dalam Mengurangi Berat Badan Anak Gemuk

ibu dan anak tertawa di taman - overweight child potret stok, foto, & gambar bebas royalti

“Memiliki anak gemuk bukan berarti selalu sehat. Anak yang gemuk hingga kelebihan berat badan akan menimbulkan banyak dampak pada dirinya. Maka, sebagai orang tua Anda harus membantu anak untuk menurunkan berat badannya.”

Jika dibandingkan dengan orang dewasa, kelebihan berat badan pada anak lebih minim mengalami masalah medis yang serius. Namun, bukan berarti anak gemuk hanya dibiarkan. 

Kelebihan berat badan sejak anak-anak bisa berisiko tinggi akan menjadi remaja dan orang dewasa yang kelebihan berat badan jika tidak ditangani sejak dini. Apabila itu terjadi maka bisa memicu timbulnya penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari.

Anak gemuk akan lebih rentan mengalami stres, sedih, dan kurang percaya diri di lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, ketahui serba-serbi untuk menangani anak gemuk.

Apa penyebab anak menjadi gemuk?

Anak gemuk atau anak yang memiliki berat badan lebih bisa disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab yang paling umum adalah faktor genetik, kurang aktivitas fisik, dan juga pola makan yang tidak sehat. Penyebab lain namun jarang terjadi adalah adanya masalah hormonal.

Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah oleh dokter bisa membantu Anda mengetahui apa penyebab anak Anda menjadi gemuk.

Bagaimana mengetahui anak terlalu gemuk?

Orang terbaik untuk menentukan apakah anak Anda mengalami kelebihan berat badan atau tidak adalah dokter. Dokter akan melakukan pengukuran, mulai dari berat badan, tinggi badan, hingga IMB (Indeks Massa Tubuh).

Berat badan yang dimiliki oleh anak Anda akan dibandingan dengan usia dan pola pertumbuhan pada anak tersebut.

Bagaimana cara orang tua membantu anak mengurangi berat badannya?

Sebagai orang tua terkadang memang sulit mengatakan dan mengakui bahwa anak Anda mengalami kelebihan berat badan. Anda mungkin mengira anak tidak terlalu berat untuk dikatakan sebagai anak gemuk atau obesitas.

Mungkin efek berat badan berlebih tidak terlihat pada kualitas kesehatan fisik anak, akan tetapi seringkali anak mengalami rasa percaya diri yang rendah akibat berat badan tersebut. Mereka akan cenderung memiliki rasa harga diri yang rendah dan terintimidasi di kalangan sekitarnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu anak Anda menjadi lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Berikut ini beberapa saran yang bisa Anda lakukan menurut WebMd.

1.Berikan dukungan pada anak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda menunjukkan rasa peduli dan dukungan pada mereka. Sebab, perasaan anak akan dirinya seringkali didasarkan pada perasaan orang tua tentang mereka.

Jika Anda menerima berapapun berat badan dan menemani proses anak Anda, maka akan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Hal itulah yang harus ditumbuhkan pertama kali.

2.Membuat target

Sama halnya dengan orang dewasa, melakukan diet pada anak gemuk juga harus disertai dengan target yang dapat dicapai. Target tersebut berupa penurunan berat badan yang kecil sehingga anak tidak merasa putus asa atau kewalahan. Mulailah dengan menurunkan 1 – 2 kg per bulannya.

3.Buku harian makanan

Setelah menentukan target, berikan buku harian pada anak Anda. Adanya buku harian ini tidak dimaksudkan untuk menghitung jumlah kalori yang dimakan, akan tetapi jenis dan jumlah yang dimakan, makan dengan siapa dan di mana, apa yang ia rasakan, dan hal sederhana lainnya. Cara ini akan dianggap menyenangkan oleh anak Anda.

4.Pola diet

Untuk menentukan pola diet, Anda membutuhkan bantuan dokter atau ahli nutrisi agar menyesuaikan cara dengan kondisi anak Anda. 

Diet yang dilakukan hanya dengan mengurangi porsi makan mungkin akan menurunkan berat badan anak gemuk, akan tetapi tidak bisa menjamin kesehatan anak selama menjalani masa diet. Oleh karena itu pastikan diet yang dilakukan adalah diet seimbang dan juga sehat.

5.Aktivitas fisik

Olahraga adalah bagian penting menurunkan berat badan anak gemuk. Namun, sebagai orang tua, pastikanlah Anda menemaninya selama berolahraga.

Anda dapat memulai dari hal yang sederhana, seperti jenis mainan yang digemarinya dengan waktu latihan 20 – 30 menit. Dengan begitu, anak tidak merasa terbebani.

6.Mengubah perilaku

Ajaklah anak Anda ke konselor gizi dan berdiskusi untuk mengubah perilaku atau kebiasaannya yang menjadi pemicu masalah berat badan. Ketika Anda melakukan diskusi dan memutuskannya secara bersama, anak tidak merasa diatur dan menganggapnya sebagai beban.

Itulah beberapa cara sebagai bentuk dukungan orang tua mengubah anak gemuk menjadi anak yang lebih sehat dan aktif. Perlu Anda ingat bahwa setiap yang dilakukan oleh anak Anda perlu dampingan dan dukungan dari orang-orang terdekatnya, salah satunya orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *